Kafe Sehat di Jogja, Tawarkan Menu Sayur dan Buah Segar!

Kafe sehat merupakan salah satu konsep yang belakangan ini menjadi tren di Indonesia. Kalau kita tarik secara garis besar, konsep resto atau kafe sehat hadir untuk memfasilitasi orang-orang yang sudah dan mulai peduli dengan gaya hidup sehat. Di era yang serba ada ini menerapkan gaya hidup sehat sebenarnya susah susah gampang. Makin banyak comfort food yang bisa menimbulkan efek kurang baik bagi kesehatan baik fisik mau mental. Salah satunya adalah indulgence food.

Kategori ini berkaitan dengan makanan yang dapat memberikan kepuasan diri. Dimana kepuasan diri tidak akan terpenuhi sebelum mengonsumsi makanan yang diinginkan. Kenikmatan hanya akan tercapai lewat makanan tertentu yang diidamkan. Indulgence food dapat memicu timbulnya adiksi jika konsumsinya tak terkontrol. Adiksi yang dimaksud yaitu kondisi di mana tubuh sudah tak sanggup lagi menahan keinginan untuk makan jenis makanan tertentu. Pada saat mengidamkan steak misalnya. Saat itu juga, harus segera makan steak, sekalipun dalam keadaan tidak lapar. Kondisi seperti ini sebaiknya segera ditangani dengan cara mengonsultasikannya ke dokter. Sebab jika tidak, adiksi dapat mengakibatkan compassive over eating atau lapar mata.

Kafe Sehat Pilihan Tepat untuk Gaya Hidup Sehat

Maka dari itu kafe sehat bisa menjadi salah satu pilihan untuk menyeimbangkan konsumsi makanan sehat dan bergizi untuk tubuh. Kalau di wilayah negara-negara Barat kafe sehat bukan menjadi sesuatu hal yang eksklusif. Sudah makin banyak orang yang menerapkan gaya hidup sehat dalam kesehariannya. Tapi kalau di Indonesia kafe sehat menjadi salah satu hal yang eksklusif karena belum banyak orang yang sudah dan mulai peduli dengan gaya hidup sehat.

Kalau kita lihat data statistik di Indonesia terjadinya kesakitan dan kematian saat ini prosentasenya lebih tinggi disebabkan oleh PTM atau penyakit tidak menular dibandingkan penyakit menular. Beberapa PTM yang menyebabkan kesakitan dan kematian itu disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat. Seperti obesitas, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2. Bahkan penyakit-penyaki tersebut sudah dialami oleh usia muda di bawah 40 tahunan. Sebab utamanya adalah kurangnya aktivitas fisik, kurangnya konsumsi makanan dan minuman berigizi, dan manajemen stres yang kurang baik.

Berbicara soal gaya hidup sehat pastinya tidak akan lepas dari peran bisnis Food and Beverages yang punya peran penting dalam menciptakan value dan tren untuk banyak orang. Salah satunya adalah bisnis kuliner yang mengusung tema kafe sehat untuk mengenalkan ke pada pasar tentang pola hidup sehat. Selain dari segi bisnis menguntungkan, konsep ini juga bisa menjadi value yang unik dan bermanfaat bagi banyak orang.

Pagi Padi Mentari Kafe Sehat Tersembunyi di Jogja

Peluang dari adanya wacana untuk memberikan edukasi dan mengajak lebih banyak orang untuk menerapkan pola hidup sehat inilah yang kemudian dikembangkan oleh Heri Candra dengan menciptakan kafe sehat di Jogja. Pagi Padi Mentari, itulah kafe sehat yang Heri bangun belum lama ini di salah satu sudut tersembuyi di Jogja. Diakui oleh Heri alasannya membuka Pagi Padi Mentari adalah untuk mengajak dan memberikan wawasan kepada lebih banyak orang untuk mengenal dan menerapkan gaya hidup sehat. Selain memang Heri sendiri juga sudah lama menerapkan healthy life.

Sesuai namanya, kafe sehat Pagi Pagi Mentari ingin memberikan good experience ke pada tamu yang datang seputar gaya hidup sehat. Mulai dari jam operasionalnya di pagi hari, saat mentari mulai terbit dari timur. Pemandangan sekitar kafe yang dikeliligi tumbuhan padi, serta pancaran hangat mentari di tiap sudut kursi. “Kenapa namanya Pagi Padi Mentari, sebenarnya saya ingin memberikan pengalaman yang penuh dengan hal positif ke pada tamu yang datang. Ketika hidup kita di hari ini dimulai dengan pagi hari yang baik pasti untuk waktu-waktu setelahnya juga akan terasa baik. Mulai dari makanan dan minuman sehat yang dikonsumsi sampai pemandangan dan udara segar yang dinikmati,” tambah Heri.

