Franchise Murah di Bawah Rp 10 Juta

franchise murahMembeli kemitraan franchise saat ini menjadi satu pilihan tepat bagi para pemula yang ingin memulai usaha dengan instan. Yang dimaksud instan disini tentunya bukan usaha yang langsung bisa berjalan sendiri tanpa kerja keras pemiliknya, namun instan yang dimaksud adalah peluang bisnis yang sudah tersistem dengan baik dan siap dijalankan para calon pelaku usaha tanpa harus repot-repot membangunnya dari nol. Para franchisorlah yang menyiapkan peluang usaha dengan matang dan untuk selanjutnya bisa Anda jalankan dengan sistem kemitraan.

Besarnya minat masyarakat untuk bisa menjalankan bisnis dengan mudah, menyebabkan penawaran investasi franchise semakin hari kian diminati pasar. Terbukti setiap harinya jumlah franchisee berbagai macam produk maupun jasa mulai bermunculan di penjuru negeri ini. Hal ini tidak lepas dari banyaknya penawaran bisnis franchise yang sekarang ini ditawarkan dengan harga murah, bahkan di bawah angka 10 juta. Kecilnya modal yang dibutuhkan dan besarnya keuntungan yang ditawarkan para franchisor, membuat sebagian besar masyarakat memutuskan untuk memilih peluang bisnis franchise sebagai langkah awal mereka terjun di dunia bisnis.

Konsumen
Sasaran pasar yang dibidik tentunya adalah masyarakat umum yang sedang mencari peluang usaha dengan modal kecil. Bahkan hadirnya berbagai macam penawaran franchise murah di bawah Rp 10 juta, menjadi solusi tepat bagi para pemula yang sedang ingin mencoba terjun di dunia usaha. Sehingga penawaran investasi franchise murah lebih diminati pasar, dibandingkan penawaran franchise yang investasinya cukup tinggi.

Info bisnis franchise

Bisnis franchise murah yang saat ini ditawarkan dengan nilai investasi di bawah Rp 10 juta, rata-rata adalah produk makanan, produk minuman, serta beberapa bisnis jasa seperti bimbingan belajar atau beberapa kursus pendidikan lainnya. Meskipun biaya investasi yang ditawarkan terbilang murah, namun sebagai calon investor kita harus hati-hati dalam memilih bisnis franchise yang ditawarkan. Kira-kira apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih bisnis franchise murah di bawah Rp 10 juta? Berikut info bisnis selengkapnya.

  1. Pilihlah produk atau jasa yang akan Anda ikuti kemitraannya. Setelah menemukan jenis produk atau jasa yang dipilih, selanjutnya lakukan riset pasar untuk mencari informasi tentang beberapa brand yang menawarkan produk atau jasa tersebut. Lakukan secara selektif, karena saat ini banyak penawaran yang belum jelas penghasilannya.
  2. Pelajari analisa ekonomi yang ditawarkan para franchisor, jangan mudah percaya dengan analisa ekonomi yang berlebihan. Pilihlah penawaran yang perhitungannya masuk akal.
  3. Pastikan franchisor yang akan bekerjasama dengan Anda sudah mengantongi legalitas (ijin usaha maupun hak paten atas brand yang ditawarkan). Agar di kemudian hari tidak muncul masalah dengan pihak lain.
  4. Kenali terlebih dahulu pemilik brand franchise tersebut, selanjutnya cari informasi dari beberapa orang sumber yang cukup mengenalnya. Misalnya saja mencari informasi dari para mitra yang sudah bergabung terlebih dahulu.
  5. Pilih lokasi usaha yang benar-benar strategis. Misalnya saja seperti di sekolah atau kampus, pusat perbelanjaan, Mall, pasar, sekitar perkantoran, serta tempat umum (seperti tempat hiburan dan rekreasi, rumah sakit, terminal, stasiun, maupun bandara).

Kelebihan bisnisBisnis Franchise
Penawaran investasi yang cukup murah tentunya sangat menarik bagi para pemula yang ingin terjun menjadi wirausaha. Bahkan para franchisor ada yang menawarkan franchisenya dari mulai Rp 2 juta, dengan menjanjikan balik modal yang cukup cepat (hanya dalam hitungan bulan). Sehingga modal usaha yang dibutuhkan para calon pelaku usaha tidak terlalu besar.

Selain modal usaha yang terbilang cukup kecil, biasanya persiapan usaha franchise juga lebih mudah dibandingkan peluang bisnis non kemitraan. Sebab franchisor sudah menyediakan smua peralatan dan bahan baku untuk usaha, para mitra hanya perlu mempersiapkan lokasi usaha dan calon tenaga kerjanya saja. Sehingga bisa dipastikan bahwa biaya operasional yang diperlukan juga tidak terlalu besar.

Kekurangan bisnis
Meskipun saat ini banyak franchisor yang menawarkan investasi dengan biaya rendah, namun tidak semuanya memiliki kredibilitas yang cukup bagus. Banyak para franchisor yang belum terlalu matang dalam mengolah bisnisnya, sehingga banyak brand-brand baru yang tidak bisa bertahan lama. Karena para franchisornya baru coba-coba. Disamping itu, sekarang ini produk maupun jasa yang ditawarkan franchisor satu dengan yang lainnya rata-rata sama. Mereka masih menawarkan produk-produk umum yang sudah banyak dipasaran, misalnya saja seperti minuman teh kemasan, burger, fried chicken, dll. Sehingga persaingan pasar franchise semakin hari semakin ketat.

Strategi Pemasaran

Selama ini yang menjadi daya tarik tersendiri bagi bisnis franchise adalah penampilannya yang lebih menarik dibandingkan bisnis non franchise. Dengan dukungan both (gerobak) yang memiliki bentuk serta warna menarik, dan dukungan X-baner yang menampilkan brand serta berbagai macam pilihan produk atau jasa yang ditawarkan para franchisor, para konsumenpun akhirnya secara psikologis tertarik untuk mampir dan membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Selain peralatan marketing yang menarik, saat ini sudah banyak media yang tertarik menginformasikan segala sesuatu tentang franchise. Sehingga para franchisor maupun franchisee dapat mengiklankan usaha mereka melalui media elektronik maupun media cetak. Bahkan tak dapat dipungkiri bahwa media online pun menjadi salah satu alat marketing yang sangat membantu para pelaku usaha.

Kunci sukses
Kunci utama kesuksesan bisnis franchise terletak pada lokasi usaha dan brand yang ditawarkan. Semakin strategis lokasi usaha yang dipilih dan semakin terkenal brand yang dipasarkan, maka peluang pasar yang dapat dijangkau akan semakin terbuka lebar. Karena pada dasarnya konsumen akan lebih loyal untuk membeli produk atau jasa yang brandnya sudah cukup dikenal.

Nah, bagi Anda yang tertarik dengan bisnis franchise murah. Berikut kami informasikan salah satu contoh analisa ekonomi yang ditawarkan franchisor minuman.

Analisa Ekonomi

Asumsi
Berikut analisa ekonomi penawaran franchise minuman dengan brand “Semerbak Coffee”

Modal awal
Biaya investasi                                  Rp 8.500.000,00

Biaya operasional per bulan
Pembelian bahan baku kopi Reg
@ Rp 3.500,00 x 20 buah x 30 hari                Rp 2.100.000,00
Pembelian bahan baku kopi kecil
@ Rp 2.500,00 x 25 buah x 30 hari                Rp 1.875.000,00
Pembelian bahan baku tambahan                    Rp   300.000,00
Biaya gaji karyawan                              Rp   750.000,00
Sewa lokasi di depan supermarket                 Rp 1.500.000,00
Biaya listrik                                    Rp   100.000,00 +
Total                                            Rp 6.625.000,00

Omset per bulan
Penjualan 20 Reg cup/hari @ Rp 7000
(20 cup x Rp 7000 x 30 hari)                    Rp 4.200.000,00
Penjualan 25 Small cup/hari @ Rp 5000
(25 cup x Rp 5000 x 30 hari)                    Rp 3.750.000,00 +
Total                                           Rp 7.950.000,00

Laba Bersih per bulan 
Rp  7.950.000,00 - Rp 6.625.000,00      =       Rp 1.325.000,00
ROI (Return of Investment)
(modal awal : laba bersih per bulan)    =       ± 6 bulan

Selamat berkarya dan salam sukses.
Sumber gambar : http://smallbiztrends.com/wp-content/uploads/2009/04/franchising-facts.jpg

45 thoughts on “Franchise Murah di Bawah Rp 10 Juta”

  1. lokasi teras indomaret,,menurut para master bgmn..??
    mau mulai usaha,masinh bingung tuk cari lokasi yg pas..??
    mohon sarannya…

    Reply
  2. Jangan terlalu banyak berharap sesuatu yg besar tp kita diam saja,bisnis apapun kalau dikelola dengan baik insyaallah akan berhasil,lokasi pasar dan pelayanan sangat menentukan keberhasilan

    Reply
  3. Assalamu’alaikum.. Mau sharing, saya punya usaha sampingan fried chicken (dari franchise), sudah berjalan lebih dari 7 bulan, tapi saya merasa belum puas dengan rasa yang dihasilkan maupun tingkat penjualan yang diperoleh. Mau cari franchise yang lain, otomatis agak galau, karena merasa masih penasaran dengan yang ada, di samping itu urusan modal baru mesti dipikirkan juga. Kira2, apa yang mesti saya lakukan, karena saya merasa, dengan bertahan dengan apa yang ada saat ini, saya berjualan dengan status rugi dan belum mencapai BEP. Mohon pencerahan. Terima kasih. Wassalam.

    Reply
    • Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh..Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Ketika Ibu Atien Rafiq memutuskan untuk bergabung dengan sebuah brand franchise, tentu Ibu sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan sistem franchise. Salah satunya adalah harus mengikuti SOP dari pemilik brand. Ketika dengan SOP tersebut penghasilan yang Ibu dapatkan belum bisa optimal, ada baiknya bila Ibu mulai melakukan evaluasi. Pertama evaluasi mengenai pendampingan dari pemilik brand, bila belum optimal Anda bisa mendiskusikannya bersama. Kedua, coba lakukan evaluasi program promosi yang telah Ibu lakukan. Ketiga yang paling penting pilih lokasi usaha yang strategis, sesuai dengan target pasar yang dibidik. Misal di lingkungan kampus, di lingkungan anak kost, di pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
  4. Saya punya tempat sangat stratrgid di pertigaan jln raya sefang mencari mitra bisnis untuk bekerja sama saya punya tempat tetapi tidak punya produk ada yng berminat?

    Reply
    • saya punya keahlian menjahit di di beberapa produk dan juga service, jok mobil,seat cover pesawat, sofa, kursi kantor dll. saat ini ikut temen yang mendapat persentase 35%, cita2 saya ingin membuka usaha sendiri,tapi terkendala modal,modal yang saya butukan untuk kontrak .saya sangat mengharapkan orang seperti ibu YENI, tempat usaha untuk mencari mitra bisnis. saya jawabannya

      Reply
    • jl. raya sefang itu didaerah mana mbak? daerahnya ramai tidak? bisa untuk dagang sepatu tidak kira2? atau boleh minta denah dan gambar depan lokasinya?..terimakasih

      Reply
  5. asslm, saya punya keahlian melukis pemandangan dan kaligrafi, tapi fikiran saya bercabang apakah saya buka usaha melukis atau dagang makanan,karena didaerah saya lukisan kurang diminati, mohon pertimbangannya usaha apa yang baik untuk saya

    Reply
    • Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh..
      Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Mengingat pasar lukisan saat ini kurang diminati, Bapak Fakhruddin bisa memanfaatkan keahlian dan passion yang dimiliki untuk membuat produk kerajinan selain lukisan dinding. Contohnya seperti membuat sepatu lukis, kaos lukis, tas lukis, dan lain sebagainya. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba