Kamu Mau Bisnis Fashion? Ini Kekurangan dan Kelebihan Bisnis Fashion

Sudah tahu belum kekurangan dan kelebihan bisnis fashion? Nah kalo kamu punya bisnis fashion atau mau terjun dalam bisnis fashion wajib banget kamu ketahui kekurangan dan kelebihan bisnis fashion. Mempelajari kekurangan dan kelebihan bisnis fashion bukan berarti mencari titik kelemahan. Namun memahami apa yang menjadi kekurangan untuk dievaluasi dan menyiapkan strategi yang sesuai.

Setiap bisnis pastinya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tak terkecuali dengan bisnis fashion yang satu ini. Apapun jenis bisnisnya harapannya ketika memulai sebuah bisnis tidak asal-asalan mengikut trend saja. Tidak tergesa-gesa apalagi hanya sekedar ikut-ikutan tanpa persiapan matang dan memahami seluk beluk bisnis fashion.

Tentu hasil yang akan didapat tidak akan maksimal jika melakoni sebuah bisnis namun tidak dibarengi dengan riset. Yang ada hanyalah membuang waktu dan kerugian. Untuk dapat memahami dengan betul seluk beluk dari bisnis fashion ini perlu kamu ketahui apa saja kekurangan dan kelebihan bisnis fashion. Dengan begitu kamu akan dengan mudah menyiapkan strategi untuk menghadapi kendala dan resiko di masa mendatang.

Berbisnis apapun pasti akan ada kekurangan dan kelebihan, nah begitu pula dengan bisnis fashion ini. Berikut ini adalah beberapa point kekurangan dan kelebihannya.

Kekurangan Bisnis Fashion

Saingan Banyak

Seperti yang sudah kita ketahui bersama jika bisnis yang satu ini cukup digandrungi oleh para pebisnis. Banyak yang sudah mulai terjun dalam bidang ini. Mengingat peluang dan prospeknya yang sangat cerah. Didukung pula dengan trend fashion yang terus berkembang dengan sangat cepatnya menjadikan banyak yang tertarik terjun dalam bidang bisnis.

Maka sudah bukan hal baru lagi jika kita sering kali menemukan toko fashion dimana pun berada. Baik toko online maupun offline kini sedang menjamur dimana-mana. Dengan banyaknya para pesaing ini tentu jika kamu tidak menyiapkan strateg ampuh untuk menghadapinya maka kamu akan kalah dalam persaingan.

Repeat Order Kecil

Pakaian sifatnya tahan lama sehingga dipakai dalam jangka waktu lama. Maka tidak heran jika tingkat repeat ordernya cukup kecil. Jika kamu tidak pandai dalam mengikuti trend dan menyediakan produk baru atau membuat produk baru maka kamu akan terhenti dan tidak bisa bersaing di pasaran. Dan yang pasti konsumen tidak ada minat untuk membeli jika barang tidak update dan kamu juga tidak melakukan kreasi dan inovasi pada bisnis kamu.

Biaya Marketing Mahal

Marketing adalah salah satu kunci dalam sebuah bisnis, terutama bisnis fashion. Tanpa adanya marketing penjualan tidak akan berjalan dengan lancar. Fashion saat ini memang ampuh jika ditunjang dengan adanya promosi. Terutama influencer dan endorse sangat membantu menaikkan produk dan menjangkau pasar lebih luas. Namun seperti yang kita ketahui jika membayar selebgram tentu tidak murah.

Terutama jika ingin menarik atensi secara alami para konsumen butuh waktu yang tidak sebentar. Karena jika terlalu lama pun akan kurang baik untuk kondisi produk kamu karena semakin lama juga akan dikejar oleh trend fashion.

Update Trend Cepat

Bisnis fashion memang tidak akan basi, namun semakin lama jika barang tidak laku akan ketinggalan trend. Maka sudah jelas orang akan melirik fashion trend kekinian terbaru.

Nah untuk mengatasi hal tersebut kamu harus pandai dalam memasarkan produk dengan cara yang menarik dan unik. Dan jika ada barang yang belum terjual maka kamu harus cepat bergerak dengan mengadakan sale atau diskon.

Selain untuk menghabiskan stok gudang cara ini juga sebagai cara untuk memperkenalkan produkmu agar mudah dikenal oleh konsumen. Bukankah semua orang sangat menyukai dengan promo dan diskon? tentu moment tersebut sangat cocok digunakan untuk menarik para konsumen.

Kelebihan Bisnis Fashion

Tidak Memiliki Kadaluarsa

Kelebihan dari bisnis fashion atau pakaian karena barang tidak akan cepat basi. Tidak seperti kuliner yang mana memiliki waktu yang sangat singkat. Sehingga jika dalam kurun waktu tidak habis maka akan membuang banyak modal. Maka akan lebih banyak mengalami kerugian jika dibandingkan dengan bisnis fashion. Jadi sudah pasti bisnis fashion ini adalah pilihan bisnis yang tepat.

Banyak Peminat

Seperti yang kita tahu bahwa fashion atau pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Sehingga sudah pasti setiap harinya akan dicari oleh masyarakat. Terutama oleh kaum wanita, bahkan kini tak harus menunggu membutuhkan pakaian.

Wanita adalah makhluk konsumtif terutama dalam hal fashion sehingga akan mudah membeli barang meski tidak butuh. Terutama jika ada fashion baru yang sedang trend dan muncul pasti mereka akan berburu barang tersebut. Tentu ini karena mereka tak mau ketinggalan

Distribusi Mudah

Bisnis fashion adalah bisnis yang tidak akan ada masa kadaluarsa yang mana akan cepat basi seperti halnya kuliner. Sehingga sangat mudah dalam proses pendistribusian. Meskipun di kirim dari jarak jauh dan dalam jangka waktu yang lama pakaian akan tetap aman sampai tujuan.

Penyaluran Hobi

Kebanyakan para pengusaha fashion ini adalah penyuka fashion dan trend yang memiliki hobi atau kegemaran dalam mendesain pakaian. Tak sedikit pula yang mengawali bisnisnya ini dari hobinya membeli barang-barang fashion. Maka tak heran jika banyak para pebisnis yang sukses dan punya banyak karya karena mereka menyukai pekerjaan mereka.

Tak Harus Memiliki Toko Offline

Kemudahan lain yang dimiliki bisnis fashion ini adalah tidak perlu toko offline. Meski kedepannya membutuhkan demi kemajuan dan perkembangan bisnis. Namun sekarang ini di era modern yang semuanya serba digital berjualan pakaian bisa dilakukan secara online dengan memanfaatkan sosial media.

Itu adalah beberapa point tentang kekurangan dan kelebihan dari bisnis fashion yang wajib kamu ketahui sebagai pelaku bisnis fashion atau bahkan kamu yang baru akan memulai bisnis ini. Semoga dapat membantu memberikan inspirasi dan pengetahuan tentang fashion. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba