Kemasan Kue Yang Aman Agar Tak Rusak Saat Pengirimaan

Kemasan Kue yang Aman Agar Tak Rusak Saat PengirimanTak hanya produk fashion dan gadget saja yang belakangan ini marak diperjual-belikan secara online. Melihat pertumbuhan pasar digital yang semakin hari kian meningkat pesat, berbagai macam produk lainnya pun seperti misalnya cake & bakery juga mulai dipasarkan para pelaku bisnis kue melalui dunia maya. Yang jadi pertanyaan banyak orang, bagaimana cara membuat kemasan kue agar produk tidak rusak selama proses pengiriman berlangsung?

 

Untuk menjawab kebingungan para pengusaha kuliner khususnya cake & bakery dalam proses pengemasan produk, kali ini saya akan membahas cara mengemas kue agar tidak rusak selama proses pengiriman berlangsung.

Pertama, yang perlu dipertimbangkan agar kue tidak cepat rusak yaitu mengenai tekstur dan ukuran kue yang akan dikirim. Sebaiknya pilih kue yang teksturnya agak keras dan renyah agar kue tersebut bisa bertahan lebih lama. Apabila kue yang Anda pasarkan memiliki daya tahan yang relatif singkat karena bertekstur lembut dan basah, maka sebaiknya pilih jasa ekspedisi yang menyediakan paket pengiriman barang satu hari sampai tempat tujuan. Contohnya seperti JNE Yes, Tiki Ons, dan lain sebagainya.

Kedua, untuk mengurangi resiko kerusakan kue usahakan agar waktu produksi dan pengiriman kue tidak berselang terlalu jauh. Contohnya saja bila kue akan dikirim pada pagi hari tanggal 01 September 2016, maka Anda bisa melakukan proses produksi pada H-1 atau pada tanggal 02 September 2016 (pada sore hari). Dengan begitu, kue yang dikirim dalam keadaan fresh dan sampai ke tangan konsumen kualitasnya masih terjaga.

Ketiga, perhatikan bahan kemasan kue yang dipilih dan metode pengemasan yang digunakan. Apabila Anda memasarkan kue kering bisa menggunakan toples kedap udara agar kue kering tak mudah melempem. Namun, bila Anda menggunakan toples plastik mika maka sebaiknya sekelilingnya direkatkan dengan isolasi/ plester bening. Selain itu Anda juga bisa mengemas kue dalam kemasan plastik bening kemudian diikat dan dimasukkan ke dalam kotak kemasan. Saat membuat kemasan kue, pastikan bahwa kue tersebut telah tertata rapi dan rapat sehingga tidak ada ruang renggang yang memungkinkan kue bergerak dan akhirnya hancur.

Keempat, untuk pengiriman barang sebaiknya lapisi kemasan produk dengan kotak atau kardus yang cukup tebal agar isi produk tidak rusak selama proses pengiriman barang. Sebelum dimasukkan ke dalam kotak atau kardus, ada baiknya bila Anda melapisi kemasan produk kue dengan Styrofoam atau menambahkan ganjalan kertas koran agar kotak kardus lebih rapat dan terlindungi ketika proses pengiriman berlangsung.

Kelima, yang terakhir dan yang paling penting adalah, bahwa kita harus memperlakukan secara istimewa dalam proses pengirimannya. Hal ini penting, agar kue ketika sampai di tangan konsumen masih tetap fresh ketika disajikan.

Semoga bermanfaat dan salam sukses!

ahmad hidayat expert bisnisukm.com

Ahmad Hidayat

Establishing Business :

PT. Matahari Langit Indonesia

  • Iga Bakar Jogja,
  • Penyetan Mak Oyoh,
  • Sate Maranggi,
  • FishLand,
  • Tyaphari Kopitiam,
  • Mie Sapi-”NoodleBar”

Aktif di dunia kuliner sejak 1996, dimulai ketika beliau mendapatkan kesempatan untuk bekerja di sebuah hotel di Florida, Amerika, dan selama 3 tahun bolak balik Florida – Indonesia. Setelah Amerika, beliau juga memiliki pengalaman sebagai Area Manager di salah satu restoran di Timur Tengah.

Sumber gambar : http://1.bp.blogspot.com/-rd-tz3_Wpic/UD9bVNZPeZI/AAAAAAAALzA/ZAIWtAfNA8Y/s1600/Screen%2Bshot%2B2012-08-30%2Bat%2B13.24.15.png

84 Komentar

  1. Bagaimana mengirim kue ulang tahun tanpa merusak bentuk??
    Apakah bisa mohon penjelasanya

  2. Salam, saya mau tanya Pak gimana cara nya ngirim kue Lapis Legit yang aman ke Singapura. Mohon bantuan dan infonya. Terima kasih.

  3. Pak saya punya usaha cinnamon roll, roti diatasnya ada topping kadang nutella, ovomaltine, cream cheese. bagaimana menjaga agar roti tidak hancur dan topping tidak berantakan. kawatir ekspedisi nanti dibolak balik maka topping nempel semua didus.
    saya juga ada jual macaroni panggang. sampai sekarang saya tidak berani kirim paket luar kota karna bingung pengemasannya. mohon saran. tks.

    • Selamat pagi Ibu Nurul, untuk pemesanan kemasan box bisa menghubungi customer servis kami melalui 0812-1511-1415. Terimakasih

  4. Selamat pagi kak, saya mau kirim kebab frozen bisa gak ya ke kalimantan. Pengiriman asal dari surabaya.

    • Selamat pagi Sdr. Oca, untuk pengirman kebab frozen bisa menggunakan kemasan kotak plastik makanan dan dibungkus dengan bubble wrap agar kondisi dingin tetap terjaga. Pastikan pengiriman menggunakan ekspedisi yang sehari sampai, agar produk kebab sampai ke Kalimantan masih dalam kondisi fresh. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

    • Selamat pagi kk saya mau kirim paket nastar dan coklat bisa ga ya ke padang pengiriman asal dari jakarta dan gmna cara bungkua yg paling aman agar tidak rusak

      • Selamat pagi Ayu, agar aman saat pengiriman sebaiknya toples kue dan coklat dibungkus terlebih dahulu dengan bubble wrap, kemudian dipacking dengan kardus/ box yang didalamnya dilapisi styrofoam. Dengan begitu, toples tetap aman selama proses pengiriman. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  5. Pak.. mohon bantuannya.. saya akan mengirim keripik tempe dari kaltim ke jateng..
    Agar keripik tidak hancur bagaimana cara pengemasannya?

  6. Mohon pencerahan.
    Pengiriman produk jelly apakah dapat dikirim melalui Pos/JNE?
    Mengingat tidak semua produk makanan di Indonesia dapat dikirim melalui Pos/JNE, apakah itu benar? dan,
    Apakah benar pengiriman barang melalui Ekspedisi lebih lama leadtimenya, dari jawa ke kalimantan?

    • Selamat siang Bapak Yana, untuk produk jelly memang sedikit riskan jika dikirim untuk luar pulau Jawa, apalagi jika berada di daerah Kabupaten di Kalimantan tentu waktu pengirimannya tidak bisa sehari sampai. Untuk mengantisipasinya, Bapak bisa menggunakan jasa ekspedisi udara yang memungkinkan konsumen untuk mengambil paket di bandara. Dan agar produk tidak sampai rusak, kami sarankan untuk mengemas menggunakan kotak box styrofoam dan didalamnya ditambahkan ice gell agar kondisi jelly dalam keadaan dingin seperti disimpan pada freezer. Dengan begitu daya tahan produk jelly bisa lebih lama. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  7. Pak saya baru akan memulai usaha mengirim bebek potong dari malang ke bali ..saya bingung caranya untuk melindungi agar bebek yang saya kirim tetap segar dan tidak busuk..

    • Selamat pagi Bu Siti, untuk pengiriman bebek potong bisa menggunakan ice gell dan kemasan box styrofoam. Pastikan box styrofoam benar-benar kedap udara sehingga ice gell tidak cepat mencair. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  8. selamat pagi bapak, saya baru saja merintis usaha cake ultah n cake nikah, kesulitan saya hanya pada packing. karna tiap packing kardus dan saya kasih tali rafia itu kardusnya pas yg ditali itu peot ke dalam pak, alhasil kardusnya nempel ke butercream dan otomatis risan butercream saya jadi rusak. nha yg mau saya tanyakan bagaimana cara packing dus agar tidak mudah peot saat waktu pengiriman

    • Selamat pagi Ibu Naumy, untuk menghindari kerusakan pada box kue ada baiknya jika Ibu melindungi kue dengan kemasan mika terlebih dahulu sebelum dikemas dengan box kertas/ kardus. Kemasan mika di dalam box bisa menjadi pelindung bagi kue atau cake didalamnya, sehingga meski ditali dengan rafia tidak sampai merusak bagian kue. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

    • Selamat siang Ibu Nida, untuk pengiriman makanan jelly kami persilahkan menggunakan kemasan cup yang kemudian dikemas kembali dengan menggunakan box (kotak). Dengan begitu jelly masih tetap terlindung karena di dalamnya dikemas dengan kemasan cup, sebaiknya pilih ekspedisi JNE YES, TIKI ONS, atau Pos Expres agar paket bisa sampai tujuan dalam waktu singkat. Demikian informasi dari kami, terimakasih dan salam sukses!

  9. assalamualaikum pak saya Dea baru saja merintis usaha mochi. waktu saya kirim dari Bandung ke Malang kemasan mochi terbuat dari plastik kotak dengan sekat tiap mochi. tetapi waktu datang kondisi banyak lembek dan rusak padahal saya menggunakan ekspedisi JNE Yes. menurut bapak kemasan apa yg sesuai untuk mochi saya pak?
    saya menunggu pendapat bapak
    terima kasih

    • Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh, terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk menghindanri kondisi mochi yang rusak ketika proses pengiriman, ada baiknya jika Ibu membuat sekat kemasan dalam dari bahan mika dan dibuat sesuai dengan bentuk bulat mochi. Dengan begitu sekat bisa berfungsi sebagai penutup moci, sekaligus penahan agar ketika proses pengiriman, kondisi mochi di dalamnya tidak bergerak. Dan untuk kemasan luar, kami sarankan menggunakan box kotak yang lebih tebal, agar selama proses pengiriman bila terkena tekanan dari paket orang lain, tidak sampai merusak bagian dalam mochi. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  10. Assalamu alaikum…
    Saya baru merintis usaha abon ikan bandeng kecil2an….gimana caranya agar abon tidak cepat tengik dan bisa tahan lebih dari 5bulan misalnya….saat ini sistem penirisan minyak saya menggunakan mesin spiner…tapi daya tahan abonnya blm maksimal…..penirisan juga sdh lbh dari 10menit..
    Trims atas saran2nya

Comments are closed.