Kerajianan Tas Lidi yang Menawan Hati

kerajinan tas lidi.Kerajianan produk Indonesia memang selalu memberikan nuansa keunikan dan kecantikan yang beragam. Berbagai macam bahan yang digunakan juga mempengaruhi hasil akhir dari suatu produk kerajinan. Dari mulai bahan daur ulang, bahan mentah yang terbuat dari alam, ataupun bahan mentah yang relatif murah hingga bahan yang mahal pun dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan kerajianan. Salah satu bahan yang asli dari alam dan dapat digunakan untuk membuat kerajinan adalah lidi pohon kelapa.

Lidi kelapa ternyata dapat dibuat menjadi kerajinan tas yang cantik dan unik. Usaha ini dikembangkan oleh banyak pengrajin tas yang ada di kota Jogjakarta. Bahan baku lidi sengaja dipilih oleh para pengrajin karena memiliki harga yang relatif murah, serta bahan tersebut mudah ditemukan di daerah Jogja. Lidi yang digunakan dapat diperoleh di pasar – pasar tradisional, atau dapat diperoleh langsung dari petani kelapa yang ada di kota gudeg ini.

Untuk menghasilkan sebuah tas cantik dari lidi, memang membutuhkan ketelitian dan kesabaran yang cukup tinggi. Karena proses pembuatannya pun membutuhkan proses yang cukup rumit. Sebelum lidi digunakan untuk membuat tas, biasanya lidi tersebut dijemur dulu hingga bener – bener kering. Setelah kering, kemudian baru dirajut satu per satu sesuai dengan pesanan yang diminta konsumen.  Selain itu lidi tersebut juga dapat dirajut dengan warna yang bervariasi sehingga membuat penampilan tas lidi ini semakin menawan hati para wanita.tas lidi.

Dengan ketelitian dan ketekunan yang dimiliki para pengrajin, serta strategi pemasaran langsung maupun via online yang digunakan para pengrajin. Maka tak heran jika tas lidi yang berawal dari usaha rumahan ini telah menjadi usaha yang berkembang hingga produknya mampu melanglang buana. Keunikan dan keaslian bahan yang alami mampu memikat konsumen dalam negeri maupun luar negeri, pesanan yang datang dari beberapa negara di Eropa hingga Timur tengah menjadi peluang yang begitu lebar untuk meraup keuntungan besar dari usaha tersebut.

Kreatifitas dari usaha tas lidi dapat dijadikan sebagai motivasi dan inspirasi bagi para pencari usaha. Karena usaha kerajinan tas lidi ini, juga dapat dijadikan sebagai salah satu contoh peluang sukses bisnis rumahan. Dengan mengawali usahanya dari rumah, sekarang usaha tas lidi mampu menghasilkan produk yang berkualitas hingga mancanegara.

Sumber gambar : Tim Bisnis UKM

26 Komentar

  1. Assalamu ‘alaikum, saya tertarik dengan hasil kerajinan dari bahan lidi, apa boleh bagi ilmu ? kepingin saya belajar cara membuatnya, mohon info & kontact lebih lanjut. Agar bisa menjadi nilai tambah bagi sesama.
    Wassalam
    Khatab

  2. salam ..
    Di daerah kami berbatasan dengan perkebunan kelapa sawit. masyarakat sini juga banyak memasok lidi tersebut. jika berminat atau kekurangan produksi bisa kirim pesan ke email saya. terimakasih

  3. Saya sangat tertarik dengan semua hasil kerajinan dari lidi karena disumut banyak sekali lidi.
    Tapi saya tidak tau cara membuatnya. Mohon tip cara pembuatan nya. Terima kasih

    • Terimakasih atas respon yang disampaikan, untuk membuat kerajinan tas lidi yang dibutuhkan hanya ketelatenan, dan bahan-bahan seperti lidi, benang, dan lem. Sebab, semua proses produksi dibuat dengan cara manual (kerajinan tangan) sehingga dihasilkan kerajinan tas lidi yang menawan. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  4. di jogja dimana ya bisa belajar ngerangkai kerajinan lidi kayak gini, tempat saya banyak banget potensi lidi kelapa sawit sayang jika tidak dimanfaatkan

  5. di daerah saya banyak sebagian besar masyarakat yang memasok lidi ke pasar,
    tapi sekarang sudah berkurang karna harga dari pedagang kurang memadai,
    bila membutuhkan pasokan lidi bisa kirim pesan ke I_mail saya……
    saya siap menyediakan pasokan barang yang bermutu…

  6. ibu/ bapak, saya pengen tahu bagaimana cara merangakai lidi yang keras tersebut menjadi sebuah tas sebagus itu? jujur, saya sangat tertarik dengan usaha ini, karena sebagai ibu rumah tangga yang belum dikaruniai momongan, kadang bosan nganggur di rumah dan sepertinya di Madiun masih belum ada usaha tas dari lidi. terimakasih

  7. dear………………..
    saya tertarik dengan bisnis ini apakah saya boleh tahu cara pembuatannya ya ?

    Rgrd
    nikma

  8. saya cukup tertarik dengan bisnis ini, boleh mohon dikirim jenis2 produk dan harga masing2 produk tersebut via email dan jg contact personnya..
    mksh

    salam

    Hari Prasetya

  9. Saya berminat dengan barang-barang alam seperti eceng gondok, lidi, agel dan lainnya. Mohon Dikirimkan contact number para pengrajin yang memproduksi produk2 tas dari hasil alam. terima kasih

  10. gan ane mo pesen tas lidi seperti tu.dimana saya bisa beli tas itu dengan harga griosir??soalnya saya mo jualan tas lidi itu di kota ane.menarik banget . terima kasih. tolong kirim k email ane ya.

  11. sy ingin reseller tas tsb, dmn sy bs peroleh barang dr produsen langsung biar harga lebih murah ?

    Terimakasih telah mengunjungi virtual office kami www.bisnisukm.com
    Penjelasan telah kami kirimkan melalui email.

    Salam Sukses

    Terimakasih

  12. mohon info dari produsen yangbisadihubungi+alamat dan nomer telpon?

    terimakaasih

  13. kulakan di jogja di mana ya ?

    Terimakasih telah mengunjungi virtual office kami www.bisnisukm.com
    Penjelasan telah kami kirimkan melalui email.

    Salam Sukses

    Terimakasih

  14. pembuat tas2 seperti gambar diatas dimana ya? bisa tolong email ke saya ?
    thanks..

  15. Saya tertarik sekali dengan kerajinan lidi ini dan pengin mengetahui lebih jauh mengenai kreatifitas ini bisakah saya memperoleh info & contact lebih lanjut karena selama ini kami hanya menjual lidi belum memberdayakan sehingga dapat memberikan nilai tambah seperti ini.

  16. Mohon info untuk harga + by pengiriman, dan berapa lama pengiriman dilakukan sampai tempat tujuan, juga cara untuk transaksi, terima kasih

  17. Kreatifitas yang ditekuni dengan serius, dengan jiwa seni yang tinggi tentu dapat dijadikan bisnis yang menjanjikan.

    Untuk Tas Batik dari berbagai macam model silahkan hubungi kami, atau mungkin punya desain model?.

    Salam,

  18. Saya tertarik sekali dengan kerajinan lidi ini…..bisakah sy memperoleh info & contact lebih lanjut karena selama ini kami hanya menjual lidi belum memberdayakan sehingga dapat memberikan nilai tambah seperti ini.

    Wassalam
    Ihsani

Comments are closed.