Kemasan

Kemasan Kopi Kedap Udara Bantu Pertahankan Kualitas Rasa

Kemasan kopi kedap udara bantu pertahankan kualitas rasaSaat ini, sebagian orang yang mengonsumsi kopi tidak hanya sebagai rutinitas belaka, tapi mereka menjadikannya sebagai gaya hidup tersendiri. Hal yang paling menarik dari kopi adalah cita rasa yang istimewa dan aroma kopi asli yang semerbak ketika kita menikmatinya.

Ternyata bukan hanya sensasi rasanya saja yang digemari masyarakat, namun aroma dari kopi juga menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian konsumen ketika membeli kopi instan. Padahal, bubuk kopi instan yang banyak dijual di pasaran hanya memiliki aroma yang tahan sekitar dua sampai tiga hari setelah kemasan dibuka?

Inilah yang menjadikan kopi yang kemasannya telah dibuka, aromanya tidak lagi seharum seperti baru pertama kali Anda membukanya. Agar aroma kopi bertahan lebih lama, bahkan bisa bertahan lebih dari tiga bulan, Anda harus menyimpan bubuk kopi dengan cara yang benar. Jika Anda menyimpannya dengan benar, bukan hanya aromanya yang terjaga namun kualitas cita rasa dari kopi juga bisa bertahan lama.

Sayang sekali, kebanyakan dari para pebisnis kopi tidak memperhatikan detail kemasan kopi. Walaupun dianggap hal sepele, namun pemanfaatan kemasan kopi kedap udara bisa mempertahankan kualitas rasa dan aroma dari kopi. Jika penyimpanannya menggunakan metode yang keliru, maka tanpa disadari perlahan-lahan kualitas rasa dan sensasi aroma kopi yang mantap akan menghilang.

Untuk itu, dibutuhkan kemasan yang bisa menjamin bertahannya kualitas dari kopi tersebut. Saat akan memasarkan produk kopi, perhatikan kemasan yang Anda gunakan. Pilihlah kopi yang kemasannya bersegel dan kedap udara (Gas-flushed sealed foil packaging). Oksigen yang masuk dalam suatu kemasan kopi akan menyebabkan kopi menjadi lebih cepat hilang aroma dan cita rasanya. Oleh karena itu, kemasan produk kopi yang kedap udara dan bersegel akan membantu mempertahankan kualitas kopi.

Ketika proses penyegelan berlangsung, mesin akan mengaliri kemasan kopi dengan nitrogen sehingga oksigen dalam kantung kemasan bisa dikeluarkan. Dengan demikian, kesegaran dan kualitas kopi akan terjaga dan bertahan lebih lama. Namun, ketika segel kemasan dibuka, maka bubuk kopi yang terdapat pada kemasan akan teroksidasi oleh oksigen di udara. Inilah yang menyebabkan kesegaran dari bubuk kopi tersebut menurun.

Oleh karena itu, sebagai produsen maupun pemasar produk kopi, Anda bisa mensiasatinya dengan memilih kemasan kopi seperti model stand up pouch dengan zipper, atau bisa juga memilih kemasan kopi dengan desain cup maupun kemasan kopi jenis kaleng.

Dengan begitu, kopi akan terus tertutup rapat sehingga mampu mempertahankan kualitas rasa aslinya. Karena tak terkena udara, maka ketika Anda menyimpan bubuk kopi di dalam kemasan zipper seperti ini dijamin kualitas cita rasa dan aroma kopi bisa dipertahankan.

 

SHARE YUK!