Duku Palembang, Potensi Bisnis Dari Bumi Sumatera

Potensi Duku PalembangDuku atau dalam bahasa latinnya Lansium domesticum merupakan salah satu buah segar yang dikenal dari Palembang Sumatera Selatan. Buah duku adalah salah satu buah musiman, rasanya yang manis dan lembut menjadi kenikmatan tersendiri bagi para penggemarnya. Selain rasanya yang manis, buah duku juga merupakan buah favorit bagi masyarakat kota Palembang. Jika musim panen tiba, sangatlah mudah menemukan buah duku di kota Palembang. Harga yang ditawarkan untuk buah duku pun juga relatif murah karena sedang musim panen duku.

Duku Palembang pastilah buah yang banyak ditemui di kota Palembang, namun apakan Anda tahu asal usul buah duku? Duku Palembang bukanlah buah yang berasal dari kota Palembang. Duku Palembang berasal dari OKU yang masih termasuk bagian dari Provinsi Sumatera Selatan. Di daerah OKU, banyak sekali terdapat buah duku yang tumbuh di hiliran sungai komering yang lebih tepatnya lagi di daerah Martapura Oku Timur Sumatera Selatan. Buah duku Palembang yang berasal dari daerah ini sudah pasti buahnya manis dan besar.

Buah duku amat bervariasi dalam sifat pohon dan juga buahnya. Berdasarkan garis besarnya, ada dua kelompok besar dari buah ini yaitu yang dikenal dengan duku dan yang dinamakan dengan langsat. Kelompok yang dikenal dengan nama duku pada umumnya memiliki pohon besar dan padat dengan daun yang berwarna hijau cerah. Tandan untuk buah duku relatif pendek dan berisi buah sedikit. Butiran buah duku lebih besar, bentuknya bulat dan berkulit agak tebal. Namun buah duku cenderung tidak bergetah, biji kecil, daging tebal dan rasanya manis.

Sedangkan untuk langsat pohonnya cenderung lebih kurus, daun tidak lebat berwarna hijau tua dengan cabang tegak. Tandan buah langsat cukup panjang dan padat berisi sekitar 15 hingga 25 butir setiap tandannya. Buah langsat mempunyai kulit yang tipis, bergetah dan rasanya manis sedikit asam. Di kota Palembang sendiri lebih banyak masyarakat mengenal buah duku dibandingkan dengan buah langsat.

Harga pasaran untuk buah duku Palembang sendiri berkisar antara Rp 5.000,00 hingga Rp 8.000,00 pr kilogramnya. Jika sedang masa panen berlimpah dan bersamaan, harga buah duku bisa anjlok menjadi Rp 2.000,00 bahkan Rp 1.500,00 per kilogramnya. Adapun harga untuk buah duku per peti yang berisi 16 kilogram dijual dengan harga sekitar Rp 125.000,00.

Sungguh, rasa manis dari buah duku Palembang ini sangat menggoda dan menggugah selera para penggemar buah duku untuk menikmatinya. Jika Anda adalah masyarakat kota Palembang, maka janganlah lupa untuk selalu menikmati buah khas kota Palembang yaitu buah duku, sedangkan bagi Anda yang berada diluar kota Palembang, maka jadikanlah buah duku sebagai oleh-oleh khas Palembang jika Anda singgah ke kota ini.

Nah, setelah Anda melihat potensi bisnis kota Palembang tepatnya di daerah OKU ini yang bisa menjadi peluang bisnis yang mendatangkan untung besar bagi pelaku bisnisnya. Tidak ada salahnya jika Anda mulai mengangkat potensi bisnis daerah ini sebagai peluang bisnis baru yang dapat mengangkat perekonomian di daerah Anda. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar : http://3.bp.blogspot.com/-SGRx8i6L5_E/VAa402f5ZDI/AAAAAAAAAo4/0eahq9dwKjA/s1600/duku.jpg

3 thoughts on “Duku Palembang, Potensi Bisnis Dari Bumi Sumatera”

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba