Pemasaran

Ini 5 Starategi Promosi Di Tokopedia Yang Perlu Kamu Tahu!

Ini 5 Starategi Promosi Di Tokopedia Yang Perlu Kamu Tahu!Dari sekian banyak marketplace yang familiar di Indonesia, Tokopedia adalah salah satu lapak jual beli online yang keberadaannya mulai banyak dilirik masyarakat kita. Cara jualan di Tokopedia yang relatif mudah dengan jangkauan pasar online yang cukup luas, membuat pelaku bisnis online memanfaatkan situs ini untuk melancarkan strategi promosi yang dijalankan.

Mulai dari daerah perkotaan hingga ke pelosok sudah mulai mengenal marketplace satu ini. Terlebih pengemasan iklan di televisi yang menarik tentunya juga berimbas pada prosentase pengguna Tokopedia di Indonesia, baik untuk yang melakukan transaksi online di Tokopedia maupun baru sekedar membuka akun baru saja.

Tak kenal maka tak sayang, sepertinya pepatah itu patut disematkan untuk jual beli dengan transaksi online. Setiap orang tentu pastinya pernah merasakan was-was saat akan melakukan pembeli secara online entah itu pembeli maupun penjual. Pembeli tentu akan merasakan takut bila ia sudah membayar sejumlah uang, jangan-jangan penjual tidak akan mengirimkan barangnya.

Begitupun dari pihak penjual ada ketakutan tersendiri. Apa iya pembeli akan membayar tagihannya bila barang sudah saya kirim. Ya, ketakutan semacam inilah yang sering menghantui pembeli dan penjual saat akan membuka bisnis online, takut adanya penipuan. Oleh karena itu, marketplace hadir di Indonesia untuk mewadahi dan menjadi perantara yang aman antara pembeli dan penjual.

Franchise King Coklat Premium

Franchise King Coklat Premium

Harga Promo 3,8 Juta Saja Mendapatkan Booth, Blender, X-Banner, 100 Bahan Baku Gratis, dan semua perlengkapannya.

Tokopedia menjadi salah satu bagian dari marketplace tersebut, yang mana uang yang pembeli transfer tidak akan masuk kerekening penjual sebelum barang diterima oleh pembeli. Dari yang awalnya hanya sekedar iseng mempunyai akun, kemudian mulai berbelanja online, lalu akhirnya ingin mencoba peruntungan berbisnis online setelah mengetahui cara jualan di Tokopedia.

Saat itulah kamu perlu mengoleksi beberapa strategi promosi agar tahu cara jualan di Tokopedia seperti apa Berikut ini 5 strategi promosi yang perlu kamu perhatikan, agar reputasi toko online yang kamu buka di Tokopedia bisa dipercaya calon konsumen.

1. Hindari Pembatalan Pesanan Atau Penolakan Pesanan

Meskipun di Tokopedia tidak dikenai penalty untuk pembatalan pesanan karena ketidakmampuan penjual dari menangani orderannya, akan tetapi ini akan berimbas pada penilaian toko onlinenya di Tokopedia. Penilaian inilah yang akan dijadikan acuan pembeli dalam bertransaksi dan memilih penjual khususnya di market place Tokopedia.

Bila kepepetnya terjadi satu sebab yang bisa mengakibatkan pembatalan pesanan misalkan barang yang dipesana pembeli kosong. Segeralah cari solusi yang terbaik, kamu bisa segera memesan barang tersebut dan kamu juga bisa melobi pembeli dengan mengabarkan barang sedang restock atau ingin diganti dengan barang yang mempunyai fungsi sama.

2. Ikutkan Tokomu Dalam Promosi Online Yang Diadakan Tokopedia

Market place tentu sering memberikan promo kepada pelanggannya, kamu juga tidak boleh tinggal diam saat mengetahui promo tersebut. Segera daftarkanlah toko online pada promosi tersebut sehingga pembeli bisa ikut memeriahkan promosi dengan berbelanja di akun Tokopediamu. Terkadang banyak penjual yang melewatkan promosi ini.

Padahal langkah ini adalah cara yang paling efektif menarik minat pembeli untuk berbelanja di toko online kita. Akan tetapi bila toko online kita tidak mendukung promosi yang diberikan Tokopedia tentu pembeli juga akan mencari toko online lain yang juga menjual barang yang ia ingin beli ditoko onlinemu.

3. Selesaikan Pesanan Secepat Mungkin

Bungkus pesanan yang datang ke akun toko online sesegera mungkin, waktu pengiriman yang lebih cepat dari tenggang waktu yang diberikan Tokopedia untuk pengemasan produk bagi penjual akan menambah rating akun toko onlinemu di Tokopedia. Oleh karena itu, segeralah mengirim pesanan yang mampir di akun Tokopediamu.

4. Buatlah Promo Tokomu Sendiri

Bila Tokopedia tidak sedang mengadakan promosi maka kamu bisa membuat promosi untuk toko online sendiri. Cara ini salah satu langkah agar jualanmu di Tokopedia dilirik oleh pembeli. Beri diskon pada produk jualanmu sehingga pembeli akan sangat tertarik untuk berbelanja di toko onlinemu. Setelah itu, mintalah pembeli tersebut meninggalkan ulasan untuk toko onlinemu. Usahakan ulasan tersebut merupakan ulasan positif sehingga pembeli lain juga akan tertarik berbelanja ditoko onlinemu.

5. Sediakan Semua Jasa Kirim Yang Bisa Dijangkau Semua Konsumen

Keterbatasan jasa kirim bisa mejadi penghambat kamu dalam berjualan. Oleh karenanya,. maksimalkan akunmu dengan menyediakan lebih dari 1 jasa kirim untuk toko onlinemu.

Nah, kelola toko online di Tokopedia sebaik mungkin agar pembeli terus berdatangan di toko onlinemu. Supaya bisnis onlinemu di marketplace tersebut semakin berjaya, teruslah  mendalami dan mengaplikasikan cara jualan di Tokopedia.