Pemasaran

Marketing Online Punya Kelebihan dan Kelemahan Ini

marketing-online-punya-kelebihan-dan-kelemahan-iniPentingnya Marketing Online di Era Milenial

Marketing online di masa sekarang menjadi salah satu kebutuhan pokok untuk pelaku bisnis. Bagi para pelaku usaha kecil menengah, setiap uang yang dikeluarkan sekecil apapun itu bisa dikatakan sangatlah berharga. Sehingga dalam hal promosipun mereka harus memilih strategi promosi yang tepat untuk mendatangkan keuntungan terbaik dari investasi yang mereka keluarkan.

Pemasaran online muncul sebagai salah satu media yang paling inovatif bagi pelaku usaha kecil untuk mempromosikan produk dan layanan mereka ke khalayak ramai. Bahkan saat ini tidak hanya UKM saja yang terbantu oleh pemasaran online, banyak pemilik usaha terkemuka yang ikut mendapatkan peningkatan penjualan karena mereka mempromosikan bisnisnya di internet. Melalui fakta ini jelas menunjukkan bahwa siapapun tidak boleh melewatkan kemudahan marketing melalui media online, setuju?

Adanya internet marketing telah menjadi sebuah metode yang paling efisien dalam layanan penjualan produk maupun jasa. Profesi yang berkaitan dengan internet marketer pun mulai menjamur sesuai dengan kebutuhan saat ini. Namun, sebelum memutuskan terjun menggunakan promosi online, simak terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan strategi pemasaran online berikut ini.

Kelebihan Marketing Online

1. Aksesnya luas

Pemasaran bisnis online akan memberikan akses yang luas dari pelanggan potensial. Sudah diperkirakan bahwa beberapa miliar orang yang tersebar di seluruh dunia pasti menggunakan internet setiap harinya. Sehingga banyak pemasaran bisnis bagi sebuah kelompok besar hanya melalui internet.

2. Dapat melintasi batas geografis

Internet merupakan satu-satunya media yang dapat melintasi batas-batas geografis serta nasional. kamu bisa menempatkan iklan di internet dan seluruh masyarakat di seluruh dunia pun bisa melihat iklan tersebut.

3. Biaya yang dikeluarkan lebih murah

Biaya yang harus kamu keluarkan untuk mempromosikan bisnis di internet juga jauh lebih murah jika dibandingkan media pemasaran lainnya. Hal inilah yang memudahkan para pelaku bisnis kecil dan menengah untuk mengenalkan produk mereka.

Eits, bahkan dengan biaya nol rupiah, kamu juga bisa melakukan internet marketing. Itulah kenapa ada profesi sebagai content marketing. Itu lho, mereka yang mengelola Instagram (misalnya) sehingga bisa terjadi transaksi. Menarik sekali ya?

4. Bisa terus terhubung dengan pelanggan

Internet memungkinkan kamu untuk selalu terhubung dengan pelanggan secara real time. Jika kamu menerapkan sistem diskon, kamu juga bisa dengan mudah mengirimkan email ke pelanggan dan mereka pun bisa langsung membeli produk kamu. Selain itu, internet juga memungkinkan kamu untuk bisa mengirimkan beberapa pesan di saat yang sama. Itu berarti bahwa kamu bisa mengirimkan newsletter kepada setiap pelanggan.

5. Mendapatkan feedback instan

Internet marketing dapat memungkinkan kamu untuk bisa mendapatkan umpan balik instan dari para pelanggan. Pelanggan bisa membiarkan kamu tahu tentang pengalaman yang mereka alami setelah menggunakan produk dan tersebut dan memungkinkan kamu untuk mengetahui apakah pelaku bisnis perlu membuat perbaikan layanan atau tidak.

Sekarang yang bisa kamu manfaatkan salah satunya adalah keberadaan google my business, itu lho review di google terkait bisnismu. Kalau kamu banyak dapat review positif, otomatis akan banyak orang yakin sama bisnismu bahwa bisnismu ga abal-abal.

6. Marketing online bisa menghemat waktu

Internet marketing atau pemasaran online juga bisa menghemat waktu. Seseorang bisa mendapatkan semua informasi mengenai produk maupun jasa melalui internet, dengan begitu pelanggan bisa mengetahuinya. Ini berlaku baik untuk penjual maupun pembeli. Pembeli bisa akses informasi kapan saja di mana saja, sama halnya penjual juga bisa bekerja kapanpun di mana pun. Sangat efisien waktu, kan?

7. Available 24 jam

Internet marketing juga memungkinkan bisnis yang kamu jalankan akan tersedia setiap hari selama 24 jam, itu berarti cara tersebut akan membantu meningkatkan penjualan dan keuntungan.

Kekurangan Pemasaran Online

1. Biaya awal marketing online cukup tinggi

Meskipun jangkauan untuk pemasaran online sangat luas, namun biaya awal yang dibutuhkan untuk sebuah situs bisa saja tinggi. Semua itu termasuk biaya perangkat lunak yang diperlukan dan hardware serta biaya untuk pemeliharaan. Tapi tenang, semakin banyak massa yang berhasil kamu gandeng, lama-lama biaya iklan juga bisa turun bahkan tidak perlu iklan. Yang paling penting adalah maksimalkan usahamu di awal untuk membuat lebih banyak orang mengetahui eksistensimu.

2. Masih ada pelanggan yang lebih suka offline store

Masih banyak para pelanggan yang menggunakan media tersebut hanya untuk memiliki informasi lebih lanjut mengenai produk dan mereka lebih memilih untuk membelinya secara offline. Meskipun kamu sudah biasa belanja online, pasti kamu juga akan merasa lebih aman bila belanja langsung melihat store dan barang, kan? Tidak bisa dipungkiri, kejahatan yang dimanfaatkan oknum tertentu membuat beberapa orang lebih suka transaksi ada barang ada uang. Karena dengan begitu bisa menekan kerugian, setuju?

3. Terdapat pelanggan yang tidak mahir pakai internet

Banyak para pelanggan yang tidak mahir menggunakan internet sehingga hal itu bisa menyebabkan kamu kehilangan para pelanggan. Kalau milenial mungkin tidak perlu diragukan lagi kemampuan berselancar di dunia maya. Berbeda dengan generasi di atasnya yang mungkin belum terlalu familiar dengan internet marketing. Itulah kenapa beberapa kalangan usia lebih suka beli langsung daripada online. Setuju kan sama fakta ini?

4. Perubahan perdagangan online

Adanya aturan perubahan perdagangan yang terus berkembang dalam pemasaran online. Semua itu pastinya membutuhkan suatu perhatian konstan dan pemantauan demi memastikan bahwa strategi pemasaran online yang kamu jalankan tidak terlihat out of date. Media online pergerakannya sangat cepat, pastikan kamu bisa mengikuti perkembangannya ya!

5. Rentan kegiatan penipuan

Kerugian terbesar dari pemasaran online merupakan kerentanan terhadap segala kegiatan penipuan. Banyak sekali website yang tidak sah terlihat di situs-situs asli dan mereka merampok uang para pelanggan. Spamming juga menjadi salah satu tantangan terbesar bagi pemasaran online dan data rahasia pun akan dengan mudah dicuri oleh hacker.

6. Tidak bersentuhan langsung dengan klien

Pemasaran online tidak mempunyai sentuhan manusia secara langsung saat pelanggan membeli produk. Hal itu tentu saja akan menghambat prospek membangun hubungan yang memainkan peranan penting di dalam penjualan konstan. Untuk itu, perlu cara-cara cerdas supaya meskipun transaksi secara online, sebagai penjual tetap bisa menjaga hubungan baik dengan konsumen. Kalau antara penjual dan konsumen attachment-nya baik, kedua pihak ini sama-sama enak. Selain itu juga bisa membantu dalam masalah repeat order oleh pelanggan setia yang sudah sangat percaya bahwa kamu penjual yang trusted.

7. Rentan kesalahan teknis

Pemasaran online sangat bergantung pada teknologi sehingga sangat rentan terhadap kesalahan teknis. Untuk itu sebagai pengguna teknologi yang makin maju, tidak bisa percaya begitu saja, harus tetap teliti untuk meminimalisir kesalahan yang besar.

Meskipun ada beberapa tantangan yang harus kamu hadapi dengan pemasaran online, namun percayalah bahwa internet marketing sangat berguna dan bisa dioptimalkan untuk mendongkrak penjualan bisnismu. Siapa yang sudah mulai optimalisasi digital marketing nih? Ada yang mau share pengalamannya? Kami tunggu di kolom komentar, ya! Mari saling berbagi inspirasi positif.

Sumber gambar : Unsplash.com/Austin Distel (https://unsplash.com/photos/gUIJ0YszPig)