Gurihnya Pundi Rupiah dari Bisnis Replika Makanan

Yoyong owner Crayon’s Craft and CoAda yang berbeda dengan produk kreasi Crayon’s Craft and Co. Ya, Crayon Craft & Co ini membuat dan menjual replika-replika makanan yang menggugah selera makan Anda! Beragam produk makanan ringan yang biasa ditemukan mudah di warung, minimarket atau supermarket dihadirkan Crayon’s Craft and Co dalam bentuk yang lain dari biasanya alias mini.

Roti tawar, nasi ayam lengkap dengan sambal dan tempe tahu, gado-gado, bubur ayam, sampai mie yamin yang dibuat lengkap dengan kuah sekilas nampak 100 persen sama persis dengan makanan aslinya.

Baca Juga Artikel Ini :

Berkat Miniatur Tugu Khatulistiwa, Raup Untung Rp 30 Juta

Sukses Mengembangkan Bisnis Kreasi Miniatur Kereta Kraton

Sengaja dibuat sedetail itu, Crayon’s Craft and Co juga membuat gerobak-gerobak miniatur yang diisi dengan makanan khas Indonesia. Jenis-jenis gerobaknya pun berupa gerobak bakso, mie ayam, rujak, gorengan dan lainnnya.

“Miniatur-miniatur makanan yang kita buat sering kita jumpai di seluruh Indonesia”. tutur Syumeiraty Rashando (Pemilik Crayon’s Craft and Co) kepada bisnisukm.com di Jakarta beberapa waktu lalu.

Bisnis kerajinan miniatur makananDibuat dari bahan clay atau sejenis lilin yang dapat mengeras, kayu-kayu dan alumunium, Yoyong sapaan akrabnya bercerita bisnis kerajinannya ini telah dilakoninya dari tahun 2001. Awalnya adalah hobinya yang suka membuat kerajinan miniatur. Namun, sebelum memulai bisnis replika makanan ini, Yoyong sudah lebih dulu berjualan beberapa pernak-pernik hadiah atau merchandise yang dijual di beberapa mall di Bandung.

Namun, usaha yang sedang digeluti Yoyong hampir mengalami kebangkrutan. Yoyong kemudian putar otak. Dan di waktu senggangnya, dia pun mulai mencoba-coba untuk membuat kerajinan tangan yang dinilainya waktu itu belum ada yang meliriknya, yakni membuat replika makanan berbahan clay dan lilin plastik. Singkat cerita berkat kegigihannya, usaha Yoyong membawa perubahan dan hasil yang sangat memuaskan.

Kerajinan miniatur gerobakKini, selain memproduksi replika makanan, Crayon craft juga berfungsi sebagai tempat kursus aneka macam kerajinan dan bahan-bahan kerajinan. Yoyong menjelaskan, siapa saja dapat mengikuti kursus clay, mulai dari nol.

Dari kursus clay, kursus merajut, kursus sulam benang, kursus sulam pita, paper quilling, membuat aneka kerajinan dari kain flannel, kerajinan kawat bulu, membuat bunga stocking, glass art , origami, membuat gelang kumihimo ,merangkai aneka accessories. “Untuk pemula yang belum pernah les sekalipun di bidang clay, di Crayon craft & co Anda dapat membuat buah-buahan maupun sayuran mini dari clay terlebih dahulu,” tambahnya.

BINGUNG CARI IDE BISNIS ?
Dapatkan Ratusan Ide Bisnis Dilengkapi Dengan Analisa Usaha.
Klik Disini

Nah, produk Crayon craft ini didistribusinya secara online melalui website dan melalui offline dengan mengandalkan pemasaran di showroomnya yang terletak di Bandung. Untuk harga produk dari Crayon craft, satu miniatur dibandrol seharga Rp 600 ribu sampai Rp 1,5 juta untuk replika yang besar seperti replika pasar.

Miniatur gerobak buatan Crayon’s Craft and CoDengan tenaga kerja yang tidak terlalu banyak, penjualan kerajinan miniatur gerobak dan makanan ini setiap bulannya tidak tentu. Namun laba kotor yang berhasil diperolehnya sebesar Rp 40 juta perbulan. Kedepannya, Yoyong punya ambisi ingin memperluas pemasaran Crayon craft, tidak hanya seputaran Bandung dan kota-kota lainnya.

“Rencananya sih ingin ekspor ke luar negeri, banyak juga orang asing yang tinggal di Indonesia dan Bandung yang membeli produk ini” pungkasnya.

Tim Liputan BisnisUKM

(/Harry)

Kontributor BisnisUKM.com wilayah Jakarta

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba