Kerajianan Tas Lidi yang Menawan Hati

kerajinan tas lidi.Kerajianan produk Indonesia memang selalu memberikan nuansa keunikan dan kecantikan yang beragam. Berbagai macam bahan yang digunakan juga mempengaruhi hasil akhir dari suatu produk kerajinan. Dari mulai bahan daur ulang, bahan mentah yang terbuat dari alam, ataupun bahan mentah yang relatif murah hingga bahan yang mahal pun dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan kerajianan. Salah satu bahan yang asli dari alam dan dapat digunakan untuk membuat kerajinan adalah lidi pohon kelapa.

Lidi kelapa ternyata dapat dibuat menjadi kerajinan tas yang cantik dan unik. Usaha ini dikembangkan oleh banyak pengrajin tas yang ada di kota Jogjakarta. Bahan baku lidi sengaja dipilih oleh para pengrajin karena memiliki harga yang relatif murah, serta bahan tersebut mudah ditemukan di daerah Jogja. Lidi yang digunakan dapat diperoleh di pasar – pasar tradisional, atau dapat diperoleh langsung dari petani kelapa yang ada di kota gudeg ini.

Untuk menghasilkan sebuah tas cantik dari lidi, memang membutuhkan ketelitian dan kesabaran yang cukup tinggi. Karena proses pembuatannya pun membutuhkan proses yang cukup rumit. Sebelum lidi digunakan untuk membuat tas, biasanya lidi tersebut dijemur dulu hingga bener – bener kering. Setelah kering, kemudian baru dirajut satu per satu sesuai dengan pesanan yang diminta konsumen.  Selain itu lidi tersebut juga dapat dirajut dengan warna yang bervariasi sehingga membuat penampilan tas lidi ini semakin menawan hati para wanita.tas lidi.

Dengan ketelitian dan ketekunan yang dimiliki para pengrajin, serta strategi pemasaran langsung maupun via online yang digunakan para pengrajin. Maka tak heran jika tas lidi yang berawal dari usaha rumahan ini telah menjadi usaha yang berkembang hingga produknya mampu melanglang buana. Keunikan dan keaslian bahan yang alami mampu memikat konsumen dalam negeri maupun luar negeri, pesanan yang datang dari beberapa negara di Eropa hingga Timur tengah menjadi peluang yang begitu lebar untuk meraup keuntungan besar dari usaha tersebut.

Kreatifitas dari usaha tas lidi dapat dijadikan sebagai motivasi dan inspirasi bagi para pencari usaha. Karena usaha kerajinan tas lidi ini, juga dapat dijadikan sebagai salah satu contoh peluang sukses bisnis rumahan. Dengan mengawali usahanya dari rumah, sekarang usaha tas lidi mampu menghasilkan produk yang berkualitas hingga mancanegara.

Sumber gambar : Tim Bisnis UKM

26 thoughts on “Kerajianan Tas Lidi yang Menawan Hati”

  1. Assalamu ‘alaikum, saya tertarik dengan hasil kerajinan dari bahan lidi, apa boleh bagi ilmu ? kepingin saya belajar cara membuatnya, mohon info & kontact lebih lanjut. Agar bisa menjadi nilai tambah bagi sesama.
    Wassalam
    Khatab

    Reply
  2. salam ..
    Di daerah kami berbatasan dengan perkebunan kelapa sawit. masyarakat sini juga banyak memasok lidi tersebut. jika berminat atau kekurangan produksi bisa kirim pesan ke email saya. terimakasih

    Reply
  3. Saya sangat tertarik dengan semua hasil kerajinan dari lidi karena disumut banyak sekali lidi.
    Tapi saya tidak tau cara membuatnya. Mohon tip cara pembuatan nya. Terima kasih

    Reply
    • Terimakasih atas respon yang disampaikan, untuk membuat kerajinan tas lidi yang dibutuhkan hanya ketelatenan, dan bahan-bahan seperti lidi, benang, dan lem. Sebab, semua proses produksi dibuat dengan cara manual (kerajinan tangan) sehingga dihasilkan kerajinan tas lidi yang menawan. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
  4. di jogja dimana ya bisa belajar ngerangkai kerajinan lidi kayak gini, tempat saya banyak banget potensi lidi kelapa sawit sayang jika tidak dimanfaatkan

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba