Jurus Meningkatkan Penjualan di Shopee Biar Makin Laris

Meningkatkan penjualan tentu sesuatu yang sangat diharapkan oleh semua pelaku bisnis. Sudah tidak asing lagi ya dengan yang namanya market place yang bernama shopee ini? Meskipun tergolong baru, namun shopee mampu menjadi idola para pelaku usaha untuk membuka lapaknya disana. Shopee ini merupakan salah satu market place lokal yang berada di Indonesia.

Dibandingkan dengan Tokopedia dan Bukalapak memang Shopee ini memang belum lama launching namun penggemarnya cukup dikatakan banyak sekali. Banyaknya para pelaku usaha yang berjualan di Shopee ini, baik dari pengusaha kecil sampai pengusaha yang sudah besar sekalipun.

Strategi Pemasaran Meningkatkan Penjualan Shopee

Memang banyak sekali ide cerdas para pelaku usaha online untuk memutar otak memainkan strategi pasar demi meningkatkan penjualan, tak terkecuali mereka yang membuka lapak di Shopee. Market plae Shopee ini sudah besar namanya dan banyak dikenal oleh para pelaku usaha sejak beberapa tahun lalu. Sudah dipastikan sekarang ini hampir semua pengusaha memiliki akun lapak di Shopee. Bahkan sekarang ini ada puluhan hingga ratusan pedagang yang menjajakan dagangannya.

Dengan artian semakin banyak pula kompetitor untuk produk sejenis. Berbagai macam cara akan dilakukan oleh kompetitor untuk mendapatkan pelanggan dengan cara apapun. Nah jika kamu tidak siap dan tidak menyiapkan startegi pemasaran untuk meningkatka penjualan maka kamu tidak akan bisa bersaing dipasaran dan lama kelamaan kamu akan mengalami kemunduran.

Tentunya kamu tidak ingin hal itu terjadi bukan? Nah untuk mensiasati hal tersebut kamu harus menyiapkan startegi pemasaran yang cerdas untuk meningkatkan penjualan. Kali ini Bisnisukm bakalan kasih beberapa cara meningkatkan penjualan di Shopee. Berikut ini adalah cara yang bisa kamu terapkan, terutama bagi kamu para pemula.

Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee

Memilih Judul Menarik Sesuai Keyword

Cara meningkatkan penjualan dengan shopee yang pertam adalah dengan memilih judul menarik sesuai keyword. Pastikan jika judul produk kamu menggunakan nama yang menarik dan mencolok. Pastikan menganalisa kata kunci atau keyword yang paling banyak dicari dimesin pencarian. Pada umumnya pelanggan akan mencari produk pada kolom apa yang mereka butuhkan. Nah pada kolom inilah calon pembeli atau pelanggan memasukkan kata kunci. Dan muncullah banyak produk sesuai yang dicari.

Memilih Gambar Yang Jelas

Ketika mengupload gambar produk gunakan kualitas yang paling baik untuk membuat pelanggan dan calon pelanggan tertarik. Gambar dengan kualitas terbaik dan tidak pecah akan menarik dilihat. Seperti yang kuta ketahui bersama orang – orang akan berhenti scroll ketika meliat gambar yang bagus dengan kualitas gambar yang baik pula. Maka pastikan jika gambar produk yang kamu miliki kualitasnya bagus.

Deskripsi Produk Detail

Meningkatkan penjualan selanjutnya dengan cara membuat detail deskripsi. Pentingnya sebuah deskripsi bagi para pelanggan dan calon pelanggan. Deskripsi keadaan produk wajib disampaikan untuk menjaga kepercayaan pelanggan atau calon pelanggan. Tentunya mereka sangat membutuhkannya karena sebelum membeli suatu produk sudah pasti mereka akan detail mencari deskripsi produk seperti apa. Maka agar pelanggan tidak merasa tertipu dengan barang yang kamu jual maka pastikan mengisi detail produk. Selain itu hal ini diantisipasi agar para pelanggan dan calon pelanggan tidak banyak bertanya karena informasi sudah tertera.

Usahakan Selalu Fast Respon

Penting haknya untuk menjawab pertanyaan pelanggan dan calon pelanggan dengan segera ketika mereka menanyakan ketersediaan barang ataupun yang lainnya. Jika kamu slowrest maka yang terjadi mereka akan beralih ke seller lainnya. Apabila ada pertanyaan masuk sesegera mungkin untuk selalu menjawab. Berikan pelayanan yang terbaik dengan selalu sabar, teliti dan ramah dalam melayani. Jangan lupa pula untuk membubuhkan hastag untuk memudahkan pencarian terhadap produk yang kamu jual.

Menggunakan Fitur Promo

Menggunakan fitur promo menjadi salah satu cara meningkatkan penjualan. Ada beberapa fitur di Shopee yang digunakan untuk memberikan promo, diantaranya adalah : iklanku, promo toko, promo shopee dan voucherku. Dari ke empat fitur tersebut tentunya ada yang berbayar sampai yang gratis. Itulah beberapa fitur promo yang selama ini dinilai cukup ampuh dan pastinya gartis. Namun ada beberapa fitur yang dikenakan biaya dari banyaknya jumlah produk yang diklik oleh para pelanggan dan calon pelanggan.

Review Positif Konsumen

Pentingnya review positif dari konsumen ini demi kelangsungan bisnismu mengingat review positif ini mampu meningkatkan kepercayaan calon pembeli lain. Selain itu dengan adanya review positif maka akan meningkatkan repeat order pula. Pelanggan yang merasa puas dengan kualitas dan harga produk yang kamu jual maka berkemungkinan akan order kembali.

Nah untuk mendapatkan review positif dari par akonsumen maka pastikan jika produkmu yang dijual berkualitas dan jangan lupa untuk menjaga komunikasi. Usahakan untuk selalu melayani fast respon. Terlebih jika terjadi komplain barang maka segerakan untuk melakukan klarifikasi.

Tentukan Harga Normal

Seperti yang kita ketahui jika di marketplace lokal sudah pasti banyak kompetitor baik pedagang besar maupun produsen, bahkan tak sedikit pula dropshiper. Ada beberapa cara yang bisa kamu fokuskan strateginya. APabila omset yang kamu fokuskan maka harga murah solusinya. Namun apabila fokus pada profit maka pelayanan dan cara mendapatkan harga termurah.

Banyaknya produsen maka sudah pasti jika persaingan harga tidak mungkin terelakkan. Pastikan jika harga yang kamu awarkan tidak lebih mahal dari para kompetitor. Namun jika kamu penjual baru yang memiliki sedikit modal tentu dengan membanting harga akan membuatmu rugi.

Untuk lebih amannya maka carilah solusi paling aman dan ditengah. Jangan terlalu mahal jangan juga terlalu murah, cukup kamu jual sepeti harga dipasaran. Kecuali jika kamu mampu mendapatkan supplier yang lebih murah mugkin kamu bisa memainkan harga.

Push Produk Manual

Pada marketplace shopee disedikan fitur push produk, yang bertujuan agar produk yang sudah diupload muncul pada halaman pencarian pertama. Pada fitur push ini mengizinkan produk di push secara manual biasanya maksimal 5 produk dalam 5 jam.

Apabila sudah mencapai wkatu 5 jam maka haruas dipush manual kembali supaya produk kamu bisa bersaing untuk muncul dihalaman pertama. Fitur yang disediakan shopee ini gratis sudah banyak pemainnya sehingga sudah dipastikan persaingan pun semakin tinggi.

Dan apabila dalam waktu 5 jam tidak di push maka produk yang kamu jual sudah pasti tidak akan pernah muncul dihalaman katalog shopee bahkan di halaman pertama pun.

Push Produk 24 Jam Otomatis

Cara meningkatkan penjualan selanjutnya dengan push otomatis. Dalam fitur push produk 24 jam secara otomatis ini fungsinya sama dengan fitur manual 5 jam manual. Hanya saja bedanya jika yang otomatis ini kamu tidak perlu melakukan push lagi secara manual setiap 5 jam sekali. Jadi setelah 5 jam sistem akan melakukan push secara otomatis.

Sehingga meskipun kamu diam saja tidak melakukan push otomatis maka produkmu akan tetap berusaha bersaing muncul dalam halaman pertama. Namun perlukamu ketahui jika fitur ini tidka disediakan oleh shopee namun dari pihak ketiga. Nah untuk kamu yang ingin meningkatkan penjualan bisa menggunakan fitur yang satu ini.

Nah cara diatas tadi adalah beberapa trik meningkatkan penjualan di market place shopee. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi para pembaca sekalian untuk meningkatkan penjualan. Semoga cara – cara tersebut bisa ampuh untuk meningkatkan penjualan dan omset. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya ^^ Nantikan artikel lainnya menagenai peluang usaha, berbagai macam ide usaha, bsinis online, bisnis fashion, promosi online, pemasaran dan masih banyak lagi.

Dan apabila kamu mau mempelajari bisnis lainnya yang tak kalah menarik dan lebih lengkapnya juga kamu bisa bergabung dengan BisnisKuliner.ID. Video bisnis yang bisa kamu gunakan untuk belajar berbisnis, berisi berbagai macam video yang dibagikan oleh beberapa pengusaha warung, restaurant, cafe dan masih banyak lagi. Mereka membagikan kisah inspiratifnya dalam membangun bisnisnya dari nol. Berbagai macam tips dan trik juga tersedia, gabung dan cek sekarang jangan sampai terlewatkan.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba