Manajemen UKM

Karakter Pengusaha Sukses Yang Bisa Mengelola Keuangannya

SHARE YUK!

tips mengatur keuangan usahaPada dasarnya setiap orang memiliki peluang yang sama untuk bisa sukses menjadi seorang pengusaha. Meski tak harus bermodal besar, tak wajib memiliki garis keturunan dari pengusaha kaya, serta tak harus menempuh pendidikan di luar negeri untuk bisa sukses di dunia usaha. Namun, yang terpenting setiap pengusaha sukses harus bisa mengelola keuangannya dengan bijaksana.

Mengapa bisa begitu? Sebab, salah satu modal utama yang perlu dimiliki seorang pengusaha adalah “sikap keuangan” agar kedepannya bisnis yang dijalankan tak lantas gulung tikar di tengah ketatnya persaingan pasar.

Lalu, kira-kira apa saja sikap keuangan yang perlu dimiliki setiap pengusaha? Mari kita simak bersama karakter pengusaha sukses yang bisa mengelola keuangannya.

Pengusaha yang tak segan untuk “pelit”

Sebagai pelaku usaha, terkadang kita harus berlaku pelit untuk sesuatu yang tidak begitu penting. Kendati sikap ini tidak dibenarkan bila diberlakukan di luar bidang keuangan, namun sebagai pelaku usaha kita harus terbiasa tegas dan berkata “tidak” ketika mendapati pengeluaran atau pengajuan dana yang tidak terlalu penting. Poin in perlu Anda perhatikan agar keseimbangan kondisi keuangan usaha Anda bisa tetap terjaga.

Pengusaha yang teliti

karakter pengusaha yang bisa mengelola keuangan bisnisnyaSalah satu karakter pengusaha yang bisa sukses mengelola keuangannya adalah mereka yang teliti dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Ketelitian para pelaku usaha membuatnya tak mudah ditipu dan tidak mudah percaya dengan orang lain, sehingga tidak heran bila dalam mengelola keuangan usaha mereka juga cukup berkompeten.

Pengusaha yang sederhana

Sederhana yang kami maksudkan disini adalah menghindari sikap hedonis. Sebab, dengan menjauhkan diri kita dari kebiasaan atau gaya hidup yang cenderung boros, maka secara tidak langsung kita bisa dipercaya dalam mengelola keuangan usaha dan tidak loyal dalam membelanjakan keuangannya.

Dengan belajar dari ketiga karakter di atas, diharapkan para pelaku usaha di Indonesia bisa mengelola keuangan bisnisnya dengan bijak dan bisa memutar modal usaha untuk mendatangkan untung besar setiap bulannya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://cdn.sindonews.com/content/2012/07/18/33/659373/OdHFK1n1Mz.jpg
2. http://farm4.staticflickr.com/3805/9632336895_791cf02f10_b.jpg

SHARE YUK!