Bincang Bisnis, Inspirasi Bisnis

Tertarik Buka Bisnis Fashion? Perhatikan 5 Informasi Penting Ini

perhatikan-tokomu

sumber gambar: Unsplash.com/Lauren Fleischmann

Kamu merupakan pribadi yang nggak suka dikekang? Mau punya bisnis sendiri sebagai sumber penghasilan? Tenang, ada banyak jalan menuju Roma, sama halnya ada banyak cara supaya bisa sukses. Terdapat banyak peluang bisnis di berbagai bidang baik makanan, minuman, hingga fashion.

Biasanya kalau kamu tertarik dengan bisnis ini, maka kamu akan lebih mudah dalam menjalankannya bukan? Maka, kali ini kita akan memaparkan 5 informasi penting terkait cara-cara supaya bisnis di bidang fashion ini bisa sukses. Bagaimana caranya ya, apakah kamu penasaran?

Tips Supaya Bisnis Fashionmu Bisa Sukses Kayak Yang Lain

Ketika kamu seseorang yang gandrung sama urusan fashion, pasti kamu punya pemikiran untuk terjun kerja di dunia fashion juga kan? Sebelum itu, perhatikan tips ini yuk supaya kamu makin mantap  dan siap menjalankan bisnis di bidang ini.

1. Lakoni bisnis yang memang kamu kuasai

Kamu merasa paham mengenai dunia fashion? Cocok banget terjun ke dunia bisnis satu ini. Pasalnya, kalau kamu melakoni bisnis yang memang sudah kamu ketahui secara luas, itu akan memudahkanmu saat eksekusi. Terkadang, seseorang dengan ide bisnis tersandung oleh kurangnya pengetahuan. Memang, segala sesuatu itu bisa dipelajari. Tapi, dengan modal pengetahuan yang sudah mumpuni, itu akan sangat memudahkan kamu dalam eksekusi. Selain itu kamu jadi lebih hemat waktu karena nggak perlu belajar secara penuh di awal. Kalau ingin menambah ilmu bisa sambil jalan.

2. Harus mengikuti trend fashion

Fashion itu merupakan bisnis yang perlu kemampuan untuk selalu up to date sama trend terbaru. Memang, orang yang melakoni bisnis ini nggak perlu memikirkan expired seperti pebisnis kuliner. Nah, tapi kamu harus selalu memantau pergerakan selera fashion dari waktu ke waktu karena sangat cepat. Jangan sampai kamu menyediakan produk yang sudah ketinggalan jaman.

3. Penetapan harga harus sesuai

Siapa yang mau membeli barang yang terlalu mahal dengan kualitas rata-rata? Kamu harus pandai menentukan harga. Jangan mematikan rejeki sendiri dengan asal pasang harga. Bisa-bisa kamu kalah saing sama toko sebelah yang lebih tahu soal urusan harga. Ketika pasang harga, kamu perlu mengetahui harga model serupa di tempat lain. Dengan begitu kamu tahu harga paling cocok untuk produkmu supaya tetap worth to buy. Ingat, konsumen nggak bodoh. Apalagi konsumen fashion. Sekali kamu melakukan kesalahan, akibatnya bisa fatal.

4. Berikan kesan WOW melalui toko maupun toko online-mu

Jaman serba media sosial ini menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku bisnis, tidak terkecuali bisnis fashion. Kalau kamu punya toko, maka desain dengan mengutamakan estetika. Nggak cuman kafe atau restoran yang perlu memperhatikan desain interior, toko baju juga perlu biar pengunjung juga betah dan mendapatkan kesan yang baik dari tokomu.

Selain itu, jika kamu menjalankan bisnis melalui toko online, kamu juga perlu memperhatikan estetika sebagai contoh seperti kalau di Instagram adalah feed-nya. Feed Instagram yang bagus membuat calon pelanggan betah buat stalking.

5. Tawarkan promo menarik

Siapa sih di dunia ini yang nggak suka sama yang namanya promo? Kamu juga bisa menerapkan cara ini pada bisnis fashion-mu supaya banyak dilirik calon pembeli. Promo nggak perlu muluk-muluk. Waktu terbaik memberikan benefit bagi pembeli seperti ini adalah saat opening. Siasat ini juga bisa dilakukan saat kamu merasa memang butuh menarik atensi masyarakat alias meningkatkan brand awareness masyarakat atas produkmu.