Apa Kelebihan Pagi Pagi Mentari?

Satu-satunya kafe sehat di Jogja yang mengusung konsep green space dan homey ini punya beragam menu sehat baik itu makanan mau pun minuman. Sebenarnya menu utama yang disediakan di Pagi Padi Mentari adalah aneka jus tanpa air, gula, dan konsentrat. Layaknya juice bar di luar negeri yang benar-benar menyajikan jus segar tanpa campuran pemanis. Justru bahan alami seperti daun mint, jahe, kunyit, dan sereh yang menjadi bahan campuran untuk menghadirkan cita rasa yang lebih pas. Selain jus buah, ada juga menu salad sehat. Mulai dari western salad seperti chicken salad, tuna salad, beef salad, sampai Indonesian salad seperti pecel dan gado-gado.

Selain menu jus dan salad, Pagi Padi Mentari juga menyediakan menu lain yang melalui tahap pengolahan masakan lebih kompleks. Seperti nasi campur, lontong sayur, sampai sop iga dengan tetap mengutamakan pengolahan dengan campuran dan bahan yang sehat. Menu tersebut memang sengaja disediakan untuk mengakomodir tamu yang belum terbiasa dengan menu lebih sehat tanpa dimasak. Kesan yang ingin diciptakan kafe sehat Pagi Pagi Mentari untuk tamu yang datang adalah merasa seperti menjadi tamu di rumah orang terdekat. Ada rasa nyaman, hangat, dan enjoy ketika berkunjung dilengkapi dengan sajian menu sehat yang bisa dipilih sendiri.

Tantangan Menjalani Bisnis Kafe Sehat

Diakui oleh Heri, bisnis yang dijalankannya ini sebenarnya sudah dicoba di Bali dengan target konsumen adalah para pelancong dari berbagai negara di dunia. Bisnisnya berjalan dengan baik, tapi karena satu dan lain hal termasuk pandemi covid19 ini Heri akhirnya memutuskan untuk kembali ke kota asalnya Jogja untuk mencoba peruntungan yang sama. Tantangan dari menyasar market foreign menjadi market lokal pastinya ada. Tapi siapa sangkat ternyata di Jogja sendiri sudah makin banyak orang-orang yang sadar akan gaya hidup sehat. Buktinya baru satu dua tiga bulan beroperasi, Pagi Padi Mentari sudah banyak diminati oleh warga Jogja dan sekitarnya.

Tapi memulai bisnis kuliner di tengah pandemi memang bukan suatu yang mudah. Hal ini juga dirasakan oleh Heri dalam perjalanannya membangun Pagi Padi Mentari. Tantangan yang harus dihadapi adalah membatasi tamu yang datang karena semua orang harus saling jaga dengan menaati protokol kesehatan yang ada. Maka dari itu Heri juga menyediakan layanan delivery melalui aplikasi pesan antar untuk lebih memudahkan konsumen dan jangkauannya juga bisa lebih luas. Ke depannya Heri juga berencana akan membuka lebih dari satu outlet kafe sehat Pagi Padi Mentari. Tujuannya supaya makin banyak orang yang kenal dan mau menerapkan gaya hidup sehat.

Persaingan Bisnis

Kalau di Jogja udah banyak banget bisnis kedai kopi kekinian yang segmennya anak-anak muda. Tapi belum banyak konsep green space dengan menawarkan aneka menu sehat. Sebagai pelopor juice bar di Jogja, Heri juga berharap akan makin banyak kafe sehat lain yang bermunculan agar makin banyak juga agen yang mengajak orang-orang untuk menerapkan gaya hidup sehat.

“Semoga makin banyak kafe sehat yang bermunculan, kita bisa bersaing secara sehat. Jangan takut nanti kalah saing. Produk boleh sama, tapi personal touch pasti akan beda. Itulah value yang saya sendiri akan terus pertahankan dan makin dikuatkan,” tutup Heri Candra.

Itulah kisah seputar binsis kafe sehat Pagi Padi Mentari yang semoga bisa menjadi inspirasi kamu untuk terus semangat dalam menjalankan usaha. Bagikan juga kisah ini ke teman kamu yang lain supaya makin banyak orang yang terdorong untuk menjalankan bisnis ya.

Ikuti terus inspirasi menarik seputar bisnis hanya di BisnisUKM.com

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba