Berita UKM

excellence.asia Resmikan Program EXCELLOKA untuk UMKM Indonesia

excellence-asia-resmikan-program-excelloka-untuk-umkm-indonesia

JAKARTA, 6 Maret 2018​ – excellence.asia sebagai salah satu start-up yang merupakan training marketplace binaan IDX Incubator meresmikan program EXCELLOKA bersama Pembukaan perdagangan Bursa Efek Indonesia.

EXCELLOKA adalah program pelatihan berkelanjutan untuk UMKM Indonesia. EXCELLOKA diambil dari kata excel (percepatan) dan loka (dimensi) berarti dimensi percepatan. excellence.asia mengusung nama ini dengan harapan dapat menjadi dimensi bagi UMKM di Indonesia untuk bisa mempercepat perkembangan bisnisnya. Program ini akan dimulai 10 Maret 2018 di Jakarta.

“Melalui program EXCELLOKA, excellence.asia hadir memberikan pilihan kepada setiap bisnis dan
individu dalam mendapatkan pelatihan, termasuk UMKM Indonesia. Hal ini sejalan dengan visi kami untuk mewujudkan ekosistem digital dalam industri pelatihan di mana pengetahuan dapat diakses oleh semua orang ‘tanpa batas’,” ungkap Viktor Yanuar S, CEO dan CoFounder excellence.asia.

excellence.asia melihat bahwa Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah (UMKM) memiliki peran dalam
pertumbuhan perekonomian Indonesia. Hadirnya UMKM di Indonesia tidak hanya mendorong
pertumbuhan perekonomian, tetapi juga penyerapan tenaga kerja. Pada periode 1997-1998 UMKM
Indonesia membuktikan dirinya tidak terpengaruh terhadap krisis ekonomi dan tetap berdiri kokoh.

Pengusaha Muda

Menjadi Pengusaha Muda.

Berbagai macam tips dan ide bisnis bagi Generasi Milenial

Menurut data Bank Indonesia, UMKM memiliki tingkat penyerapan tenaga kerja sekitar 97% dari seluruh tenaga kerja nasional dan memiliki kontribusi terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) sekitar 57%. Jumlah UMKM pun selalu meningkat setiap tahun. Menurut data terakhir dari Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (2013), ada lebih dari 57,8 juta UMKM di Indonesia.

Kendati demikian, peningkatan UMKM dari sisi jumlah tidak diikuti dengan peningkatan kualitas dari UMKM tersebut. Hampir semua kajian terhadap UMKM yang dilakukan selama ini, termasuk yang dilakukan oleh Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) bekerja sama dengan Bank Indonesia, menunjukkan bahwa permasalahan yang dihadapi oleh UMKM adalah seputar pembiayaan dan kurangnya kemampuan Manajemen Usaha serta rendahnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Dalam berbagai kesempatan Presiden Jokowi juga selalu menyerukan agar UMKM di Indonesia segera ‘naik kelas’.

Hadirnya EXCELLOKA bertujuan untuk memberikan pelatihan berkualitas secara menyeluruh untuk
meningkatkan kualitas UMKM, mulai dari pemasaran, penjualan, branding, pelayanan pelanggan, hukum,administrasi, keuangan, akuntansi, pajak, operasional, dan sumber daya manusia; secara gratis*. Metode yang digunakan dalam EXCELLOKA adalah gabungan antara online training dan offline workshop. UMKM yang berminat hanya diwajibkan membayar dana komitmen sebesar Rp 2,5 juta hingga Rp 3,5 juta dan akan dikembalikan seluruhnya* di akhir pelatihan.

Target dari EXCELLOKA adalah UMKM di Indonesia pada umumnya dan Jabodetabek pada khususnya. Selama 8 bulan, diharapkan lebih dari 1,500 UMKM di Indonesia dapat merasakan dimensi percepatan bisnis melalui EXCELLOKA. Selain Jabodetabek, EXCELLOKA juga akan mengunjungi sembilan kota pusat UMKM lain di Indonesia, yaitu Bandung, Jogja, Semarang, Surabaya, Malang, Denpasar, Medan, Palembang, dan Makassar.

UMKM yang ingin mendaftar EXCELLOKA dapat dilakukan dengan cara online melalui www.excelloka.com. UMKM dapat mendaftar sekaligus melihat kurikulum EXCELLOKA mulai Maret-November 2018. Sehingga pelatihan ini dapat berjalan efektif dan tepat sasaran. Tidak hanya itu, dalam pelatihan ini akan dilakukan Penilaian Kesehatan UMKM bekerja sama dengan School of Business Management – Institut Teknologi Bandung. Peserta yang mengikuti EXCELLOKA nantinya akan dapat memperoleh hasil penilaian kesehatan bisnis yang dijalankan.

Terdapat lima keunggulan EXCELLOKA

  1. Menyeluruh : Pelatihan yang diselenggarakan mencakup semua aspek yang diperlukan oleh UMKM untuk meningkatkan kualitas bisnis yang dimiliki.
  2. Berkualitas : Modul akan dibawakan oleh trainer yang kompeten yang peduli dengan perkembangan UMKM Indonesia.
  3. Fokus : Setiap modul difokuskan pada tindak lanjut sehingga UMKM dapat langsung menerapkan apa yang dipelajari.
  4. Terukur : Keberhasilan UMKM dalam program ini akan diukur secara obyektif dengan metode yang sudah terbukti.
  5. Gratis : Biaya komitmen yang sangat terjangkau dan akan dikembalikan 100% di akhir program.

EXCELLOKA menjadi gagasan excellence.asia untuk memajukan UMKM di Indonesia. Bekerja sama
dengan Pemerintah DKI, KADIN DKI, dan Komunitas Ganesha Maju Bersama (GMB) ITB, EXCELLOKA
ingin agar UMKM di Indonesia dapat meningkatkan kualitasnya, hingga bersaing secara Nasional bahkan Internasional. #UMKMJUGABISA

EXCELLOKA didukung oleh:

  1. Badan Ekonomi Kreatif Indonesia
  2. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
  3. KADIN Indonesia
  4. KADIN DKI Jakarta
  5. Masyarakat Ekonomi Syariah
  6. Ganesha Maju Bersama – Komunitas Alumni ITB
  7. School of Business Management – Institut Teknologi Bandung
  8. Bursa Efek Indonesia
  9. IDX Incubator

***
Informasi lebih lanjut:
Paskalia
(Public Relations)
Email : paskalia@excellence.asia
Mobile: 082226996593