Daripada Menunggu, Yuk Ciptakan Peluang Usaha Baru Sendiri!

Menjadi seorang pengusaha sukses memang bukan hal yang mudah. Pasti diawali dengan jatuh bangun dan kegegalan diawal. Lelah sudah pasti dirasakan, namun keyakinan akan hasil yang manis di akhir selalu dapat menguatkan. Kamu pelaku usaha yang sedang merintis sebuah usaha? Jangan lelah dulu dengan rangkaian bisnis pemula, semua jerih payah pasti akan terbayarkan.

Selain pengalaman, salah satu yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis adalah kemampuan membaca situasi. Memulai suatu bisnis membutuhkan keberanian, selain modal tentunya, dan keberanian ini didapatkan dari keyakinan diri. Kalau kamu sudah memiliki keyakinan akan bisnis yang kamu jalankan belum?

Setiap orang memang berbeda-beda dalam menjalankan dan memulai sebuah bisnis. Ada yang menunggu datangnya peluang usaha baru yang tepat dan ada yang langsung melakukan eksekusi ketika timbul keinginan memulai usaha. Setiap keputusan memulai bisnis ini membawa keuntungannya masing-masing. Kalau kamu berbisnis karena ingin atau karena ada peluang, nih?

Bisnis UKM sebagai salah satu wadah bagi para pelaku UMKM dan bisnis pemula di Indonesia yang aktif berinteraksi telah menghimpun beberapa pendapat netizen tentang bisnis. Melalui akun instagram @bisnis_UKM, kami bertanya pada netizen mengenai pengambilan keputusan berbisnis. Pendapatnya beragam, ada yang berbisnis karena ingin saja dan ada yang berbisnis karena ada peluang. Penasaran? Simak pendapat netizen di sini!

Netizen Ini Lebih Milih karena Pengen!

pengen bisnis pemulapengen3 bisnis pemulapengen2 bisnis pemula

Tiga netizen di atas mengaku bahwa mereka memilih berbisnis karena keinginan. Ternyata ada alasan yang mendasari dibalik pilihan netizen ini, nih. Katanya dengan adanya keinginan dan hasrat untuk berbisnis dia akan berusaha sebisa mungkin untuk mewujudkan apa yang ingin ia capai. Alasan yang bagus dan berdasar ya, tinggal bagaimana konsistensi dalam menjalankan bisnisnya ini.

Kebalikannya nih, Netizen Ini Memilih Peluang!

karena-ada peluang usaha barukarena ada peluang2

Diantara 39 komentar yang masuk kedua netizen di atas memilih berbisnis karena ada peluang. Nampaknya netizen-netizen ini adalah orang yang berhati-hati dan meminimalisir segala risiko, ya. Kayaknya sih mereka pintar membaca peluang usaha baru yang ada. Bagi beberapa orang, menunggu peluang bisa menjadi hal yang sedikit melelahkan. Kuncinya ada pada kesabaran.

Paket Komplit, Netizen Ini Pilih Ingin dan Peluang Sekaligus!

pengen peluang usaha baru 3pengen peluang usaha baru2

Tidak tanggung-tanggung, netizen ini memilih ingin dan peluang sekaligus dalam berbisnis. Kombinasi dari kedua hal ini memang yang terbaik untuk memulai suatu bisnis. Namun terkadang keinginan untuk memulai bisnis tidak dibarengi dengan peluang usaha baru yang terbuka lebar. Kebalikannya, terkadang peluang yang terbuka lebar tidak disertai dengan keinginan dari diri sendiri untuk mulai berbisnis.

Itulah pendapat netizen seputar alasannya dalam berbisnis. Kalau kamu sendiri bagaimana? Baik didasari keinginan atau menunggu peluang niat harus menjadi hal dasar yang kamu miliki. Dengan niat kamu bisa mewujudkan keinginan untuk berbisnis, apalagi ditambah dengan peluang bisnis yang terbuka.

Sayangnya tidak semua orang dapat menangkap peluang bisnis yang ada. Daripada menunggu peluang yang tidak dapat diprediksi lebih baik ciptakan peluang usahamu sendiri!

4 Langkah Mudah Menciptakan Peluang Usaha Baru Sendiri

Pertama, kejelian melihat tren yang ada dan update akan informasi saat ini harus kamu miliki untuk menciptakan peluang bisnismu sendiri.

1. Realisasikan idemu dalam skala kecil dahulu

Ide bisa datang kapan saja dan dimana saja. Terkadang ide datang disaat yang tidak diduga seperti ketika kita sedang bepergian ke suatu tempat. Kedatangannya yang tiba-tiba ini membuat ide mudah terlupa jika tidak diingat dengan baik. Untuk itu sebaiknya kamu memiliki catatan yang berisi ide-idemu.

Kadang kala juga setelah menemukan ide kita memiliki pertimbangan-pertimbangan lain yang bisa menghambat jalannya ide. Akhirnya pertimbangan ini bisa menimbulkan rasa ragu untuk menjajal bisnis baru atau keluar dari zona nyaman. Nah, untuk mengatasi hal ini kamu realisasikan saja ide kamu pada usaha kecil-kecilan. Kamu bisa memulainya dari skala paling kecil untuk melihat prospek ke depannya.

2. Usahakan buat sesuatu yang baru, jangan menjiplak

Memang terkadang kita mendapat inspirasi dari oran lain. Itu adalah hal yang wajar dan memang dianjurkan untuk mencari inspirasi dari orang lain. Namun usahakan membuat bisnis yang berbeda dan belum ada sebelumnya, jadi penuh inovasi. Disini otak harus bekerja untuk memikirkan bisnis apa yang belum ada di lingkungan sekitar.

Tidak perlu modal awal yang besar cukup pastikan bisnismu ini memang dibutuhkan oleh orang-orang sekitar. Bisnis yang dibutuhkan biasanya belum berkembang sehingga nilai kebaruannya tinggi dan bisa menghasilkan keuntungan yang meyakinkan. Usahakan tidak menjiplak usaha orang lain.

3. Lihat ke dalam diri sendiri

Menciptakan peluang usaha yang paling mudah sebenarnya adalah dengan melihat potensi yang ada dalam diri sendiri. Orang yang paling dekat dengan kita adalah diri kita sendiri namun sering tidak disadari sehingga kita kurang mengenal diri sendiri. Padahal bisa jadi kita menyimpan potensi yang luar biasa berupa kemampuan, ide-ide cemerlang, dan keahlian lainnya.

Potensi diri ini juga sifatnya personal, tiap orang memiliki potensinya masing-masing. Jadi kamu memiliki keunikan yang tinggi jika membuka bisnis berdasar potensi diri. Sekecil apapun potensi yang ada dalam diri bisa kamu kembangkan menjadi bisnis yang bisa menghasilkan banyak keuntungan.

4. Ikuti tren yang ada

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, mengetahui tren yang sedang ramai saat ini sangat diperlukan untuk menciptakan peluang. Informasi mengenai apa yang sedang hits saat ini bisa kamu peroleh dari banyak sumber, misalnya saja media sosial, internet, atau bahkan dari orang-orang.

Mengetahui tren dan update informasi terkini artinya kamu mendapat informasi yang dekat dengan lingkungan. Sehingga ketika akan kamu aplikasikan menjadi sebuah bisnis, bisnismu dekat dengan masyarakat dan memang sedang dibutuhkan pada saat itu. Meski mengikuti tren kamu tetap harus memiliki sesuatu yang berbeda dari bisnismu.

Kalau begini kamu bisa memulai bisnis dari keinginan disertai peluang karena kamu dapat menciptakan peluang sendiri. Jadi mau kapan mulai berbisnis? Yuk tulis di kolom komentar bisnis apa yang ingin kamu kembangkan!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba