Kembangkan Bisnis Minuman Sehat Setelah Hijrah ke Jogja

Kevin Tri Saputro adalah owner dari Peans yang merupakan salah satu bisnis minuman sehat di Yogyakarta. Usahanya ini berawal dari Ia berhijarah ke Jogja, kemudian Ia memutuskan untuk usaha minuman. Kini terhitung sudah 4 bulan bisnis Peans ini berjalan. Pada awalnya dulu memang sudah pernah berbisnis minuman kopi namun karena gagal Ia beralih ke bisnis minuman sehat.

Memilih bisnis minuman sehat ini alasan utamanya karena minuman kekinian kini sedang trend. Sehingga Ia berfikir untuk membuat minuman yang lebih sehat dan tak kalah menarik dengan minuman kekinian seperti thai tea dan boba. Kenapa minuman sehat ini menarik? Karena minuman sehat ini bisa digunakan dan membantu untuk diet sehat menggunakan buah – buahan.

Hijrah-ke-Jogja-dan-Kembangkan-Bisnis-Minuman-Sehat

Bisnis Minuman Sehat “PEANS”

Awal Ide Bisnis Minuman Sehat

Ide bisnis pertamanya dari browshing di internet bagaimana orang – orang yang gaya hidupnya sehat. Ia juga melihat dari gaya hidup Ayahnya yang juga sehat, sering melakukan diet dengan konsumsi buah. “Kebetulan Ayah saya gendut kemudian diet dengan mengkonsumsi buah – buahan. Karena lelah makan buah maka saya buat juice yang di mix”, begitu Ia menjelaskan. Ia mendapatkan ide ini dari internet dan membaca majalah – majalah sehat.

Kesulitan dalam membangun bisnis ini, karena meman baru pertama kali di Jogja sehingga belum tahu seluk – beluk tentang Jogja, pasarnya seperti apa, apa orang hobi konsumsi juice atau bagaimana.

Riset Pasar Sebelum Memulai

Pada mulanya untuk mengetahui kebutuhan pasar pertama datang ke Jogja Ia melakukan riset dahulu pasarnya seperti apa, apa yang dibutuhkan dan diinginkan customer. Pertama Ia lihat lokasinya dan pasarnya kemudian barulah diputuskan jualan minuman sehat Peans ini.

Untuk target pasarnya sendiri Ia membidik kalangan mahasiswa sama orang tua yang cenderung menyukai pola hidup sehat. Untuk keunggulan Peans ini menggunakan bahan – bahan alami, sehingga sudah pasti sehat karena dari buah yang segar dan berkualitas.

Bisnis-Minuman-Sehat

Strategi Promosi Peans

Strategi promosi yang digunakan, pertama memilih lokasi yang strategis dengan mendekati kampus dan dekat dengan kost – kostan. Kemudian menentukan harga jual yang sesuai dengan target pasarnya, nah karena ditempat ini kebanyakan adalah mahasiswa maka harganya bisa bersaing dengan yang lainnya.

Respon pasar kebanyakan para mahasiswa rata – rata belum banyak yang tahu apa itu smoothies, jadi untuk awalan memperkenalkan dulu jenis minuman apa, bahan – bahan seperti apa, cara membuatnya bagaimana dan manfaatnya seperti apa. Jadi saya perkenalkan dulu smoothies itu seperti apa baru rasanya.

Varian Minuman Sehat di Peans

Macam varian smoothies ada 3 kategori yang pertama fruit smoothies, campuran beberapa bah – buah yang digabungkan jadi satu yang sebelumnya telah diuji coba terlebih dahulu karena tak smua buah bisa dicampur. Kategori kedua ada vegateble fruit jadi merupakan campuran sayuran dengan buah menjadi 1. Ketiga ada oat milk dan fresh milk, nah itu dicampur dengan oatmeal atau susu segar.

Bestsellernya ada vagatable fruit dan oatmeal, tapi sebenarnya semuanya minuman yang ada disini banyak disukai namun 2 itu paling bestseller. Namun karena memang masih promo kebanyakan mereka masih coba – coba dulu.

Kesulitan mencari bahan baku memang sudah ada distributor bahan baku sendiri sehingga ketika harga dipasaran sedang naik Ia tetap mendapatkan buah dengan harga yang tetap stabil.

Kembangkan-Bisnis-Minuman-Sehat

Motivasi Bisnis Minuman Sehat

Motivasi terjun dalam usaha minuman sehat ini memang karena keinginan dari hati ingin mengikuti jejak para nabi yakni berdagang. Dan yang kedua Ia ingin berdagang untuk membantu menyehatkan orang jadi usaha yang bermanfaat untuk orang tentunya.

Untuk usaha minuman sehat ini adalah usaha yang kedua setelah dulu pernah menekuni usaha kopi kemudian gagal. Dulunya kopi, karena kopi berjalan kurang baik, kurang laku, promosi yang dilakukan kurang maksimal maka Ia menambahkan menu baru.

Harapan Untuk Peans Kedepan

Harapan terbesar Ia agar usahanya tersebut bisa dikenal oleh masyarakt Indonesia dan bisa menjadi franchise atau waralaba diseluruh Indonesia. Jadi keinginannya agar usahanya ini bisa berkembang dan bisa membantu masyarakat pula.

Dan harapan kedepannya akan ada rekruit team untuk membantu usaha minuman sehat ini. Tinggal melihat bagaimana perkembangan minuman ini, namun menurut pengamatanny sejauh ini masih aman. Sehingga rencana untuk beberapa bulan kedepan memang mau merekrut pegawai.

Kemasan Minuman Sehat Peans

Untuk pengemasan memilih cup dan botol, alasannya kalau cup untuk dine in maupun take away maupun. Untuk take a way harapannya customer bisa membawanya kemana pun, bisa dikampus, tempat nongkrong atau pun ditempat maka lebih praktis dan simpel.

Dan untuk penggunaan botol dinilai lebih praktis karena bisa disimpan di kulkas. Namun untuk perbandingan ketertarikan customer lebih besar cup dibandingkan dengan botol. Jika cup bisa mencapai 80% maka untuk yang botol hanya 20% saja.

Sekian inspirasi dari seorang pemuda ini yang memilih berhijrah ke Jogja untuk berbisnis minuman sehat yang diberi nama Peans. Semoga dapat bermanfaat untuk pembaca. Semoga sukses juga ya :)

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba