Inspirasi Bisnis

Kesuksesan 5 Sekawan Merintis Bisnis Distro Online

Bisnis distro onlineBerawal dari persahabatannya selama menuntut ilmu di MAN 2 Parepare, Muhammad Yusran Hadysurya (22) bersama keempat sahabatnya yakni A. Latif Hakim, Muh. Taufik Wahab, Andi Sardi dan Muhammad Kadir memutuskan untuk mempererat tali persaudaraan mereka dengan cara membangun bisnis distro online.

“Nama persahabatan kami waktu itu The-Five, setelah tamat di MAN 2 Parepare tepatnya pada tahun 2011 kamipun berpisah untuk melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi,” kata Yusran mengawali sesi wawancara kami.

Walapun jarak memisahkan 5 sekawan ini karena mereka menempuh pendidikan dan merintis karir di wilayah yang berbeda, namun Yusran dan keempat sahabatnya masih sering menjalin komunikasi baik melalui telepon, sms, maupun social media.

Owner Five distro online“Tidak sampai disitu perjuangan kami untuk mempererat tali persaudaraan, kami memutuskan untuk membangun bisnis distro online dengan nama Five Distro Online dan sejak tanggal 12 Desember 2012 kami semakin dipercaya oleh konsumen-konsumen di berbagai daerah di Indonesia,” begitu ujarnya.

Yusran yang kebetulan menuntut ilmu di Politeknik Pos Bandung mulai melakukan survei pasar untuk menjalin kerjasama dengan clothing line yang memproduksi produk distro berkualitas. “Untuk produksi sendiri kita belum memiliki. Tapi kita memasarkan produk-produk distro dari Kota Bandung yang berkualitas serta harganya yang bersaing,” tutur pengusaha muda ini.

Mulai membuka Toko Distro

Seiring berjalannya waktu, pesanan produk via online mulai meningkat sampai-sampai lima sahabat ini kewalahan menerima pemesanan dari berbagai wilayah di Indonesia dan tentunya kebanyakan konsumen dari Sulawesi Selatan. Melihat antusias pasar yang cukup besar, pada tanggal 1 Juli 2013 Yusran mulai berinisiatif membuka toko distro offline sekaligus sebagai official Five Distro di Kota Parepare.

Saat ini bisnis distro ini semakin populer di kalangan remaja Pare-pare dan sekitarnya dengan toko distro yang original, berkualitas dan tentunya harga relatif murah. “Bahkan hanya berselang kurang 2 tahun, kami kembali membuka cabang toko distro offline di Kota Mamuju, Sulawesi Barat pada tanggal tepatnya pada tanggal 1 Januari 2015. Dan Alhamdulillah respon konsumen sangat luar biasa,” terang Yusran.

Stand Five distro di warung kopi Teras EmpangDibandrol dengan harga mulai dari Rp 80.000,00 sampai Rp 220.000,00, saat ini kawanan pengusaha muda ini telah memiliki 8 orang tenaga kerja dengan omzet per bulan dari kedua outletnya sekitar Rp 20 juta – Rp 50 juta. “Alhamdulillah tingkat penjualan semakin hari semakin meningkat. Begitupun konsumen yang terus bertambah dan memberikan kepercayaan kepada kami dalam penjulan produk-produk distro yang berkualitas dan original,” ujarnya.

Persaingan bisnis fashion yang seringkali tak bisa dihindari, membuat Yusran dan kawan-kawan menjadi lebih kreatif dan inovatif untuk menciptakan sebuah nilai plus pada produk yang saya jual. Kedepannya kawanan pengusaha muda ini berharap dapat meningkatkan minat konsumen untuk terus menggunakan produk-produk dalam negeri dengan tetap mempertahankan kualitas produk yang dipasarkan.

“Kesuksesan lahir dari keberanian bisnis hingga bisa seperti sekarang ini. Selain itu support dari keluarga, sahabat, hingga Sobat Five Distro yang sekaligus konsumen menjadi semangat bagi kami untuk bisa sukses mengembangkan bisnis distro online,” ungkap Yusran.

Tim Liputan BisnisUKM