Cerdas! 7 Hal Sepele Ini Bisa Jadi Ide Usaha Buat Si Anak Pantai

Memiliki deretan pantai dengan panorama cantik bak surga dunia, agaknya bukan hanya menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Indonesia tapi juga memberikan keuntungan besar bagi orang-orang yang tinggal di sekitarnya.

Pasalnya, sembari menikmati birunya air laut dan deburan ombak yang bersautan, si anak pantai ternyata tak menyia-nyiakan kesempatan yang ada untuk menciptakan ide usaha, dari hal-hal kecil yang ada di sekitarnya.

Meski umumnya daerah pinggiran pantai masih terbilang minim fasilitas, tapi masyarakat sekitar justru mengubah keterbatasan tersebut menjadi peluang usaha. Banyaknya pengunjung yang datang ke pantai kini menginspirasi si anak pantai untuk membuka lapak usaha dengan modal seadanya.

Kira-kira apa saja ide usaha di pantai yang bisa kamu buka? Simak ulasan Okezone.com yang mengangkat ide cerdas si anak pantai dalam mengubah 10 hal sederhana di sekitarnya menjadi peluang usaha.

1. minimnya fasilitas umum di daerah pesisir membuat si anak pantai membuka usaha jasa kamar mandi

Jasa kamar mandi di daerah pantai menjadi peluang usaha yang menggiurkan. Bagaimana tidak, kamar mandi dibutuhkan sebagai tempat untuk bersih-bersih. Selain mengganti pakaian, pengunjung juga ingin membersihkan tubuhnya dari pasir-pasir yang lengket. Keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari usaha ini sangatlah besar. Apalagi jika pengunjung di pantai tersebut selalu ramai setiap saat.

2. selain kebutuhan toilet, yang sering dicari pengunjung obyek wisata pantai adalah makanan dan minuman

Setelah lelah bermain seharian di pantai, umumnya pengunjung membutuhkan asupan makanan dan minuman. Karena biasanya pantai jauh dari pusat kota, kamu bisa membuka usaha makanan dan minuman di pinggiran pantai. Misalnya yang sering dijajakan si anak pantai tuh makanan olahan hasil laut, minuman kemasan, dan yang nggak ketinggalan makanan instan dan snack ringan.

3. jasa sewa tikar dan payung di pinggiran pantai juga menjanjikan

Tak hanya bermain air di pinggiran laut, pengunjung yang datang biasanya senang menikmati panorama laut dari pinggiran pantai. Apalagi kebanyakan dari mereka membawa sanak keluarga. Disinilah kesempatanmu untuk membuka jasa sewa tikar dan payung di pinggir pantai. Mudah banget, tinggal pasang tikar dan payung di atas pasir pantai.

4. ide usaha sewa alat olahraga air seperti snorkling, surfing, atau ban renang

Untuk memanjakan para pengunjung pantai yang hobi dengan olahraga air, sekarang ini masyarakat sekitar juga banyak yang membuka usaha jasa sewa peralatan olahraga air seperti misalnya alat snorkling, surfing, ban renang, dan lain sebagainya. Bahkan diantaranya ada juga yang menyewakan alat sekaligus menjadi trainer untuk olahraga air tersebut.

5. angin di pinggiran pantai memang asyik untuk bermain layang-layang. Kamu bisa memanfaatkan peluang ini!

Bermain layang-layang di pantai? Pasti akan terlihat seru. Suasana liburan juga akan semakin terasa. Angin pantai yang kencang sangat mendukung Anda untuk jualan layang-layang. Sediakan model layang-layang yang sederhana, namun unik. Jangan lupa untuk menyediakan variasi ukuran, mulai dari kecil, sedang, hingga besar.

6. kamu juga bsia menyediakan jasa sewa tenda buat pengunjung yang ingin bermalam di pinggiran pantai

Bagi pengunjung yang belum puas menikmati keindahan pantai di siang hari, umumnya mereka akan bermalam di pantai dengan menyewa tenda di sepanjang pantai. Hal inilah yang patut dijadikan peluang usaha. Tenda yang disediakan tak perlu mewah, karena yang sederhana saja sudah cukup. Yang terpenting, pengunjung merasa nyaman dan bisa menikmati suasana pantai.

7. menjual cenderamata khas pantai sebagai buah tangan

Sudah bukan rahasia lagi kalau liburan tak bisa dipisahkan dari buah tangan. Nah, untuk melengkapi liburan para pengunjung pantai, kamu bisa menjual cenderamata khas pantai sebagai buah tangan yang tak terlupakan. Misalnya seperti oleh-oleh kaos bertuliskan nama pantai, kerajinan kerang dan pasir pantai,  aksesoris wanita seperti tas, topi, gelang, dan lain-lain.

Itu dia tujuh ide usaha yang bisa kamu coba meski tempat tinggalmu di pesisir pantai. Ingat, bukan hanya modal besar saja yang kamu butuhkan untuk memulai usaha, karena si anak pantai pun bisa merintis usaha dari hal-hal kecil yang ada di sekitarnya. Selamat mencoba!