Untung Besar! Manfaatkan 5 Peluang Bisnis Tanpa Modal

Peluang bisnis tanpa modal mungkin akan dianggap sebagai suatu hal yang tidak mungkin atau mustahil. Tapi pada dasarnya peluang bisnis tanpa modal adalah hal yang harus dimanfaatkan. Apalagi di masa pandemi covid19 yang membuat banyak orang kehilangan pekerjaan atau kena PHK. Banyak peluang usaha yang bisa dimanfaatkan. Maka dari itu peluang seperti ini rasanya akan sangat disayangkan kalau tidak dapat dimanfaatkan dengan baik.

Keuangan Sulit Cobain 5 Ide Bisnis Tanpa Modal Ini
Sumber : wealth-ideas.com

Saat ini perkembangan zaman telah berubah drastis terlebih sejak kehadiran teknologi yang selalu mengalami inovasi terbaru. Hal ini juga turut menjadikan semakin banyaknya peluang bisnis yang bermunculan. Salah satunya adalah ide bisnis tanpa modal yang juga makin terbuka lebar peluangnya untuk mendatangkan banyak keuntungan.

Seringkali keterbasan modal yang dimiliki membuat seseorang tidak bisa memulai sebuah bisnis. Tapi dengan jeli dan bisa memanfaatkan peluang, memulai bisnis tanpa modal adalah solusi atas keadaan tersebut. Asalkan mau berusaha keras dan berjuang untuk memanfaatkan peluang bisnis tanpa modal ini.

Siapa yang bisa manfaatin peluang bisnis tanpa modal?

Semua orang bisa mencoba untuk mulai berbisinis tanpa modal. Bisa jadi karyawan yang ingin punya penghasilan tambahan, ibu rumah tangga yang ingin lebih mandiri dengan punya penghasilan sendiri, mahasiswa atau pelajar yang ingin memulai bisnis sejak dini, dan tentunya orang-orang yang sedang berada dalam keadaan ekonomi yang sulit. Seperti mereka para karyawan atau pekerja yang kena PHK karena wabah corona ini dan juga pelaku usaha yang terdampak secara ekonomi selama pandemi ini.

Hanya dengan bermodalkan smartphone kamu bisa memulai sebuah bisnis yang keuntungannya menjanjikan. Dengan memanfaatkan media sosial debagai alat pemasaran sekaligus media komunikasi antara kamu dengan calon pelanggan. Ada beberapa ide bisnis tanpa modal yang bisa kamu lakukan kalau kamu sedang mengalami kondisi keuangan yang sulit karena mungkin kamu adalah salah satu dari sekian banyak orang yang kena PHK di masa wabah corona atau terdampak secara ekonomi selama masa pandemi covid19. Simak 5 ide bisnis tanpa modal yang bisa kamu lakukan!

5 Peluang Bisnis Tanpa Modal

1. Jasa Titip

Pernahkah kamu mendengar istilah jastip? Ya jastip kepanjangannya adalah jasa titip. Bisnis tanpa modal ini bisa dijalankan oleh siapa saja asalkan bisa mempersuasi target pasar dan punya banyak jaringan. Bisnis jastip bisa diperuntunkan untuk beragam jenis produk mulai dari produk yang dikonsumsi, dipakai seperti baju, atau bisa juga produk yang dipajang.

Awalnya bisnis jastip dulu berlaku untuk memfasilitasi banyak orang yang ingin memiliki produk atau barang dari luar negeri tapi belum ada kesempatan ke sana. Nah untuk orang-orang yang bisa ke luar negeri ini seperti untuk liburan atau pun urusan kerja memanfaatkan bisnis jastip untuk mendapatkan keuntungan.

Tidak perlu untuk melakukan riset pasar untuk mengetahui produk apa yang paling diminati. Cukup beritahukan saja kemana kamu akan pergi dan produk atau barang apa yang orang-orang inginkan dari tempat yang kamu kunjungi. Biasanya harga barang atau produk yang diminta konsumen aka dinaikkan harganya sebesar 15-20% dari harga asli.

2. Dropshipper

Menjadi seorang dropshipper pada dasarnya tidak membutuhkan modal sama sekali ketika memulainya. Saat pelaksanaan bisnisnya juga tidak rumit. Kamu tinggal menyampaikan pesanan dari konsumen kepada toko atau pihak pertma yang menjual suatu barang atau produk tertentu. Sistem bisnis dropship ini makin populer seringing dengan berkembangnya metode jual beli yang didukung oleh plafrom atau media online.

Ketika kamu memilih menjadi dropshipper kamu bisa mendapatkan keuntungan serta pengalaman terutama untuk di bidang bisnis online shop. Peran yang akan berjalan dalam kegiatan bisnis ini adalah hubungan antara penjual barang, kamu sebagai dropshipper, dan konsumen yang menjadi pembeli produk melalui kamu sebagai dropshipper.

Proses menjadi dropshipper sebagai bisnis tanpa modal ini juga tida rumit. Kamu tinggal mendapatkan kesepakatan dari penjual untuk menjadi dropshipper. Kemudian kamu menawarkan dan mempromosikan produk mereka ke pada calon pembeli. Manfaatkan internet untuk proses promosi sampai transaksi dengan pembeli. Sangat sederhana karena telah ada teknologi yang mendukung.

3. Bisnis Pre-Order Barang Custom

Sebenarnya bisnis ini hampir mirip dengan dropshipper. Bisnis tanpa modal ini dijalankan dengan menawarkan produk kepada calon pembeli dengan sifat produk yang sifatnya bisa custom. Jadi apa yang diinginkan oleh pembeli kamu sampaikan kepada penjual untuk menyiapkan barangnya. Produk custom ini bisa beragam. Seperti kaos dengan gambar karakter yang bisa custom. Kemudian aksesoris HP yang bisa direquest untuk desain dan warnanya. Bisa juga dengan furnitur yang bisa diminta oleh konsumen sesuai kebutuhannya muali dari ukuran, warna, dampai detail desainnya.

Tugas kamu adalah sebagai pihak yang menjembatani konsumen dengan produsen barang atau produknya. Pastikan saat menerima pesanan dari konsumen detailnya sudah jelas. Buatlah kesepakatan dengan konsumen mengenai detail pesanan produknya sampai benar-benar jelas. Ketika kesepakatan sudah dibuat barulah kamu memberikan detail pesanan kepada penjual atau produsen barangnya. Jangan sampai ada miss komunikasi yang terjadi ya. Karena hal ini bisa fatal dan menyebabkan kerugian. Perhatikan juga mengenai kesepakatan sistem pembayaran. Misalnya barang akan mulai diproduksi kalau sudah melakukan pembayaran setengah harga dan kesepakatan lain yang harus diperhatikan dan dibuat dengan sedetail mungkin. Ide bisnis tanpa modal ini cock buat kamu yang punya banyak koneksi.

4. Jadi Penulis Lepas

Kamu punya kemampuan menulis? Atau kamu mau mencoba membuktikan seberapa bagus tulisan kamu? Cobalah untuk menjadi freelance writer atau penulis lepas dengan memproduksi tulisan-tulisan yang sesuai dengan kemana tulisan kamu akan dikirim. Saat ini banyak media massa yang sudah menyediakan wadah bagi para writer untuk mempublikasikan karyanya. Sudah tentu dengan dibayar untuk setiap konten tulisan yang diterbitkan. Satu harga tulisan yang terbit nilainya lumayan loh! Tergantung dari kebijakan medianya.

Kamu bisa menulis artikel dengan beragam genre. Mulai dari artikel pop, tulisan ilmiah, atau bisa juga tulisan opini mengenai isu terkini yang sedang hangat dibicarakan. Selalu up to date dengan tren adalah modal utama untuk kamu bisa memproduksi tulisan-tulisan yang laku di pasaran. Pilihlah media massa atau mungkin perusahaan yang bisa memberikan nilai tinggi untuk setiap tulisan kamu yang terbit.

5. Bisnis Les Privat

Setiap kemampuan yang dimiliki oleh seseorang pada dasarnya bisa bernilai ekonomi apabila memahami bagaimana cara memanfaatkannya. Termasuk juga ide bisnis tanpa modal yang bisa dilakukan. Dari hal ini kamu bisa membuka les privat di rumah atau bisa juga memberikan layanan datang ke rumah klien. Jasa les privat bisa dengan les mata pelajaran untuk anak sekolah atau bisa juga les kemampuan atau keahlian tertentu.

Misalnya kamu memang punya kemampuan dalam menguasai materi pelajaran anak SD dari kelas 1-6, maka kamu bisa memanfaatkan ini dengan membuka les privat untuk anak SD. Mulailah dengan menawarkan jasa yang kamu sediakan ke tetangga atau saudara yang anggota keluarganya masih punya anak SD. Bisa juga dengan les keterampilan khusus, misalnya kamu punya keahlian dalam bidang musik maka bukalah les privat musik atau les keterampilan lain yang memang kamu kuasai bidangnya.

Itulah 6 ide binis tanpa modal yang bisa kamu coba untuk keluar dari keadaan ekonomi yang sulit. Tetap semangat ya! Yakinlah pasti ada jalan selama ada usaha yang dilakukan untuk keluar dari sebuah kesulitan. Kalau kamu ingin tips lain untuk memulai bisnis tanpa modal, kamu bisa klik di sini

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba