Cara Menyusun Strategi Komunikasi Pemasaran Paling Ampuh

Komunikasi pemasaran

Strategi komunikasi pemasaran sangat diperlukan dalam berbisnis untuk meningkatkan penjualan. Dalam setiap penjualan pasti tak akan pernah lepas dari komunikasi dan bagaimana strategi komunikasi yang baik dan benar. komunikasi yang baik maka dapat memudahkan sistem kerja perusahaan. Maka pentingnya strategi komunikasi dalam pemasaran suatu perusahaan.

Setiap pekerjaan pasti membutuhkan komunikasi baik dari pihak sesama penjual ataupun dari penjual kepada pembeli. Begitu juga dengan pemasaran bisnis yang membutuhkan komunikasi yang baik antara para penjual dengan pembeli. Komunikasi pemasaran sangat dibutuhkan bagi perusahaan untuk meningkatkan penjualan suatu produk. Jika Anda sebagai pelaku bisnis bisa membangun komunikasi yang baik kepada para pembeli maka dengan mudah Anda bisa membujuk mereka untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

Komunikasi pemasaran sangat penting bagi para pemasar karena dengan komunikasi yang baik akan muncul ketertarikan dari konsumen. Namun, komunikasi pemasaran terkadang diabaikan oleh beberapa orang pebisnis dimana mereka hanya menjual produk tanpa berkomunikasi dengan baik pada konsumen. Padahal perlu Anda ketahui bahwa banyak sekali keuntungan yang akan diperoleh para penjual jika mereka mampu berkomunikasi dengan baik kepada konsumen.

Komunikasi pemasaran adalah pemegang kendali dalam penjualan produk, jika komunikasi tersebut mengalami suatu kendala maka penjualan dapat terhenti sesaat atau bahkan bisa terhenti total. Dalam komunikasi pemasaran tersebut sarana yang digunakan sangatlah beragam untuk menginformasikan setiap produk yang dipasarkan.

Cara Melakukan Komunikasi Pemasaran

Berikut adalah beberapa cara melakukan komunikasi pemasaran yang dapat Anda coba sebagai sarana efektif untuk menarik banyak pelanggan. Diantaranya adalah sebagai berikut :

Face to Face

Komunikasi pemasaran ini merupakan komunikasi yang dilakukan secara langsung antara penjual kepada pembeli. Jika Anda menjalankan  komunikasi ini, maka biasanya akan sering terjadi kendala dalam hal waktu dan juga biaya sehingga komunikasi secara langsung atau face to face ini jarang diminati oleh para marketer bisnis.

Nah cara komunikasi pemasaran dengan metode face to face ini merupakan komunikasi yang secara langsung dilakukan antara penjual dengan pembeli. Komunikasi pemasaran yang dilakukan bisa berupa promosi penjualan seperti, undian, kontes dan permainan. Ada cara lain lagi seperti penjualan personal yang mana dilakukan dengan membuat argumen atau presentasi, menjawab pertanyaan dan kemudian pengadaan pesanan.

Media Cetak

Media cetak juga menjadi sarana yang bisa digunakan untuk komunikasi pemasaran produk. Dengan menggunakan sarana media cetak seperti brosur, koran atau surat kabar, majalah, spanduk, sticker dan lain sebagainya maka Anda bisa melakukan promosi sebagai komunikasi pemasaran kepada konsumen. Cara ini sering sekali digunakan oleh para pebisnis demi mendapatkan simpati dari para konsumen.

Ada beberapa cara komunikasi pemasaran yang bisa dilakukan salah satunya periklanan bentuk presentasi barang nonpersonal yang dibayar dan biasanya berupa promosi ide barang atau jasa oleh sponsor yakni berupa iklan cetak, majalah, koran, broadcast atau kemasan sisipan.

Internet

Internet adalah sarana komunikasi pemasaran yang paling banyak digunakan, bahkan hampir semua pebisnis menjalankan pemasarannya melalui internet. Pemasaran produk melalui internet lebih mudah menginformasikan produk dan dinilai lebih responsif. Hal ini dikarenakan masyarakat lebih banyak menghabiskan waktunya di dunia maya. Seperti halnya instagram, whatsapp, facebook, email, youtube, radio. telephone.

Selain itu, internet juga mempunyai jumlah pengguna yang sangat banyak. Dengan terjalinnya komunikasi pemasaran yang baik antara konsumen atau pengguna internet dengan penjual online maka dari situ akan terjadi ssuatu interaksi yang baik sehingga produk Anda pun mudah diperkenalkan kepada konsumen.

Strategi Pemasaran

Dengan Menerapkan beberapa strategi pemasaran tersebut maka ada banyak sekali keuntungan yang akan diperoleh para penjual. Beberapa fungsi dari komunikasi pemasaran tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Menginformasikan kepada para konsumen mengenai produk-produk yang dijual seperti apa dan bagaimana, apa dan mengapa konsumen harus membeli produk yang Anda tawarkan.
  • Memperkenalkan nama perusahaan atau citra perusahaan kepada para konsumen dan masyarakat luas.
  • Membantu meningkatkan penjualan produk dengan cepat dan juga tepat.
  • Membangkitkan keinginan para konsumen untuk membeli suatu produk.
  • Menciptakan kesadaran para konsumen pada brand atau merk produk.
  • Mendorong sikap positif pada produk dan agar memiliki niat untuk membeli.
  • Mengetahui lebih banyak informasi dan latar belakang produk mengenai produk dan akhirnya yakin untuk membeli.
  • Pelanggan akan lebih mudah mengerti dan memahami produk yang ditawarkan dan memahami manfaat yang ada dalam produk tersebut untuk dirinya.
  • Mengetahui lebih banyak keunggulan dan karakter suatu produk.
  • Menjaga hubungan komunikasi dengan konsumen.
  • Menjangkau seluruh wilayah konsumen di Indonesia bahkan mancanegara.
  • Melayani semua kritk, keluhan dan saran dari konsumen.
  • Memberikan fasilitas pada konsumen untuk membeli produk
  • Memberikan kepuasan pada informasi dan kejujuran yang disampaikan.

Sekian informasi strategi komunikasi pemasaran yang bisa kamu terapkan dalam usahamu. Semoga berhasil dan selamat mencoba. Semoga informasi ini berguna dan bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Untuk mendapatkan informasi bisnis lainya yang lebih lengkap kamu bisa cek dan pantau terus websitenya bisnisukm.com, dan temukan pemasaran lainnya, trik dan tips dalam memasarkan usaha.

Ada informasi lainnya yakni berupa peluang usaha, inspirasi usaha, pemasaran, video liputan dan bisnis online. Pokoknya kalo mau mendapatkan aneka informasi bisnis terlengkap bisa cek di Bisnis UKM, ada sekitar 4000 artikel gratis yang bisa kamu jadikan referensi. Jangan lewatkan dan ketinggalan artikel terbaru ya !

Atau kamu juga bisa cek di BisnisKuliner.ID dan gabung segera untuk mendapatkan informasi bisnis terlengkap lainnya dalam bentuk video liputan. Ada sedikitnya 300 video liputan yang berhasil ditemui oleh tim Bisnis Kuliner, ada beberapa pengusaha sukses cafe, restaurant, rumah makan yang membagikan kisahnya dan tips bagaimana merintis usaha dari nol. Mulai dari memulai usaha, lokasi usaha, modal usaha, resep, produksi, pemasaran, manajemen SDM dan pengembangan usaha.

Semoga bermanfaat.

Sumber gambar : http://www.alphagraphics.com/images/1600/accordions/2.jpg

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba