Cara Menumbuhkan Percaya Diri Untuk Memulai Bisnis Pertamamu

cara-meningkatkan-kepercayaan-diri
sumber gambar: Unsplash.com/David Calderón

Kamu ingin berbisnis tapi diselimuti ketakutan untuk mengawalinya? Banyak hal yang membuatmu merasa minder dan takut bersaing dengan yang lain? Merasa bahwa kamu tidak akan sukses seperti yang lain? Aha, kamu beruntung sekali menemukan artikel ini karena kamu jadi tahu jurus biar bisa percaya diri. Dibaca sampai habis ya!

Jurus Jitu Meningkatkan Kepercayaan Diri Memulai Bisnis

Siapa sih yang membuat kamu merasa nggak percaya diri? Sekarang nggak ada alasan lagi buat kamu merasa minder setelah membaca jurus-jurus berikut ini!

1. Fokus pada tujuan, bukan rasa takutmu

fokus-pada-tujuan
sumber gambar: Unsplash.com/Emma Matthews

Sekarang kamu pasti tahu apa tujuanmu ingin menjalankan bisnis? Pasti kamu ingin mencoba peruntungan pada ranah ini. Pasti kamu juga memiliki hobi di bidang ini. Tidak bisa dipungkiri, kamu juga pasti berharap bisa meraih keuntungan dari berbisnis. Jika kamu ingin bisnis di usia muda, bisa jadi karena kamu ingin meringankan beban orangtua, siapa tahu bisa menghasilkan uang sendiri kan? Pokoknya apapun tujuan kamu, harus selalu dipegang teguh. Fokus saja sama tujuanmu karena itu yang akan bikin kamu tetap melangkah tidak peduli pada halangan dan rintangan yang menghadang. Semangat!

2. Tidak perlu takut mengalami kegagalan

tidak-perlu-takut-gagal
sumber gambar: Unsplash.com/Alice Achterhof

Kamu takut gagal? Tenang, kegagalan adalah bagian dari proses kok. Semua orang sukses pernah mengalami kegagalan, tapi merea bisa bangkit lagi. Justru dengan merasakan kegagalan, kamu jadi tahu letak kurangnya kamu. Seseorang baru benar-benar gagal jika dia memilih berhenti berjuang ketika menghadapi batu ujian dalam kehidupan. Jangan khawatir, kamu tidak pernah sendirian di dunia ini. Siapapun itu pernah mengalami kegagalan. Yang membedakan orang yang satu dengan yang lain adalah cara menyikapi kegagalan. Kalau mau sukses, jadikan kegagalan itu sebagai pembelajaran untuk berbenah.

3. Resapi lagi hal-hal apa saja yang buat kamu minder

tips-mengatasi-minder
sumber gambar: Unsplash.com/Mimi Thian

Kamu merasa tidak akan mampu sesukses orang-orang besar dunia? Hei, nggak ada salahnya menggantungkan cita-cita setinggi langit. Tapi kamu harus ingat dengan kunci ini: harapanmu harus diseimbangkan dengan usahamu. Di dunia ini nggak ada yang tidak mungkin kok. Semua mungkin asalkan kamu mau berusaha. Kamu nggak perlu minder jika seandainya nanti bisnismu naiknya agak lama dibanding pesaingmu. Semua punya waktu masing-masing, kamu cuma perlu bersabar dan terus melangkah. Pokoknya apapun keadaannya, seberat apapun ujian yang kamu hadapi selama menjalankan bisnis, harus tetap menatap kedepan dan anti putus asa!

4. Belajar dari orang-orang sukses

belajar-dari-orang-sukses
sumber gambar: Unsplash.com/ribesh kayastha

Kamu bisa mencontek rahasia sukses mereka. Memang, setiap orang punya cara suksesnya masing-masing. Tapi, sebagai pebisnis pemula, nggak ada salahnya dong mempelajari karakter pebisnis yang sudah sukses? Siapa tahu kiat mereka ada yang cocok kamu terapkan dalam kehidupanmu.

Kamu bisa jadikan orang-orang sukses itu sebagai role model-mu. Kalau seseorang memiliki role model apalagi sampai tahu cerita mengenai jatuh bangun role model-nya tersebut, nanti dalam menjalankan bisnis jadi lebih percaya diri. Kita jadi punya gambaran perjalanan seseorang sebelum sesukses sekarang.

5. Sering datang ke seminar

menghadiri-seminar-atau-workshop
sumber gambar: Unsplash.com/You X Ventures

Ada banyak seminar kewirausahaan yang bisa kamu ikutin kok kalau misal sedang dalam waktu senggang, sempatkan datang ya. Di situ kamu pasti akan dapat banyak informasi menarik bahkan link yang bisa bikin bisnismu lancar. Kamu juga bisa menemukan ide dengan datang ke seminar atau pun workshop. Pembicara yang dihadirkan tentu bukan pembicara sembarangan, mereka pasti punya pengalaman berharga yang akan dibagikan denganmu dan peserta yang hadir. Mendengarkan kisah sukses orang lain juga bisa membuatmu percaya diri asalkan kamu tahu caranya menghargai dirimu sendiri. Jangan meremehkan dirimu sendiri ketika tahu kelebihan orang lain karena kamu juga punya kelebihan sendiri kok. Ayo semangat!

6. Coba pikirkan lagi, buat apa kamu merasa cemas?

hindari-cemas-berlebih
sumber gambar: Unsplash.com/Philipp Mandler

Kecemasan merupakan bagian dari pertahanan seseorang supaya selalu waspada. Iya, waspada boleh tapi bedakan dengan cemas berlebihan. Faktanya, ketika kamu mencemaskan sesuatu, belum tentu terjadi kan? Lebih baik memikirkan hal-hal yang positif saja ya. Cemas berlebih pada sesuatu yang belum tentu hanya akan bikin kamu takut melangkah lebih jauh. Isi kepalamu hanya seputar hal negatif. Jadi, cemas boleh tapi jangan berlebihan ya!

Nah, itu tadi jurus jitu supaya kamu bisa lebih percaya diri. Jangan sepelekan ya, semoga setelah membaca ini kamu jadi selalu punya alasan untuk yakin pada dirimu sendiri. Selamat memulai bisnis pertamamu ya!

 

 

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba