Dari Hanya Memenuhi Pasar Lokal Merambah Ke Pasar Ekspor

Mungkin dari sebagian besar kita belum mengetahui apa itu kambing peranakan etawa. Padahal kalau dilihat dari sudut pandang bisnis, kambing etawa mempunyai prospek yang cukup cerah. Setidaknya itu yang dirasakan oleh Erlangga, salah satu dari sekian pengusaha kambing etawa yang sudah cukup merasakan keuntungan dari bisnis ini.

Erlangga atau yang biasa dipanggil Angga memulai usaha ini dari memasarkan kecil-kecilan. Pasar yang dibidik adalah Malaysia. Pria kelahiran 28 Mei 1978 ini mulai melakukan trading kambing etawa sejak dia masih kuliah. Padahal kalau ditengok dari latar belakang pendidikannya, komputer, mahasiswa teknik informatika tersebut jelas tidak ada korelasinya.

Paham Seluk Beluk Kambing Etawa
Angga cukup memahami seluk beluk kambing etawa tersebut. Pada awalnya, kambing etawa di datangkan dari India. Kambing ini disebut juga kambing Jamnapari. Badannya besar, tinggi gumba yang jantan 90 sentimeter hingga 127 sentimeter dan yang betina hanya mencapai 92 sentimeter. Bobot yang jantan bisa mencapai 91 kilogram, sedangkan betina hanya mencapai 63 kilogram. Telinganya panjang dan terkulai ke bawah. Dahi dan hidungnya cembung. Baik jantan maupun betina bertanduk pendek. Kambing jenis ini mampu menghasilkan hingga tiga liter per hari.

Pada awalnya dia mencari kambing tersebut di Kaligesing, Purworejo. Menurutnya, peternakan kambing peranakan etawa di Purworejo memiliki keunggulan komparatif dibanding jenis kambing lainnya sehingga perlu dikembangkan. Peranakan etawa di Purworejo mampu menjadi penghasil daging dan susu, beranak lebih dari satu sepanjang tahun dan mudah dipelihara, postur tubuhnya besar dan bulunya lebat. Sedangkan pusat pengembangan kambing peranakan etawa di Purworejo terutama di sejumlah desa di Kecamatan Kaligesing.

Iklim dan sumber daya lahan di kawasan Pegunungan Menoreh, Kabupaten Purworejo itu menjadi daya dukung kuat bagi pengembangan ternak tersebut. Hingga saat ini menjadi komoditas unggulan di Purworejo, populasinya setiap tahun mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Mulai Mengembangkan Usaha
Awalnya hanya memenuhi kebutuhan pasar lokal, dan kini telah merambah ke pasar internasional. Setelah bisnisnya mengalami perkembangan, Angga mulai membangun usahanya lebih profesional. Dia mendirikan badan usaha dengan nama CV. Reperkasa. Ia juga mulai merubah sistem pengadaan kambing etawanya. Angga mempercayakan pencarian kambing yang bagus kepada seorang “blantik” yang mengetahui sentra kambing etawa di pulau Jawa. Menurutnya, seorang “blantik” ahli dalam mencari hewan kualitas bagus dengan harga terjangkau. Setelah menemukan kambing etawa yang layak jual, dia menaruh beberapa sampel ke kandangnya yang terletak di desa Kemirikebo, Girikerto. Si pembeli biasanya datang untuk melihat sampelnya, kemudian memilih dan meminta untuk segera dikirim.

Produknya juga mulai ditambah. Baik untuk kepentingan perdagangan domestik maupun ekspor, Angga menambah layanan berupa perdagangan ternak dan produk derivatnya. Kemudian kualitas ternak yang dikirimkan distandarisasi sesuai prosedur yang ditetapkan dalam perdagangan antara bangsa, dimana ternak berasal dari ladang bebas penyakit dan memiliki sertifikat kesehatan berasal dari uji laboratorium veterineer Pemerintah Republik Indonesia. Ternak yang diperdagangkan dan dikembangkan oleh Angga adalah hasil ternakan yang berkembang di Indonesia yaitu:

1. Kambing Jamnapari / Peranakan Etawa (PE),
2. Kambing Kacukan – Cross / Bligon,
3. Kambing Jawa Randu, Kambing Kacang,
4. Domba Kibas
5. Domba Ekor Tipis, Domba Garut, dan Domba Batur

Tapi perlu diingat, kalau sudah bermain di ekspor, jangan pernah lihat marjin, yang penting adalah kuantiti”, imbuhnya. Kemudian kalau ditanya masalah pemasaran, Angga hanya menggunakan iklan di koran Malaysia dan internet. Dua hal itu sudah cukup efektif untuk mengantarkan pembeli ke farm Angga. Bahkan omset dalam satu kali transaksi antara 300 juta – 700 juta. “Saya baru mau ngejar pasar Qatar mas. Buat nambah-nambah omset,” katanya.

Mengejar Arus Kas, Fokus ke Produksi Susu
Tidak hanya sapi, kambing pun dapat dibudidaya susunya. Mereka memelihara kambing Etawa karena tergiur dengan harga susu kambing yang cukup mahal. Sedangkan biaya produksi atau memelihara cukup murah. “Kalau dibandingkan dengan susu sapi, keuntungan sangat besar susu ini. Lagian, ada pemasukan terus menerus. Kalau hanya trading repot mas,” kata Angga.
Harga susu Etawa per liter mencapai Rp 40 ribu. Sedangkan susu sapi hanya berkitar Rp 3 ribu. Untuk biaya produksi setiap ekor hanya menghabiskan Rp 3.000 untuk pakan tambahan per harinya. Sedangkan pakan lain seperti rumput, mereka tidak membeli. Satu ekor Etawa dapat menghasilkan susu sebanyak 1,5 liter per hari dengan pemerasan sehari dua kali. “Jika dihitung sangat untung. Pakan tidak sulit dicari, seperti kambing biasa,” jelasnya.

Kelebihan susu kambing adalah susu tersebut diyakini bisa menambah vitalitas dan meningkatkan daya tahan tubuh, bisa dikonsumsi untuk balita kurang dari setahun. Susu kambing memiliki zat kebal dan anti oksidan yang penting dalam tubuh. Susu kambing ternyata juga memiliki beberapa kelebihan dibanding susu sapi. Di antaranya, susu kambing lebih mudah dicerna dibanding susu sapi. Karena butiran lemak dalam susu kambing lebih kecil dan homogen. Susu kambing tercerna setelah 20 menit, susu sapi 8 jam.

Agar mendapatkan susu yang berkualitas, Angga tidak hanya memberi rumput atau dedaunan, tetapi diberi makanan tambahan. Seperti tepung kedelai, tepung jagung, tapioka dan makan tambahan itu harganya sangat murah sekitar Rp 2.800 per kilogram. Untuk satu ekor kambing Etawa ini cukup membutuhkan seperempat makanan tambahan setiap hari. Dan pemberian makanan pun cukup sehari dua kali. “Itu susunya sudah banyak,” ujarnya. Menurut dia, sekarang susu kambing sudah booming. Selain dipercaya mampu menjadi minuman alternatif untuk hidup lebih sehat, keuntungan itu bisa berlipat-lipat.

sumber gambar: http://www.sripoku.com/foto/berita/2009/7/26/26-7-2009-naskambing%20etawa.jpg

29 Komentar

  1. saya ada domba gibas. 80 ekor. bobot 30 s/d 40 kg. jika bapak berkenan denga domba gibas……….peternakan sendiri.

  2. saya tertarik dengan artikel ternak kambing peranakan etawa bapak erlangga, tapi saya masih bingung untuk beli bibit kambingnya dimana ?lokasi saya di banten, lebih tepatnya dirangkasbitung….mohon info…trims.

  3. bagaimana pak supaya kambing saya bisa gedeh dan besar. soalnya kambing saya kurus dan kecil. apa sih mkananya biar gedeh..trimakasih pak ..

  4. Ass…. Pak mohon informasinya untuk bermitra dengan bapak. Kami tinggal di Bekasi. Kebutuhan kambing di daerah Kota Bekasi masih tinggi. Dari Pak ENOH. Terima kasih. Wslm

    • pak enoh saya ada domba gibas. jika bapak tertarik. saya ada 80 ekor. bobot antara 30 s/d 40kg. dr peternakan sendiri.

  5. Ass… Mohon informasi untuk bermitra dengan bapak. Dari Pak Enoh di Bekasi. Terima Kasih. Wslm

  6. mas Angga saya sangat tertarik untuk ternak kambing jenis etawa,walaupun cuma sbagai tabungan,mohon informasi alamat dan no tlp sampean mas

  7. saya tertarik neh mau ikutan dong bisnis ternak etawa, apa seh yeng dibutuhkan mulainya darimana. daerah yang cocock dimana ya,berapa kira kira kambing yang harus saya beli. laki berapa, perempuan berapa . makasih ya pak angga atas sarannya

  8. saya dari malaysia ingin membeli kambing jamnapari dalam 70 hingga 100 ekor.macam mana saya boleh hubungi encik? bolehkah encik uruskan hal penghantaranya ke malaysia?

  9. assalamualaikum
    perkenalkan nama saya hendra dari surabaya..
    sejujurnya saya sangat tertarik dengan artikel yang pak angga tulis…
    saat ini saya mempunyai 4 ekor kambing etawa yang letaknya di jombang, jawa timur….rencananya saya akan mengembangkan usaha ternak ini pak…tetapi saya sangat minim pengetahuan tentang industri ini, menurut pak angga apa langkah awal yang harus saya lakukan????
    kalo saya memulai dengan memasarkan susu etawa dengan membeli ke distributor menurut pak angga gmn???
    fokus yang efektif yang harus diperhatikan dlm ternak ini, apakah pembibitan atokah produksi susu untuk langkah awal????
    yang terakhir, bisa minta email ato website pak angga????
    maaf pak sebelumnya klo pertanyaan saya terlalu banyak,maklum masih awal….hehehehe
    ne saya cantumkan no tlp saya 085648508522..
    sebelumnya trims atas bantuanya
    assalamualaikum…

  10. Salam
    Saya tertarik ma pemeliharaan kambing peranakan etawa.Saya ingin mencuba memelihara kambing etawa dalam skala kecil dahulu . i.e sekitar 10-20 ekor di Nganjuk.Berapa modal yang perlu disediakan sebagai permulaan dan bagaimana untuk membeli kambing ternakan etawa.
    Terima kasih Pak
    Yusoff

  11. nomor telponya bapak berapa ya, trus kira2 butuh modal berapa kalau mau usaha seperti bapak ini, dari desa nih pingin angkat warga desa
    081330096868 sujito

  12. nomor telponya bapak berapa ya, trus kira2 butuh modal berapa kalau mau usaha seperti bapak ini, dari desa nih pingin angkat warga desa

  13. saya tertarik usaha bapak kira kira berapa modal usah sekala kecil saja Pak.kebetulan keluarga saya …ada didaerah ( jambul/ Brenggong) Pak Mangku Raharjo Alm ( saya dijakarta 0812 968 9842 )

  14. kami mitra kerja kelompok ternak etawa diwilayah kabupaten blitar, mohon dibantu dalam hal pemasaran susu etawa, kepada Bapak Erlangga barangkali dapat membantu kami karena saat ini kami kesulitan memasarkan produk susu yang sampai saat ini produksinya tinggi tapi hanya terbuang saja. Kontak person kami 085 735 575 362

  15. Pak erlangga,bisakah saya memperoleh info lebih dalam untuk belajar,melalui email atau bisa berkunjung ke tempat bapak..? wassalam

  16. Saya peternak kambing etawa dari sulawesi barat. tepatx di kab. majene..mohon informasinya dimana saya pasarkan kambing etawa saya. hubungi no. ini 081339526570

  17. askum…aya terkesan sekali dgn usaha bapak,,owh ya pak saya sekarang juga lg merintis usaha ternak kambing jawa…sudi kah bapak membantu usaha saya termasuk kiat kiat gmn beternak yang baik dalam beternak kambing jawa khususnya dan menghasilkan hasil yang sesuai harapan…..jika di awl usaha kira2 bth modal berapa ? dan apa yang harus di lakukan dalam memajemen usaha ternak kambing tersebut…mohon bimbingan dan bantuannya…owh yah saya mico di magetan jawa timur…btw no hp nya bapak angga berapa ? trims sebelumnya,besar harapan dari saya,bapak bisa kasih bantuan atau kiat kiatnya..wass

  18. salam etawa………….maaf pak erlangga, saya boleh minta alamat dan no telp jenengan?? saya sangat tertarik sekali untuk bisa bekerjasama dengan bapak. saya juga peternak etawa di jogja meskipun usaha saya juga masih dalam skala kecil.tapi saya sangat optimis bahwa usaha di bidang ini prospeknya sangat bagus dan menggairahkan
    terima kasih

  19. Assalamu’alaikum
    mohon maaf pak angga, kalau kami ingin mendapatkan bibit kambing PE nya saya harus menghubungi pak angga di nomer telp dan alamat mana?, sedang saya posisi di malang jawa timur. saya sangat terkesan sekali dengan usaha peternakan kambing PE nya. ia harga bibit kambing PE nya berapaan?
    makasih.
    wassalam.

  20. KAMI INGIN MENGETAHUI DIMANA ADANYA STOK AGEN BESAR YANG BISA MENERIMA/MEMBELI SUSU KAMBING DG KAPASITAS BESAR,YANG BISA DIEKSPOR JUGA.

  21. Bapak/Ibu yang terhormat, saya adalah dosen fakultas peternakan UNDIP. Saya sangat tertarik dan bangga dengan potensi ternak lokal Indonesia. Domba batur sebagai wujud hasil karya peternak bangsa sungguh membuat sy bangga dan ingin tahu lebih banyak tentang usaha budidaya beserta manajemennya, terlebih lagi nantinya saya bisa mentransfer pengetahuan tersebut kpd anak didik kami di fak peternakan. Dalam waktu dekat ini saya akan menyusun proposal tentang magang kewirausahaan untuk mahasiswa, dan saya ingin materinya adalah ternak inovasi baru asli INDONESIA sehingga menjadi obyek baru dan menarik bagi mahasiswa yang dapat memberi motivasi dan harapan buat mereka ketika lulus nanti.Demi terkabulnya dana yang sy ajukan itu, maka saya perlu mencantumkan nama dan alamat lengkap dari mitra tempat saya dan mahasiswa akan magang kelak. Mohon sekiranya anda bisa memberikan alamat lengkap dan sekilas profil tentang Bp. Erlangga beserta peternakan dombanya. Atas perhatian dan terkabulnya informasi tsb, sy ucapkan terimakasih

  22. boleh minta no. tlp juga alamat email bapak erlangga?
    saya hobi sekali dengan usaha kambing saya mau bermitra dengan bapak..trimaksih

    Nomer hp Bapak Erlangga : 081331663166

Comments are closed.