Dulu Pakan Ternak, Kini Umbi Garut Jadi Olahan Pangan

KWT Sari Makmur Prambanan Sleman mengolah tanaman Garut menjadi produk olahan pangan. Hal ini dilakukan setelah para anggota KWT mendapatkan pembinaan dari Balai Penyuluhan Pertanian, Pangan dan Perikanan Wilayah VIII (BP4) Prambanan. Anggota KWT diajarkan mengolah umbi garut menjadi pati (tepung) garut dan keripik garut.

Keseharian warga khususnya ibu-ibu yakni bertani. Namun hal tersebut dirasa belum mencukupi untuk kebutuhan ekonomi sehari-hari. Dan kini, setelah bertani garut dan mengolahnya menjadi produk olahan pangan, sedikit banyak bisa membantu meningkatkan taraf ekonomi para anggota.

Awal mula, garut sebetulnya sudah ada di sekitar perkampungan, tetapi masih berupa tanaman liar dan digunakan sebagai pakan ternak saja. Setelah mendapatkan pendampingan, kini banyak warga yang membudidayakan tanaman tersebut untuk dijadikan bahan olahan.

Tanaman garut termasuk tanaman yang mudah dirawat. Cara menanam mudah, tidak perlu banyak pupuk, apalagi cukup dengan pupuk kandang. Jika dirawat dengan baik, hasil umbi yang dihasilkan juga menjadi lebih banyak.

Berdasarkan penelitian ternyata umbi garut ini juga bermanfaat untuk kesehatan, yaitu menurunkan asam urat, hal ini semakin memotivasi para anggota KWT Sari Makmur untuk mengembangkan garut. Selain untuk aktifitas, juga dapat meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga.

Sumilah, selaku perwakilan dari KWT Sari Makmur Prambanan menyampaikan bahawa untuk bahan baku sendiri saat ini masih kurang dikarenakan faktor hama tikus, dan juga masih mengandalkan musim hujan. Terkait produk keripik garut juga masih perlu terus dilakukan peningkatan kualitas agar benar-benar sesuai dengan harapan konsumen.

Pihak Dinas Pertanian Kabupaten Sleman juga berperan sangat penting. Tidak hanya mendampingi secara teknis bercocok tanam, namun juga membantu dari aspek pemasaran. Melalui pameran atau informasi jejaring buyer, menjadikan produk olahan garut KWT Sari Makmur menjadi semakin dikenal oleh masyarakat.

Harapannya, semoga kedepannya anggota KWT Sari Makmur bisa mengembangkan produk olahan garut menjadi lebih baik lagi, sehingga benar-benar dapat meningkatkan taraf ekonomi para anggotanya.

Leave a Comment