Bincang Bisnis, Pemasaran, Sosial Media

Cara Mudah Yakinkan Konsumen tuk Belanja Online

Cara meyakinkan konsumen berbelanjan online

 

Minimya kepercayaan calon pelanggan di dunia maya masih menjadi salah satu kendala yang sering kita temui ketika awal-awal menjalankan bisnis toko online. Terlebih jika kita belum memiliki reputasi di dunia maya.

Tak jarang kita kesulitan dalam meyakinkan konsumen, padahal jika dilihat dari sisi harga dan kualitas, produk kita tak kalah bersaing dengan milik pesaing. Hanya saja konsumen kebanyakan masih cenderung berpikir panjang jika harus berbelanja lewat internet.

Punya Gerai Nyoklat, Sudah Pasti Untung!

Punya Gerai Nyoklat, Sudah Pasti Untung!

Peluang usaha minuman dengan 100% keuntungan milik mitra, Dapatkan Promo Paket Nyoklat Super.

Mungkin kondisi ini cukup wajar, di tengah maraknya kasus penipuan oknum pemain online yang tak bertanggung jawab. Sebagai pelaku bisnis toko online, tentu Anda harus siap dengan berbagai macam cara agar konsumen mulai percaya dan mau membeli produk Anda via online.

Berikut ini adalah cara mudah yang digunakan oleh Hanna Novianti dan Pek Thien Poo (owner D’licious TokoPuding.com) untuk meyakinkan konsumen berbelanja via online.

Pertama, mencantumkan informasi contact person secara detail di setiap situs toko online dan media sosial. Seperti nomor telepon atau SMS, alamat email, akun chatting messenger seperti BBM, Line dan WA, dan lain-lain.

Kedua, membuat sebuah album khusus untuk menampilkan kumpulan testimoni dan contoh-contoh gambar orderan yang telah dikerjakan (portofolio).

Ketiga, turut serta menjadi merchant dari perusahaan retail yang sudah berskala internasional. Langkah ini cukup efektif untuk membangun reputasi toko online Anda di kalangan masyarakat luas.

Keempat, membuat event-event yang kreatif maupun promosi secara offline bersama retail yang telah menjadi rekanan.

Kelima, bersahabat dengan media. Tak bisa dipungkiri bila publikasi melalui media televisi, cetak, maupun digital sangat membantu kita untuk mendapatkan kepercayaan konsumen. Kebetulan karena kami bergerak di bisnis makanan via online, kami juga mencoba bersahabat dengan food blogger.

Keenam, menjaga kepercayaan konsumen dengan selalu mengedepankan kualitas produk dan layanan. Karena mereka membeli produk via online, maka yang terpenting berikan kualitas dan layanan seperti apa yang Anda sajikan di situs toko online. Kesan pertama yang didapatkan konsumen menjadi jaminan kredibilitas toko online Anda.

Ketujuh, yang terakhir membuka gerai-gerai offline dan exhibition. Meski berjualan secara online, namun sesekali kita perlu membuka gerai offline seperti mengikuti bazaar, maupun pameran untuk memperkenalkan produk kita ke masyarakat luas.

Cukup mudah bukan? Semakin bagus reputasi kita di dunia maya, maka semakin mudah juga kepercayaan konsumen kita dapatkan.