Bisnis Aquascape Peluang Usaha Rumahan Cocok Untuk Pensiunan

Bisnis aquascape saat ini bisa dikatakan mulai berkembang. Sebab aquarium saat ini tidak hanya dijadikan sebagai media atau tempat untuk memelihara ikan saja. Tapi aquarium juga dijadikan sebagai media untuk menyalurkan seni estetika tata letak. Aquarium yang tertata dengan baik serta rapi dengan berbagai jenis ikan hias di dalamnya akan memanjakan banyak mata yang melihatnya. Sebab secara psikologis melihat pemadangan yang menyegarkan, suara gemericik air, dan kehidupan akan memberi aura positif bagi yang melihatnya.

Bisnis Aquascape Peluang Usaha Rumahan Cocok Untuk Pensiunan
ytimg.com

Bisnis Aquascape

Hal ini tentunya menjadikan aquarium makin banyak diburu oleh orang-orang yang punya risiko tekanan tinggi seperti para pekerja kantoran di kota-kota besar. Pergi pagi pulang malam tidak punya waktu yang cukup untuk beristirahat. Maka banyak dari orang-orang tersebut yang memilih aquarium untuk menjadi media penyegar pikiran. Mulai dari aquarium dengan ukuran mini, sedang, hingga besar menjadi sarana untuk menghilangkan penat.

Melihat hal tersebut menjadikan aquarium banyak diburu oleh banyak orang. Maka menjalankan bisnis aquascape adalah salah satu peluang yang tepat dan bisa mendatangkan keuntungan besar. Apa lagi untuk Anda yang akan segera masuk ke masa pensiun. Tidak memerlukan waktu dan tenaga yang ekstra untuk menjalankan bisnis aquascape. Bahkan bisnis aquascape untuk pensiunan ini bisa dimulai dari skala rumahan.  

Usaha rumahan pensiunan sekarang ini kerap dibahas oleh beragam media. Sebab meski dalam aturan pemerintah pada usia tertentu seseorang memang harus pensiun justru akan menimbulkan rasa bosan dan jenuh bagi mereka. Hal yang berkaitan dengan usia pensiun telah diatur oleh pemerintah. Berdasarkan aturan pemerintah usia pensiun ditentukan berdasarkan regulasi perusahan atau instansi yang mengacu pada peraturan pemerintah.

Bisnis Pensiunan
tumblr.com

Bisnis Pensiunan

Seperti dalam UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Tenaga Kerja, UU Nomor 11 Tahun 1992 tentang Dana Pensiun, dan UU Nomor 3 Tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja. Di situ disebutkan bahwa usia pensiun seorang pekerja adalah umur 55-60 tahun. Maka artinya di usia tersebut seseorang seharusnya sudah tidak bekerja dengan pengecualian Anda memiliki usaha atau pemilik perusahaan.

Tidak selamanya seseorang akan terus menjadi karyawan. Ketika telah memasuki usia tertentu, pensiun akan menjadi jalan yang ditempuh. Meskipun seseorang masih merasa mampu bekerja. Sebab seperti yang telah disebutkan di atas bahwa ada peraturan yang mengatur masa kerja seseorang yang digolongkan masuk pada masa pensiun di usia tertentu.

Masa pensiun tentu identik dengan kegiatan yang cenderung lebih santai dan juga punya banyak waktu. Karena ragam rutinitas pekerjaan harian di kantor sudah tidak lagi dilakukan. Bukan menjadi rahasia lagi bahwa masa pensiun menjadi hal yang menakutkan untuk sebagian orang. Karena ternyata saat sudah masuk masa pensiun, masih bayak kebutuhan yang harus dipenuhi.

Maka menjalankan usaha rumahan untuk pensiunan adalah sebuah solusi atas keadaan tersebut. Meski misalnya Anda masih tetap mendapat dana pensiun setiap bulannya, berkegiatan dengan menjalankan usaha rumahan pensiunan juga ide yang bagus supaya tidak merasa jenuh dan bosan. Bagi karyawan swasta bisa memanfaatkan pesangon sebagai modal usaha rumahan pensiunan.

Ada banyak peluang usaha rumahan pensiunan yang bisa dijalankan. Tapi harus dipastikan bahwa usaha rumahan pensiunan tersebut sesuai dengan minat dan kemampuan Anda supaya bisa dijalankan dengan rasa senang dan lebih mudah. Salah satunya seperti yang sudah disebutkan si atas yaitu bisnis aquascape.

Peluang Bisnis

Peluang Bisnis
seon.co.id

Walaupun masih tergolong jenis bisnis yang belum begitu familiar tapi bisnis ini pertumbuhannya semakin menjanjikan. Jenis bisnis aquascape terbagi menjadi dua yaitu air laut dan air tawar. Sedangkan peluang yang terdapat dalam bisnis ini bisa terbagi menjadi tiga bagian.

1. Bisnis jasa untuk program perancangan atau jasa set up aquascape. Bisnis jasa ini merupakan pelayanan yang akan menjual berbagai produk yaitu pemilihan jenis tanaman yang akan di masukan ke dalam aquarium, desain, ikan dan juga pemasangan ke dalam aquarium.

2. Bisnis budidaya tanaman dan ikan yang di pelihara di dalam aquarium.

3. Bisnis menjual berbagai produk aquarium seperti ikan, tanaman hias, batu hias, berbagai aksesoris, peralatan, dan berbagai pakan ikan hias.

Untuk memulai bisnis ini ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan. Kali ini Bisnis UKM akan mengulas beberapa hal yang perlu Anda persiapkan untuk menjadikan ini sebagai usaha rumahan pensiunan yang bisa datangkan keuntungan menjanjikan. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Persiapan Bisnis

pertanianku.com

1. Persiapan Media Tanam

Sudah tentu Anda membutuhkan persiapan media tanam jika hendak memulai bisnis ini. Penggunaan media tanam yang baik akan menghasilkan kecepatan pertumbuhan yang optimal ketika Anda akan melakukan penanaman dan penataan tanaman air di dalam aquarium. Biasanya jenis media tanam yang umum dipakai adalah soil atau pasir yang memiliki tingkat atau kadar pH mencapai 6,5. Atau banyak juga yang memakai media tanam berupa pasir dengan campuran tanah.

2. Pelajari Desain Unik

Bisnis ini adalah bisnis di mana Anda akan memberikan keindahan di dalam aquarium. Maka Anda juga harus terampil dan memiliki skill yang baik dalam mendesain aquarium. Buatlah tampilan dengan campuran berbagai produk yang menarik agar banyak yang memesan jasa Anda. Misalnya saja melakukan padu padan yang menarik antara tanaman hias air, ikan hias, dan berbagai aksesoris tambahan agar terlihat rapi dan menarik.

3. Siapkan Peralatan

Adanya banyak peralatan baik berupa peralatan utama maupun peralatan tambahan yang diperlukan dalam pengembangan bisnis ini. Misalnya saja alat chiller, alat ini akan menjaga keseimbangan suhu dari aquarium agar berbagai tanaman di dalamnya tidak mudah rusak dan mati. Selain itu lampu yang juga berperan penting dalam sebuah set aquarium, karena cahaya lampu dapat menggantikan cahaya matahari. Beberapa peralatan lain yang juga diperlukan adalah tabung oksigen dan pupuk cair.

4. Pelajari Teknik Pembuatan Aquascape

Mempelajari teknik sebelum memulai sebuah bisnis adalah awal yang bagus untuk meminimalisir kegagalan. Anda bisa memanfaatkan internet hingga forum-forum yang menggeluti bidang yang sama untuk mendapatkan informasi tentang teknik-teknik pembuatan aquascape.

5. Terapkan Trial Error

Anda bisa melakukan percobaan dan pelatihan sebelum benar-benar menjalankan bisnis ini. Dengan banyak berlatih akan mengasah skill Anda dalam mendekorasi aquarium. Selain itu, Anda juga dapat meminta pendapat orang lain atas karya aquascape yang Anda buat.

Itulah beberapa ulasan tentang peluang bisnis aquascape dan hal apa saja yang perlu Anda persiapkan untuk menjadikan bisnis ini sebagai usaha rumahan pensiunan. Semoga tulisan ini bermanfaat. Persiapkan bisnis Anda dengan sebaik mungkin, salam suskses! Ikuti terus artikel tentang bisnis lainnya hanya di bisnisukm.com Bagikan juga artikel ini ke rekan Anda yang lain supaya makin banyak orang yang terinspirasi dan mempersiapkan diri untuk bisnis di masa pensiun.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba