Ketekunan, Merubah Kerugian Menjadi Keuntungan

Meningkatnya pebengkel patra5nggunaan mobil, menjadikan peluang usah baru untuk membuka bengkel mobil. Hal ini menjadi faktor semakin banyaknya bengkel mobil bermunculan. Dengan semakin banyaknya bengkel mobil bermunculan, makin ketat pula persaingan pada jenis usaha tersebut. Persaingan yang semakin ketat tersebut, mendorong para pemilik bengkel untuk membuat inovasi baru. Salah satu inovasi bengkel mobil adalah bengkel spesialis variasi mobil.

Bertempat di Jalan Magelang, Anda akan mendapati sebuah bengkel spesialis variasi mobil bernama “Patra”. Selain menerima variasi mobil, Patra pun menerima service antara lain kaca film, audio mobil, AC mobil, alarm mobil. Berkembangnya jenis-jenis mobil, sejalan pula dengan perkembangan aksesoris maupun kebutuhan yang harus ada dalam mobil-mobil saat ini. Hal inilah yang membuat bengkel yang berdiri pada tahun 1992 ini masih tetap eksis.

Pada awal didirikan, bengkel ini mengalami kerugian selama enam bulan. Bahkan demi perkembangan usahanya, pemilik bengkel ini rela menjual sebagian besar aset pribadi miliknya. Bermodalkan pengalaman bekerja di beberapa bengkel variasi mobil di Jakarta, pemilik Patra ini mencoba mengembangkan sendiri bengkel variasi mobil. Dibantu empat orang karyawannya, pada awal berdiri, bengkel ini masih belum menunjukkan perkembangan yang signifikan. Ketekukan menjadi kunci bagi pemilik Patra untuk mempertahankan usaha yang ia rintis. Jalanan yang masih sepi dan belum banyaknya pemilik mobil pada saat itu, menjadi faktor sepinya bengkel Patra pada tahun-tahun awal berdiri.

bengkel patra6Kini kondisi berbalik 180˚, Jalan Magelang sudah menjadi salah satu jalur utama keluar-masuknya kendaraan dari dan keluar Yogyakarta. Selain itu, bertambahnya pengguna mobil, dan merk ataupun jenis mobil, membuat makin bervariasinya kebutuhan pemilik mobil akan kendaraannya. Sebagai contoh, jika dulu audio mobil menggunakan kaset, kini audio mobil pun makin bervariasi hingga penggunaan televisi dengan ukuran yang sesuai merk atau jenis mobilnya.

Dengan omset rata-rata 2-3 juta per harinya, kini Patra bisa memberdayakan sekitar 20 karyawan. Meskipun sudah mempunyai beberapa montir yang berkompeten, diakui oleh pemilik Patra, jumlah tenaga yang ahli di bidang service variasi mobil saat ini masih sangat jarang. Membutuhkan waktu sekitar tiga tahun bagi orang yang ingin mempunyai spesialisasi keahlian di bidang ini. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga ini, Patra pun menerima siswa-siswa dari berbagai Sekolah Menengah Kejuruan untuk melakukan kerja praktek dan membekalinya dengan pengetahuan dasar tentang service variasi mobil.

Adapun tips dari pemilik Patra ini adalah, bagi pengelola bengkel, wajib mempunyai pengetahuan tentang variasi mobil. Selain itu, bengkel yang pada enam bulan pertama berdiri mengalami kerugian ini, kini bisa memetik keuntungan dari sebuah ketekunan untuk menjalani usaha bengkel variasi mobil. Jadi jangan pernah putus asa dan selalu menciptakan inovasi-inovasi baru bagi usaha Anda. Salam sukses.

3 thoughts on “Ketekunan, Merubah Kerugian Menjadi Keuntungan”

  1. untuk mengawali bisnis variasi mobil, banyak sekali untuk ilmunya. saya dulu juga pemula tidak ada yng membimbing. maka aku berbagi ilmu
    Pertama tentukan lokasi pemasaran, caranya bila suatu wilayah terdapat usaha yang sama, berikan jarak untuk mendirikan usaha, skali-kali nongkong pinggir jalan sambil lihat kendaraan roda 4 jenis apa yang lalu lalang berikan angka presentase, main ke tempat usaha yg sama tp jgan bilang hanya lihat2 saja dan beli yg hrg murah, dan tentukan lokasi yang anda inginkan.

    Kedua, pengadaan barang / dropship barang, silakan OL untuk mengetahui harga pasaran barang baik offline didaerah maupun online, kuasai dulu barang dan harganya. biasanya utk jenisnya terbagi jadi 2 audio dan akesoris. audio meliputi headunit, speaker, power, box, dll untuk aksesoris dibagi beberapa bagian aksesoris interior, aksesoris ekserior, aksesoris ligthing. kaca film. dan kelitrikan. serta mekanical system kinerja mobil non mesin. untuk selebihnya termasuk spart part. Untuk mencari supplier dan distributor ini yng lebih sulit anda setidaknya memiliki koneksi yang banyak. carilah supplier dipusat bandingkan harga, pokoknya jangan berhenti cari supplier yg paling murah dan bergaransi. urutan peredaran barang dari importir(pengadaan barang besar)-distributor(pengedar barang perwilayah)-broker(pengadaan barang per daerah)-supllier(pemberi barang ketoko) -reseller(toko/penjual)-user(pemakai). pelaku usaha semua itu tergantung modal kita masing. jika beruntung anda bisa masuk langsung ke broker.

    Ketiga pemasaran. untuk pemsaran ada bebrapa tahap yaitu membuat spanduk atau plang toko yang bernuansa otomotif , simple, dan menarik. perbanyak spanduk sponsor di toko anda. buatlah paket promosi dari audio sampe paket aksesoris. buatlah diskon harga, yang penting lagi setiap customer beli barang diatas nominal fantastic jangan segan2 kasih bonus barang yg murah spti parfum, ledplafon, led senja, dll terserah anda yg pastinya dia akan iklan sendiri dengan linknya.
    dan yng terakhir untuk tahap perkenalan awal pasang iklan via radio lokal supaya dikenal nama toko anda.

    sekian pengalaman saya membuka usaha dibidang variasi mobil (aksesoris mobil dan audio)

    Reply
  2. saya sudah mencoba usaha variasi mobil dgn sedikit modal pengetahuan di bidang audio n variasi mobil tp masih belum berhasil karena susah mendapatkan barang tampa modal n pada umumnya pemilik kendaraan kurand yakin pd bengkel saya karena kurangnya pajangan /disply promosi sudah se tahun ini saya jalani ternyata sangat kurang peminatnya ,sampai saya banting stir jd usaha bengkel motor utk menggurangi biyaya kontrak toko bagaimana ya cara nya biar bisa jalan lg variasinya ?

    Reply
  3. hi,salam sejahtera..

    Saya ingin bertanya tentang bisnis variasi mobil. Saya dan teman2 berencana ingin membuka suatu variasi mobil di pekanbaru,di mana pekanbaru mungkin masih merupakan lahan yg bagus untuk memulai suatu usaha.
    Tapi di suatu sisi saya juga ragu apakah nantinya usaha saya ini akan dapat berjalan dengan baik,karena info yg saya dapat dari teman yg di sana mengatakan kalau usaha salon mobil dia ramai. Saya berpikir karena pencucian mobil di mana2 pasti ramai.

    Nah oleh sebab itu bisakah Bapak memberi saya sedikit ilmu/jurus untuk dapat menarik masyarakat sana ?
    Terima kasih.

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba