Kamu Harus Tahu Begini Cara Pasang Instagram Ads

Instagram ads adalah salah satu fitur yang ada pada instagram yang berfungsi untuk melakukan promosi atau iklan. Kamu bisa melakukan iklan pada feed dan stories melalui platform ini.
Seperti yang sudah kita ketahui bersama jika instagram merupakan salah satu media sosial yang paling digandrungi para pelaku bisnis untuk melakukan promosi. Instagram merupakan media sosial yang paling banyak penggunanya.

Maka tak heran lagi jika banyak para pelaku bisnis yang menggunakan instagram sebagai salah satu wadah untuk melakukan promosi. Melalui instagram ini tentu bisa menjangkau lebih banyak target pasar dan menjadi salah satu wadah yang tepat untuk membidik para target pasar. Pangsa pasarnya bisa lebih luas karena bisa menjangkau tempat yang jauh sekali pun.

Ada banyak fitur instagram yang bisa digunakan untuk promosi sebuah brand produk. Mulai dari feed, stories, IGTV dan IGLIVE. Semua itu tersedia bagi semua akun personal maupun akun bisnis sekalipun untuk komunikasi antara penjual dengan pembeli. Terutama bagi para pebisnis instagram juga memberikan fitur untuk beriklan. Pada instagram ini kamu bisa beriklan yang bisa dibagi dalam 5 jenis yakni stories, iklan foto, iklan video, carousel dan juga koleksi.

Pada biasannya instagram terhubung dengan aku facebook, sehingga sebelumnya pastikan kamu memiliki akun instagram dan juga akun facebook. Nah dnegan kedua akun tersebut tersambung baru bisa melakukan iklan. Berikut adalah langkah yang harus dilakukan apabila ingin beriklan di instagram.

kamu-harus-tahu-begini-cara-pasang-instagram-ads

Langkah Pasang Instagram Ads

Buat Funpage Facebook

Untuk bisa beriklan di instagram pastikan kamu sudah memiliki fanpage terlebih dahulu. Dengan ganpage ini nantinya kamu tidak hanya beriklan di isntagram namun juga di facebook. Setelah memiliki akun facebook amka selanjutnya adalah login dan mulailah gunakan akunmu.

Pilih Pembuatan Iklan Terpadu

Kemudian langkah selanjutnya buka menu kampanye dan klik untuk iklan. Facebook akan membuat pilihan iklan yakni, pembuatan iklan terpadu dan pembuatan iklan cepat. Untuk lebih spesifik maka disarankan untuk memilih pembuatan iklan terpadu.

Menentukan Tujuan Iklan

Langkah selanjutnya adalah menentukan tujuan iklan yang ingin dicapai. Facebook ads menyediakan tujuan iklan dalam 3 kategori yakni kesadran (awareness) pada kategori ini maka kamu akan menjangkau orang – orang yang kemunginan besar tertarik, pertimbagan (traffic) meningkatkan jumlah kunjungan ke website kamu untuk mendapatkan banyak pengguna untuk aplikasimu dan konversi (conversion) untuk meningkatkan jumlah ornag yang berbelanja dengan melakukan pembelian produk pada websitemu.

Nah untuk bisa beriklan di instagram maka pastikan jika kamu harus memilih kategori yang mendukung insagram ads yakni, brand awarenss, reach, traffic, app installs, engagement, video view dan conversions. Setelah itu sekarang adalah memilih tujuan iklan yang paling coock denganmu.

Format Iklan

Pada fanpage facebook ini ada tersedia jenis iklan pilihan yakni uji split dan pengoptimalan anggaran. Pilih salah satu saja karena kedua iklan ini tidak dapat digunakan secara bersamaan.

Nah pada masing – masing jenis iklan ini tentunya berbeda. Jika jenis iklan uji split ini kamu diminta untuk membuat 2 iklan dengan konten mirip. Kemudian targetmu akan dibagi menjadi 2 dan akan melihat iklan yang berbeda. Maka dari itu kamu bisa melihat konten iklan mana yang jauh lebih menarik. Namun uji split ini akan membutuhkan dana yang lebh besar.

Sedangkan jika kamu memilih pengoptimalan anggaran biaya yang dikeluarkan bisa dioptimalkan. Sebagai pemula memang cocok untuk menggunkan jenis iklan ini karena kamu bisa bebas menentukan anggaran iklan.

Detail Nama Iklan, Tujuan Trafik & Promo

Untuk dapat mengecek performa iklan di instagram ads maka kamu perlu menuliskan detail nama iklan. Lalu memilih tujuan trafik, kamu bisa memilih trafik website, aplikasi, whatsapp atau messenger dan selanjutnya pilih atau centang promo untuk menampilkan promo pada bisnismu.

Menentukan Target Audience

Nah tentukan spesifikasi target audience berdasar faktor seperti pemirsa khusus yakni untuk menjangkau orang yang pernah berhubungan denganmu secaa online maupun offline. Bisa membidik orang yang pernah mengunjungi websitemu, atau berinteraksi di kontenmu, kemudian lokasi masukkan satu atau lebih dari satu negara, wilayah, kode pos, kota atau bahkan alamat,

Selanjutnya umur nah apabila produk yang kamu tawarkan membidik target anak muda maka kamu bisa memilih target berdasar umur sekutar 18-27, jenis kelamin nah ini tentu akan memudahkan untuk memilah apabila kamu menjual produk khusus wanita maka yang mendapatkan iklan sponsormu adalah para wanita yang mana target pasarkan lebih spesifik.

Terakhir koneksi pada target ini berguna apabila kamu ingin menampilkan iklan pada orang yang terhubung ke halaman aplikasimu. Dengan begitu iklanmu akan dapat dilihat oleh orang – orang yang memiliki ketertarikan dengan produk sejenis.

Menentukan Penempatan dan Jadwal

Nah apabila kamu memilih menempatkan secara otomatis maka iklan kamu akan diampilkan pada facebook, whatsapp, instagram dan semua aplikasi yang bekerja sama dengan facebook. Namun apabila kamu hanya ingin menampilkan pad aisntagram saja kamu bisa mengaturnya pada edit penempatan. Mudah bukan? tinggal memilih tempat paling potensial untuk melaukan iklan produkmu. Setelah ini kamu bisa memilih lama penayangan iklan. Bisa dilakukan selama 1 bulan dan sebagainya.

Tautkan Dengan Akun Instagram

Nah selanjutnya adalah dengan menautkan akun facebook kamu dengan instagram yang akan dihubungkan dengan akun facebook. Maka pastikan jika kamu menautkan instagram bisnismu atau akun instagram katalogmu.

Memilih Format Iklan dan Buat Teks

Pada format iklan ini ada beberapa jenis yakni korosel, video tunggal, gambar tunggal, tanyangan slide, koleksi. Pilih sesuai dengan kebutuhanmu ya. Lalu pastikan kamu mencantumkan teks pada kolom deskripsi secara detail. Buat deskripsi yang menarik dan unik untuk membuat para pengguna tertarik.

Memilih Gambar dan Masukkan Tautan

Kemudian pilih gambar sesuai dengan detail deskripsimu lalu tambahkan judul yang menarik dan juga tautan yang akan dituju selanjutnya adalah melakukan pembayaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kamu bisa membayarnya debit maupun kredit.

Nah itu tadi adalah bagaimana cara memasang instagram ads untuk promosi bisnis. Semoga dapat membantumu untuk meningkatkan penjualan. Salam sukses ~~

Sumber gambar : https://whello.id

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba