Hal Penting Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan Pelaku Usaha Waralaba?

hal-penting-apa-saja-yang-perlu-diperhatikan-pelaku-usaha-waralaba

 

Pertumbuhan perekonomian di Indonesia semakin hari kian meningkat dan sedikit banyak telah mempengaruhi daya beli masyarakat. Para investor asing ataupun lokal saling berlomba untuk bisa menanamkan modalnya di Indonesia. Salah satu contoh yang menjadi pilihan bagi para Investor adalah usaha waralaba (franchise). Jenis usaha ini, belakangan menjadi semakin dikenal masyarakat dengan hadirnya perusahaan-perusahaan baru dengan konsep serta produk yang berbeda dari perusahaan-perusahaan waralaba yang sudah lebih dulu ada di pasaran.

Usaha waralaba saat ini sudah semakin meluas ke berbagai bidang usaha. Mulai dari makanan, minuman, bisnis laundry, jasa kebersihan, usaha eceran hingga supermarket. Hal ini mengindikasikan bahwa usaha waralaba semakin dekat dengan masyarakat. Dan hasilnya, usaha ini sering menjadi jalan pintas bagi para pengusaha muda yang ingin memperoleh keuntungan besar dalam waktu yang singkat. Namun ada beberapa hal penting yang perlu untuk diperhatikan bagi para pelaku usaha waralaba. Nah hal penting apa yang harus duketahui oleh pelaku usaha waralaba?

Hal Penting Bagi Pelaku Usaha Waralaba

Usaha waralaba asing pastinya telah mempunyai standar operasional yang ketat, karena pelaku bisnisnya tidak menginginkan sesuatu terjadi pada usahanya dan membuat reputasi mereknya menjadi rusak. Selain itu, ada juga bisnis waralaba domestic yang sudah memiliki standar operasional cukup ketat dan biasanya terdapat pada jenis waralaba minimarket. Mengapa demikian? Karena hal itu biasanya menyangkut logistik serta distribusi yang harus dimiliki secara baik.

Nah, berikut ini adalah hal penting yang harus diperhatikan oleh para pelaku usaha waralaba atau pemegang franchise:

1. Fee Royalti

Fee royalti untuk usaha waralaba asing tentu saja akan sangat mahal, mengingat reputasi perusahaan atau merek yang hendak diwaralabakan. Penting bagi Anda untuk memperhatikan apakah ada kenaikan royalti untuk tahun-tahun yang berikutnya atau tidak. Terkadang para pemilik waralaba akan melakukan evaluasi terhadap biaya royalti tersebut. Dari situlah dapat dimungkinkan jika pemilik waralaba melihat keberhasilan dari para franchisee yang melakukan usaha tersebut.

2. Tempat Usaha

Perlu diperhitungkan secara seksama apakah tempat usaha perlu dimiliki oleh para franchisee atau hanya cukup menyewa. Karena hal itu juga sangat berpengaruh terhadap kelangsungan usaha waralaba yang sedang dijalani, apakah akan terus berhasil atau justru mengalami kerugian di tahun berikutnya. Kasus seperti ini biasanya sering terjadi pada usaha kafe atau restoran.

3. Modal Usaha

Ada beberapa dari para pemilik waralaba yang memberikan modal usaha, akan tetapi hal ini tergantung juga pada hasil penilaian principal. Namun, memang lebih banyak franchisee yang menggunakan modal sendiri, karena hal tersebut bisa menjadi penilaian dari keseriusan seorang franchisee dalam melakukan bisnis franchise tersebut.

4. Arus Kas Usaha

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan dalam membangun sebuah bisnis franchise adalah pendapatan. Apa gunanya membangun sebuah usaha sekalipun itu bisnis waralaba, jika dari usaha tersebut tidak menghasilkan suatu pendapatan. Cashflow Manajemen yang baik perlu Anda terapkan apapun usahanya. Bukan berdasarkan besarnya omset, namun yang terpenting adalah apakah usaha yang Anda jalankan tersebut memberikan keuntungan atau tidak.

Demikianlah beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memulai bisnis waralaba. Semakin banyaknya bisnis waralaba menjadikan bisnis tersebut sebagai ladang perputaran uang dan juga roda perekonomian. Meskipun banyak kemudahan dari usaha waralaba, namun ada pula hal negatif yang mengiringi pertumbuhan usaha tersebut. Jadi, apapun kemungkinan yang akan terjadi harus diperhitungkan dengan cepat dan tepat.

 

 

 

 

Sumber Gambar: http://www.yukseklimit.com/franchise/

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba