Manajemen UKM

Kenali Dulu Bisnis Waralaba, Sebelum Gabung Kemitraan di Tahun Depan!

Kenali Dulu Bisnis Waralaba, Sebelum Gabung Kemitraan di Tahun Depan!Pengen coba peruntungan jadi pengusaha di tahun baru? Salah satu peluang bisnis yang diprediksi bakalan semakin moncer di tahun 2018 adalah bisnis waralaba. Tawaran investasi yang semakin terjangkau dengan segudang pilihan produk menarik membuat bisnis waralaba semakin diminati para pemula yang tak mau repot memulai usaha dari nol.

Meski peluang bisnis waralaba mimim resiko dan semakin banyak dicari para pemula, tapi bukan berarti semua orang bisa mengeruk keuntungan besar dari peluang bisnis ini. Pasalnya, jika tidak jeli dalam memilih mitra waralaba, bisa-bisa bukannya untung yang didapat tapi malah buntung.

Biar nggak sampai buntung saat memulai bisnis kemitraan di tahun 2018, kamu harus tahu dulu tentang seluk beluk peluang bisnis ini

Kenali Seluk-Beluk Bisnis Waralaba

  1. Ada empat jenis kemitraan yang sekarang ini banyak dilirik pelaku bisnis di Indonesia, yakni franchise produk, manufacturing franchisefranchise system, dan yang terakhir Group trading franchise. 
  2. Dari keempat jenis waralaba yang ada, tentukan jenis peluang bisnis waralaba yang paling sesuai dengan minat dan skillmu. Ini penting agar kamu bisa terus semangat dan optimal dalam menjalankan bisnis, pasalnya banyak pelaku bisnis franchise yang mogok di tengah jalan karena mereka hanya termakan trend bisnis yang ada di pasaran, ketika trendnya sudah turun akhirnya ikutan tutup usahanya.
  3. Pastikan kamu bergabung dengan mitra yang sudah teruji kredibilitasnya. Sekarang ini banyak merk franchise yang gulung tikar sebelum dikenal luas masyarakat. Agar kamu tak mengalami nasib seperti ini, pastikan periksa kredibilitas mitra sebelum memutuskan bergabung dengan brand atau merk franchise mereka.
  4.  Periksa ijin usaha yang dimiliki franchisor. Jangan mudah tertipu desain booth yang bagus dengan gambar merk franchise yang terpasang besar, sebab masih banyak franchisor yang ternyata belum mengantongi legalitas resmi untuk usahanya. Padahal ini perkara penting, kalau tak ada ijin bisa jadi lapak franchisemu ditutup oleh dinas terkait.
  5. Cari tahu reputasi franchisor yang akan kamu gandeng untuk kerjasama di tahun depan. Pastikan sudah ada SOP jelas untuk sistem kemitraan yang ditawarkan, perhitungan jelas pembagian untung rugi, dan yang paling penting cari tahu bagaimana permintaan pasar untuk produk tersebut di lapangan.
  6. Lokasi yang strategis jadi syarat penting untuk menjalankan bisnis waralaba. Tidak heran kalau selama ini kita pasti menemukan booth waralaba minuman dan aneka makanan di depan supermarket ataupun di dalam mall-mall besar.
  7. Dukungan dari franchisor selama menjalin kerjasama juga perlu kamu perhatikan, apalagi terkait pengadaan stok barang dan training karyawan.

 

Nah, semoga ketujuh tips bisnis waralaba ini bisa jadi panduan singkat buatmu yang pengen memulai bisnis kemitraan di tahun depan. Selamat mencoba!

SHARE YUK!