Kabupaten Temanggung Potensi Bisnisnya Kian Melambung

ubi talas
ubi talas

Berada dalam rangkaian dataran tinggi Dieng, Kabupaten Temanggung tak hanya dianugerahi panorama pegunungan yang cukup menawan namun juga memiliki berbagai macam potensi bisnis yang cukup menjanjikan.

Berbatasan langsung dengan Kabupaten Kendal dan Semarang di bagian utara, Kabupaten Wonosobo di sebelah barat, Kabupaten Magelang di sisi selatan, serta Kabutapen Semarang dan Magelang di sebelah timur, daerah yang dikenal sebagai salah satu sentra penghasil tembakau ini memiliki luas wilayah sekitar 870,23 km2. Dari seluruh wilayah yang dimiliki Kabupaten Temanggung, sebagian besar wilayahnya merupakan dataran tinggi dan pegunungan. Sehingga tidak heran bila komoditas unggulan daerah tersebut yaitu dari sektor pertanian.

Nah, untuk mengenal lebih jauh tentang potensi bisnis Kabupaten Temanggung, berikut ini kami informasikan beberapa produk komoditas unggulan yang bisa kita temui di daerah tersebut.

Keripik dan Stik Talas
Memiliki kondisi tanah yang relatif subur, Kabupaten Temanggung ternyata mampu menghasilkan produk komoditas di sektor pertanian yang cukup melimpah. Salah satunya saja seperti potensi ubi talas yang mulai diolah menjadi beragam jenis makanan ringan dengan cita rasa yang gurih dan juga renyah. Di daerah ini, ubi talas diolah warga Kelurahan Manding menjadi camilan keripik, sedangkan di Kelurahan Purworejo (Kabupaten Temangggung) ubi-ubi tersebut diolah menjadi stik talas yang sekarang ini keduanya telah merambah luar daerah. Seperti misalnya Purwokerto, Yogyakarta, Kudus, Denpasar, Cilegon, dan lain sebagainya.

Potensi Kopi Temanggung
Dikenal sebagai salah satu penghasil tanaman kopi terbesar di Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Temanggung memiliki potensi kopi kualitas ekspor. Beberapa kecamatan penghasil kopi di Daerah Temanggung yang cukup terkenal antara lain Kecamatan Candiroto, Kandangan, Bejen, Jumo dan Kecamatan Wonoboyo. Kebanyakan petani di daerah tersebut lebih memilih menjual hasil panennya dalam bentuk biji dibandingkan kopi bubuk. Kondisi tersebut disebabkan oleh minimnya modal dan keterampilan petani dalam mengolah kopi, karena menjual kopi dalam bentuk bubuk membutuhkan modal, tenaga, dan proses pengolahan yang lebih lama.

Potensi Bisnis Ternak Sapi dan Domba
Selain sektor pertanian, potensi bisnis yang cukup menjanjikan di Daerah Temanggung adalah usaha ternak sapi dan domba. Peluang bisnis ini memiliki prospek yang cukup cerah dan bernilai ekonomi tinggi manakala dikelola secara  baik dan benar. Menurut hasil pemantauan di lapangan, sekarang ini rata-rata masyarakat khususnya di pedesaan sekitar Kabupaten Temanggung lebih memilih usaha ternak sapi dan domba untuk menambah penghasilan mereka setiap bulannya.

Kerajinan Gerabah Tanah

gerabah tahah liat
gerabah tahah liat

Tak hanya memiliki tekstur tanah yang cukup subur, Kabupaten Temanggung ternyata juga memiliki persediaan tanah liat yang cukup banyak. Tidak heran bila di Kabupaten Temanggung sendiri bisa kita temukan beberapa sentra penghasil gerabah tanah. Seperti misalnya di Desa Tegowanuh Kecamatan Kaloran dan Desa Kundisari Kecamatan Kedu yang menghasilkan kreasi kerajinan gerabah tanah yang meliputi pot bunga, kwali, tungku, blengker, mebel tanah liat, serta beberapa mainan berbentuk kodok dan binatang lainnya. Sedikitnya sekarang ini ada sekitar 158 unit usaha gerabah tanah di Kabupaten Temanggung yang setiap tahunnya mampu memproduksi 105.000 buah kerajinan gerabah tanah.

Melihat Kabupaten Temanggung potensi bisnisnya kian melambung, tidak menutup kemungkinan bila kedepannya kondisi perekonomian di daerah tersebut semakin hari kian meningkat dan kesejahteraan masyarakat setempat juga diharapkan turut terangkat. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://www.temanggungkab.go.id/images/img/stik1.jpg
2. http://images.detik.com/content/2013/01/07/1383/135337_pasar2.jpg

2 Komentar

  1. saya di daerah boyolali, pas dibawah gunung dan udaranya sgt dingin,usaha apa yg kiranya co2k bwt saya. Makasih

Comments are closed.