Kartu Nama, Sarana Promosi Bisnis Anda

name cardKita tentu sudah tidak asing lagi dengan benda yang disebut “kartu nama”. Namun sayangnya tidak semua orang mampu memanfaatkan kartu nama dengan baik. Sehingga keberadaan kartu nama hanya dianggap sebelah mata, formalitas, dan dibuat dengan desain yang kurang menarik.

Padahal, kartu nama bisa menjadi salah satu alat pemasaran yang cukup efektif untuk memperluas jaringan bisnis seorang pelaku usaha. Melalui sebuah kartu nama, pelaku usaha bisa mempromosikan bisnis dan produknya kepada khalayak ramai serta menginformasikan alamat atau contact person mereka kepada mitra kerja yang ditemuinya. Semakin banyak kartu nama yang dibagikan seorang pelaku usaha, maka semakin besar pula peluang sukses yang bisa tercipta.

Nah, untuk membantu para pelaku UKM dalam mengoptimalkan peranan kartu nama bagi perkembangan bisnisnya. Berikut ini kami informasikan beberapa tips penting yang perlu diperhatikan, agar kartu nama bisnis Anda menjadi alat pemasaran yang cukup handal.desain kartu nama

  1. Poin pertama yang perlu Anda perhatikan yaitu pemilihan desain kartu nama yang sesuai dengan brand image perusahaan Anda. Pilih warna menarik, dan sesuai dengan logo maupun lambang perusahaan yang Anda jalankan. Selain itu, gunakan font tulisan yang jelas agar informasi yang dicantumkan bisa terbaca dengan mudah.
  2. Berhubung ukuran kartu nama sangat terbatas yakni standarnya 9 cm x 5 cm, maka sebisa mungkin cantumkan informasi-informasi yang sekiranya cukup penting. Meliputi nama lengkap Anda, nama perusahaan Anda, alamat perusahaan, nomor telepon dan faksimile, alamat email, serta alamat website yang Anda miliki.
  3. Untuk mempermudah konsumen dalam mengingat bisnis Anda, sebisa mungkin cantumkan gambar atau logo perusahaan beserta slogan khusus yang menjadi ciri khas perusahaan Anda. Dengan begitu, konsumen maupun calon mitra kerja Anda semakin mudah mengenali bisnis Anda dan semakin yakin untuk membeli produk ataupun menjalin kerjasama dengan perusahaan Anda.
  4. Manfaatkan bagian belakang kartu nama untuk menambahkan informasi perusahaan yang tidak kalah penting. Misalnya saja seperti mencantumkan visi dan misi perusahaan Anda, beberapa gambar produk unggulan yang Anda miliki atau sekedar mencantumkan denah lokasi keberadaan tempat usaha Anda.

Meskipun kartu nama memiliki ukuran yang relatif kecil, namun peranan yang diberikan sangatlah besar untuk memperluas jaringan pemasaran bisnis Anda. Jadi, tidak ada salahnya bila mulai sekarang Anda mencoba mengoptimalkan pemanfaatan kartu nama, sebagai sarana promosi bagi bisnis Anda. Semoga tips pemasaran untuk pekan ini memberikan manfaat bagi para pembaca, dan membantu para pelaku usaha dalam memperluas peluang pasarnya. Mulai dari yang kecil, mulai dari yang mudah, mulai dari sekarang. Salam sukses.

Sumber gambar :
1. http://blogof.francescomugnai.com/wp-content/uploads/2008/09/biz26.jpg
2. http://www.munyie.com/picture/7671/3/0198_Template-kartu-nama-2.jpg

2 thoughts on “Kartu Nama, Sarana Promosi Bisnis Anda”

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba