4 Ide Usaha Gorengan Kekinian Modal Kecil

Usaha gorengan kekinian makin dilirik oleh para pelaku bisnis. Baik itu pemula atau pemain lama. Sebab sekarang ini makin banyak inovasi yang hadir dalam beragam olahan makanan. Kalau dulu usaha gorengan masih sederhana hanya dengan satu adonan dan tambahan cabe rawit, saat ini para pelaku usaha gorengan telah memunculkan kreasi olahan gorengan yang unik dengan beragam rasa.

4 Ide Usaha Gorengan Kekinian Modal Kecil
grid.id

Sajian Gorengan

Bedanya gorengan kekinian dengan gorengan pada umumnya sudah pasti bisa dilihat dari segmen pasarnya. Kalau gorengan pada umumnya biasanya konsumennya adalah orang tua yang cenderung makan gorengan dengan rasa yang sederhana. Tapi kalau gorengan kekinian segmen pasarnya adalah anak muda yang pada dasarnya masih ingin berpetualang mencoba banyak varian rasa dalam suatu menu makanan.

Usaha gorengan pada dasarnya sudah banyak dijalankan oleh pelaku usaha sejak lama. Sebab gorengan itu sendiri merupakan makanan yang akan lekat dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari kebiasaan orang Indonesia yang gemar sekali memakan gorengan dalam berbagai momen.

Misalnya saja pada waktu sarapan, beberapa orang yang gemar sarapan soto biasa juga akan menjadikan gorengan sebagai pendamping sarapan. Atau bisa juga dengan menu lain yang memang sangat cocok didampingi oleh gorengan. Bahkan beberapa orang menjadikan gorengan dan lontong sebagai menu sarapan favorit. Karena memang ada beberapa orang yang tidak ingin makan berat di waktu sarapan.

Momen lain yang biasanya juga menjadikan gorengan sebagai menu andalan adalah saat bulan ramadan. Menu gorengan menjadi takjil yang diburu oleh semua orang. Bahkan pada momen itu banyak pedagang musiman yang memang menjual aneka gorengan pada saat bulan ramadan saja.

Begitu juga dengan momen kumpul keluarga atau seminar-seminar. Biasanya dalam satu kotak kardus snack selalu menyertakan gorengan sebagai salah satu makanan yang ada di dalamnya. Jadi memang pada dasarnya kebanyakan orang Indonesia memang sudah sangat lekat dengan aneka gorengan ya.

Usaha Gorengan Kekinian

Nah dari kondisi ini kalau kamu tertarik untuk memulai sebuah usaha modal dengan modal yang kecil, maka menjalankan usaha gorengan adalah pilihan yang tepat. Kalau kamu ingin memulai usaha aneka gorengan yang lebih mengikuti perkembangan zaman, maka memulai usaha gorengan keninian adalah pilihan yang bisa dicoba.

Modalnya tidak terlalu besar, karena kamu bisa memulai usaha gorengan kekinian ini di kaki lima. Atau bisa juga memanfaatkan kegiatan rutin tertentu seperti car free day atau Sunday morning. Sebab biaya sewa lapaknya biasanya akan kamu keluarkan berdasarkan berapa kali kamu buka lapak di situ. Untuk boothnya juga bisa dengan model yang sederhana saja. Cukup gerobak kecil yang bisa memuat wajan penggorengan dan etalase untuk meniriskan gorengan kekinian yang sudah matang.

Untuk memulai usaha gorengan kekinian ini persiapannya juga harus disesuaikan dengan segmen pasarnya ya. Karena segmen pasarnya adalah anak muda maka kamu juga harus memanfaatkan pemasaran secara online dengan menggunakan media sosial. Selain itu manfaatkan juga kemitraan dengan jasa pengiriman makanan secara online. Supaya konsumen kamu semakin dimudahkan ketika ingin membeli gorengan kekinian yang kamu jual.

Ide Usaha Gorengan Kekinian

Berikut ini Bisnis UKM akan membagikan beberapa jenis gorengan kekinian yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk memulai usaha gorengan kekinian. Hal lain yang juga harus kamu perhatikan ketika memulai usaha gorengan kekinian ini adalah kemasan yang menarik. Kalau biasanya gorengan erat kaitannya dengan dibungkus koran bekas, maka gorengan kekinian yang kamu jual harus dikemas dengan semenarik mungkin. Supaya bisa menambah nilai dari produk gorengan kekinian yang kamu jual. Simak beberapa olahan gorengan kekinian yang bisa kamu jual!

1. Gorengan Kekinian Pisang Nugget

resepkoki.id

Kalau biasanya gorengan pisang hanya dibikin dari adonan tepung halus dan buah pisang saja, saat ini pisang juga bisa diolah menjadi gorengan kekinian yaitu pisang nugget. Paduan rasa manis dan gurih serta kekhasannya pada kerenyahan saat digigit akan memanjakan lidah. Apa lagi ketika kamu menambahkan varian toping pada gorengan kekinian pisang nugget yang kamu jual. Bisa dengan menambahkan varian toping oreo, almond, keju, cokelat, dan lain –lain.

Bahan

– 500 gr pisang matang yang sudah dikupas

– 100 gr gula pasir (boleh dikurangi kalau pisangnya sudah manis)

– tepung kunci 100 gr

– 3 sdm susu bubuk

– 1 butir telur utuh

– 1/2 sdt garam

Untuk Balutan

– 100 gr tepung terigu

– 3 sdm gula pasir

– Air matang secukupnya

– 200 gr tepung roti atau tepung panir

Untuk Toping

– Susu cokelat compound

– Matcha  compound

– Susu kental manis

– Keju

– Oreo biskuit

– Atau bisa diganti sesuai selera 

Cara Membuat

1. Cincang kasar pisang, tidak perlu halus agar terasa tekstur pisangnya

2. Masukkan gula pasir, tepung, susu bubuk, telur, dan garam, ke dalam adonan pisang, aduk rata dengan sendok

3. Masukkan dalam loyang yang sudah dialasi plastik, supaya mudah mengeluarkan saat sudah matang

4. Kukus adonan selama 15-20 menit

5. Setelah dirasa cukup padat, angkat dan dinginkan sebelum dipotong

6. Potong-potong nugget sesuai selera, tebal sekitar 1 cm

7. Campur adonan balutan kecuali tepung roti, tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental (seperti adonan tepung pisang goreng biasa)

8. Celupkan nugget ke dalam adonan tepung balutan, lalu gulingkan di tepung panir

9. Goreng dengan api sedang hingga kuning keemasan, sajikan dengan topping sesuai selera

2. Gorengan Kekinian Bola-Bola Ubi

checkinjakarta.id

Kalau biasanya ubi erat kaitannya dengan makanan tradisional, ternyata ubi bisa diolah menjadi gorengan kekinian yaitu bola-bola ubi. Selain rasa manisnya yang pas, bola-bola ubi bentuk dan teksturnya juga menarik untuk dinikmati para pecinta kuliner.

Bahan

– 250 gr ubi ungu kukus (ditimbang setelah dikukus)

– 30 gr tepung maizena

– 25 gr gula pasir (bisa ditambah klo suka manis)

– 1/2 sdt garam

– Secukupnya minyak untuk menggoreng

Bahan Isian

– Meises/DCC/selai coklat/keju mozarella/quickmelt

Bahan Celupan

– 3 sdm tepung terigu (aku 6 sdm)

– Air (kira2 50 ml) hasilnya tidak terlalu encer tapi jgn kental

– Secukupnya tepung roti/tepung panir

Cara Membuat

– Hancurkan ubi ungu kukus dengan garpuh sampai halus

– Campurkan ubi ungu,gula,garam dan tepung maizena, aduk rata

– Ambil 1 sdm adonan, beri isian dan bentuk bulat

– Masukkan kedalam bahan celupan, lalu balut dengan tepung roti/tepung panir

– Lakukan sampai adonan habis

– Panaskan minyak secukupnya, goreng bola2 ubi sampai kecoklatan, angkat dan tiriskan

3. Risoles Mayo

aboutjukri.blogspot.com

Kalau gorengan kekinian yang satu ini sangat cocok untuk dinikmati ketika bersantai. Risoles merupakan gorengan yang pada umumnya isiannya berupa sayuran dan teur kemudian didampingi dengan cabe rawit. Tapi risoles untuk lidah anak muda akan lebih cocok ketik isiannya diganti dengan sosis dan mayones yang lembut di mulut.

Bahan Kulit

– 100 gram tepung terigu serbaguna

– 300 ml susu cair

– 2 sdm minyak sayur

– 1 sdm tepung tapioka

– 1 butir telur

– sejumput garam

Bahan Isian

– Telur rebus secukupnya

– Sosis secukupnya

– Mayones secukupnya

– Keju dipotong memanjang seukuran sosis

Bahan Lapisan

– 1 butir telur kocok lepas

– Tepung panir

Cara Membuat

1. Campur semua bahan kulit, kemudian aduk-aduk hingga tak ada yang menggumpal lagi. Jika masih kurang halus, boleh disaring.

2. Panaskan wajan antilengket. Olesi dengan sedikit minyak, kemudian panaskan. Ambil adonan sekitar setengah sendok sayur, kemudian tuangkan merata pada wajan. Masak sampai kulit matang. Lakukan sampai adonan kulit habis.

3. Setelah kulit dingin, susun telur, sosis, dan keju di bagian tengah. Kemudian lipat seperti amplop dan gulung.

4. Celupkan risol di dalam telur yang sudah dikocok lepas, kemudian gulingkan ke tepung panir. Masukkan ke dalam freezer terlebih dahulu.

5. Goreng risol mayo dengan api kecil. Jangan terlalu lama, agar mayones tidak mengeras. Cukup sampai permukaan risol berwarna keemasan.

4. Hotang

rasadanimpian.blogspot.com

Hotdog kentang atau biasa disingkat hotang ini merupakan gorengan kekinian yang mengenyangkan. Hotang juga biasa disebut dengan tokebi. Paduan antara kentang goreng, sosis, dan saus sambal akan menjadi makanan favorit anak muda.

Bahan

– 250 gram tepung pancake mix

– 75 ml susu cair

– 4-5 buah sosis ukuran besar

– 1 butir telur ayam

– kentang goreng beku secukupnya

– tusuk sate secukupnya

– minyak goreng secukupnya

Saus

– Gula pasir berbutir halus secukupnya

– Saus tomat/sambal secukupnya

– Honey mustard secukupnya

Cara Membuat

1. Dalam mangkuk, campurkan tepung pancake mix, telur ayam dan susu. Aduk sampai rata, kemudian tuang ke dalam gelas tinggi agar lebih mudah mencelupkan sosis nanti.

2. Potong-potong kentang goreng membentuk dadu, kemudian sisihkan.

3. Tusuk sosis dengan tusuk sate, kemudian lapisi dengan sedikit tepung kering agar adonan pancake bisa menempel sempurna.

4. Celupkan sosis tusuk ke dalam adonan pancake hingga terbaluri seluruhnya. Setelah itu gulingkan pada kentang beku. Tekan-tekan agar kentang menempel sempurna pada adonan pancake.

5. Panaskan miyak goreng yang banyak, kemudian goreng sosis tusuk dengan api sedang. Pastikan adonan pancake di dalamnya matang dan kentang berwarna keemasan. Kurang lebih proses penggorengan berlangsung selama 5 menit.

Itulah beberapa ide usaha gorengan kekinian yang bisa kamu coba. Teruslah berkembang untuk menjadikan usaha kamu #NaikKelas ya! Simak terus artikel menarik tentang bisnis lainnya hanya di bisnisukm.com

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba