Bincang Bisnis, Inspirasi Bisnis, Kategori Lainnya

Kamu Wajib Baca, 5 Tips Sukses Memulai Bisnis Khusus Pemula

kamu-wajib-baca-5-tips-sukses-memulai-bisnis-khusus-pemula

sumber gambar: Unsplash.com/bruce mars

Ketika seseorang ingin menjalankan bisnis untuk pertama kalinya, seringkali terkendala sama yang namanya ‘ketakutan untuk memulai’. Padahal, yang menentukan seseorang berhasil atau tidak adalah langkah pertama yang diambil. Jangan ragu untuk mengambil langkah untuk memulai. Berikut ini kami akan menyampaikan beberapa tips supaya kamu nggak perlu ragu lagi untuk memulai bisnis.

Tips Sukses Memulai Bisnis Bagi Kamu Yang Serius Ingin Jadi Enterpreneur

tips-sukses-memulai-bisnis

sumber gambar: Unsplash.com/William Iven

Siapa sih yang nggak mau jadi orang sukses sejak dini? Sekarang orang sukses bisa dari berbagai kalangan usia. Lewat fenomena ini, kita sama-sama ambil pelajaran kalau kesuksesan nggak memandang usia. Semakin dini merintis usaha, semakin dini pula seseorang bisa sukses. Nggak ada kata terlalu muda untuk memulai. Begitu pula nggak ada kata terlambat untuk menjalankan bisnis.

Berikut ini tips sukses memulai bisnis khusus pemula:

1. Mulailah bisnis dari hal yang memang kamu sukai

awali-bisnis-dari-hobi

sumber gambar: Unsplash.com/Steve Johnson

Nggak sedikit orang yang mengawali bisnis mereka dari kesukaan. Melalui hobi, semua yang kamu lakukan akan terasa lebih mudah dan menyenangkan. Bekerja dari hobi memang dambaan semua orang, apalagi jika hobi itu bisa mendatangkan pundi-pundi uang.

Daripada kamu memulai bisnis hanya karena menyontek orang lain tapi kenyataannya kamu tidak punya keahlian/kompetensi, itu akan menghambat prosesmu. Kalau berawal dari hobi, semua terasa muda. Kamu bisa lekas ekseksusi, karena kalau belum menguasai perlu mempelajari terlebih dahulu dan mendalami sesuatu biasanya memakan waktu lama.

2. Harus fokus pada satu tujuan/peluang

harus-fokus-pada-peluang

sumber gambar: Unsplash.com/Stefan Cosma

Fokus merupakan salah satu tindakan yang memang sulit dilakukan. Apabila kamu serius ingin sukses dengan yang kamu jalani, maka kamu harus komitmen sedari awal kalau kamu akan fokus mengejar tujuan. Yang dimaksud fokus di sini adalah tidak terbuai dengan ide random yang mungkin sewaktu-waktu akan menghampiri. Ide/peluang itu bisa kamu jadikan sebagai cadangan untuk bisnis selanjutnya jika yang kamu jalankan saat ini sudah benar-benar kokoh berdiri. Jangan bagi fokusmu karena itu hanya akan membuat hasil yang kamu dapat jadi tidak maksimal.

3. Kegagalan adalah hal biasa, tetaplah melangkah

kegagalan-bukan-masalah

sumber gambar: Unsplash.com/Estée Janssens

Nggak ada satu pengusaha pun yang ingin mengalami kendala dalam berbisnis. Tapi, kendala dan hambatan merupakan hal mutlak yang pasti terjadi dalam segala aspek kehidupan, termasuk bisnis. Bahkan, dalam bisnis memang dibutuhkan tantangan. Kalau tidak ada tantangan yang menghadang, bisnismu bisa-bisa hanya akan jalan di tempat. Dengan adanya kesulitan selama proses mencapai tujuan, itu yang nantinya akan mengajarkanmu untuk menjadi lebih baik lagi setiap harinya.

4. Tidak perlu malu belajar dari orang lain

jangan-gengsi

sumber gambar: Unsplash.com/You X Ventures

Terkadang, kendala lainnya dari seorang pebisnis adalah gengsi untuk bertanya-tanya sama yang lebih ahli. Padahal, harusnya tidak perlu malu apalagi ragu untuk sharing. Soalnya kalau bertanya sama orang yang tepat, kamu bisa dapat informasi yang sangat bermanfaat untuk kelangsungan bisnismu. Mungkin ada informasi penting yang hanya akan kamu peroleh jika sharing dengan sesama pelaku bisnis. Jadi, apakah kamu yakin masih mau malu-malu apalagi gengsi buat sharing? Because sharing is caring.

5. Talk less, do more

talk-less-do-more

sumber gambar: Unsplash.com/Bench Accounting

Jangan cuman sekadar bilang kalau kamu mau menjalankan bisnis. Semua yang kamu ucapkan itu perlu pembuktian. Lebih baik memang lebih banyak bertindak daripada banyak bicara. Memang, ketika kamu berbisnis itu penting untuk mengabarkan idemu dan meminta dukungan, tapi bukan ajang untuk menunjukkan siapa yang bermulut besar.

Jangan sampai ada yang menganggapmu menyebalkan karena terlalu banyak wacana yang nggak pernah direalisasikan. Pokoknya semangat untuk eksekusi apapun yang menjadi ide bisnismu ya! Kunci awal kesuksesan adalah eksekusi. Tanpa eksekusi, idemu hanya angan kosong.

6. Tahu kapan memang benar-benar harus mengakhiri

tahu-kapan-harus-berhenti

sumber gambar: Unsplash.com/Jamie Templeton

Ketika seseorang memutuskan untuk berhenti berusaha, bukan berarti dia menyerah. Justru itu artinya dia tahu kapan harus tetap meneruskan dan kapan harus mengakhiri. Semakin kamu memahami makna berbisnis yang sesungguhnya, kamu jadi tahu apakah yang sedang kamu jalankan memang bisa mencapai tujuan itu. Bila sebaliknya, memang tidak ada jalan lagi dan hanya membuatmu merasa terpuruk, mungkin waktunya kamu berhenti dari jalan itu dan mencoba lewat jalan lain.

Apapun yang sedang kamu kerjakan saat ini, semoga selalu membuatmu merasa bahagia dengan apa yang kamu kerjakan. Apabila kamu tidak bahagia, coba cari tahu apa penyebabnya. Kalau sudah tahu, segeralah cari solusi.

Semoga artikel mengenai tips sukses ini bermanfaat ya. Jangan lupa bahagia karena kamu pantas untuk itu.