Peluang Bisnis, Peluang usaha

Bisnis Kreasi Jilbab, Bisnisnya Mudah Omsetnya Jutaan Rupiah

kreasi jilbabPerkembangan bisnis fashion yang semakin bervariatif, ternyata mendorong para muslimah di Indonesia untuk berkarya menciptakan kreasi jilbab baru dengan aplikasi yang unik dan menarik. Bila dulunya sebagian besar jilbab didominasi dengan warna polos, sekarang ini banyak produsen jilbab yang mulai mengkreasikan penutup aurat tersebut dengan pilihan warna yang menarik serta tambahan aplikasi yang cukup beragam. Sebut saja seperti kreasi jilbab renda, aplikasi sulam, tambahan manik-manik, jilbab lukis, serta tempelan pita yang unik, sehingga menambah kecantikan hijab yang dikenakan para muslimah di berbagai penjuru nusantara.

Melihat perkembangan trend jilbab yang semakin hari kian ramai, tidak ada salahnya bila Anda memanfaatkan moment tersebut untuk membuka sebuah usaha. Misalnya saja dengan merombak jilbab polos yang beredar dipasaran dengan ditambahkan aplikasi-aplikasi lucu yang bisa menambah kecantikan jilbab tersebut. Tertarik dengan peluang bisnis ini?

Bagi Anda para mahasiswi yang sedang bingung mencari bisnis sampingan, tidak ada salahnya bila mulai dari sekarang Anda mencoba peluang bisnis kreasi jilbab untuk mendatangkan untung jutaan rupiah setiap bulannya.

Konsumen
Belakangan ini kreasi jilbab cantik banyak diminati para hijaber atau pengguna jilbab yang sebagian besar adalah kalangan anak muda. Para mahasiswi, maupun remaja putri yang menginjak usia belasan tahun, biasanya menyukai jilbab yang nyaman ketika dikenakan serta memiliki pilihan warna yang beragam dengan motif-motif lucu yang terlihat semakin menawan ketika dipadukan dengan busana muslim yang mereka kenakan.

Info Bisnis
Seperti kita ketahui bersama, mayoritas penduduk Indonesia adalah orang muslim. Kondisi ini tentunya menjadi salah satu bukti nyata bagi kita semua, bila bisnis baju muslim tak terkecuali jilbab masih memiliki peluang pasar yang cukup potensial di negara Indonesia.

Nah, untuk membantu para pemula yang tertarik membuka usaha kreasi jilbab bisnisnya mudah omsetnya jutaan rupiah. Berikut ini kami informasikan beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memproduksi jilbab-jilbab cantik.

  1. Pertama-tama lakukan survey pasar untuk mengetahui kreasi jilbab yang sedang diminati para konsumen. Anda bisa melakukannya dengan melihat perkembangan mode yang ada di sekitar Anda, menambah inspirasi melalui majalah maupun internet, serta menyesuaikan kreasi jilbab sesuai dengan target pasar yang Anda bidik.
  2. Menjalin kerjasama dengan toko grosir jilbab untuk mendapatkan bahan baku (jilbab polosan) yang berkualitas unggul. Pastikan Anda mendapatkan penawaran harga yang lebih murah namun bahan yang didapatkan tidak murahan.
  3. Membeli aksesoris jilbab yang bervariasi. Misalnya saja seperti renda-renda cantik, pita, maupun manik-manik yang bisa memperindah kreasi jilbab yang Anda produksi.
  4. Lakukan update desain secara berkala. Hal ini penting agar produk Anda tidak ketinggalan zaman dan masih diminati para konsumen.

Cara Membuat Jilbab Berenda

Bahan dan alat :

  • Mesin jahit
  • Jarum jahit
  • Benang jahit dan benang sulam
  • Jilbab polos
  • Renda dan pita

Cara Membuat :

  • Pertama-tama, hias pinggiran jilbab dengan menggunakan renda. Untuk mempermudah kerja Anda, gunakan mesin jahit agar hasilnya bisa rapi dan optimal.
  • Setelah semua sisi jilbab terhiasi dengan renda, Anda bisa menambahkan aplikasi pita atau hiasan lainnya pada kain jilbab yang masih polos. Buatlah desain yang menarik seperti bunga, pita, dan lain sebagainya.
  • Untuk memasang pita atau aksesoris tersebut, bisa Anda lakukan dengan jahitan tangan dan menggunakan benang sulam.
  • Setelah jilbab terlihat cantik, bersihkan dari benang-benang yang tersisa dan lipat menjadi segi empat serta tonjolkan aplikasi pita yang Anda pasangkan.
  • Jilbab siap dikemas dalam goody bag dan dipasarkan ke calon konsumuen Anda.

Kelebihan Bisnis
Banyaknya jumlah muslimah di Indonesia ternyata cukup menguntungkan Anda dalam menjalankan usaha kreasi jilbab. Mengikuti perkembangan bisnis fashion yang semakin hari kian  beragam, permintaan jilbab di Indonesia pun juga mengalami peningkatan yang cukup tajam setiap harinya. Peluang ini tentunya bisa Anda manfaatkan dengan optimal untuk mendapatkan untung besar setiap bulannya dari bisnis kreasi jilbab.

Selain adanya lonjakan permintaan pasar, untuk merintis bisnis ini tidak membutuhkan modal usaha yang terlalu besar. Yang terpenting adalah kreativitas Anda dalam membuat desain dan mengetahui trend mode fashion yang sedang digandrungi konsumen Anda. Ketika modal skill dan pengetahuan telah Anda miliki, selanjutnya Anda bisa mencari alternatif untuk menekan modal usaha. Misalnya saja menjalin kerjasama dengan penjahit disekitar Anda untuk memasang renda di pinggiran jilbab. Dengan cara tersebut, Anda tidak perlu membeli mesin jahit yang harganya jutaan, dan hanya membutuhkan bahan baku jilbab polos dan aksesoris jilbab dari pita dan renda yang harganya relatif terjangkau.

Kekurangan Bisnis

Beberapa kendala yang sering dihadapi para produsen jilbab yaitu ketidakstabilan harga jilbab cantikbahan baku (tekstil), sehingga sebagai produsen Anda harus pintar-pintar menyiasati kondisi tersebut dan menjalin kerjasama dengan beberapa suplier bahan baku untuk mendapatkan penawaran harga yang cukup murah.

Disamping itu, persaingan pasar yang cukup ketat dari pabrik-pabrik jilbab yang menawarkan harga jual lebih murah, menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi Anda sebagai seorang pemula. Sehingga untuk menarik minat konsumen, Anda harus menawarkan kualitas produk yang lebih bagus dan memberikan nilai tambah pada desain kreasi yang Anda ciptakan, agar konsumen lebih tertarik untuk memilih produk Anda dibandingkan dengan kreasi jilbab buatan pabrik.

Strategi Pemasaran
Dalam memasarkan jilbab, Anda dapat menawarkannya langsung (door to door) ke beberapa orang di sekitar Anda. Misalnya saja kepada keluarga, teman kampus, tetangga, teman kost, ataupun ke beberapa kegiatan atau komunitas yang Anda ikuti. Sebut saja seperti di tempat pengajian, maupun di beberapa tempat kegiatan lainnya yang sering Anda datangi secara rutin.

Selanjutnya, Anda juga bisa memanfaatkan media internet untuk mengoptimalkan pemasaran produk Anda. Contohnya dengan membuat website toko jilbab online dan mempromosikannya di dunia maya melalui situs jejaring sosial (facebook, twitter, Yahoo Messenger, dll), email marketing, serta aktif di forum jual beli online yang bisa membantu Anda memperluas networking dan mendapatkan calon konsumen sebanyak-banyaknya.

Kunci Sukses
Kreativitas Anda dalam menciptakan ide-ide segar, menjadi salah satu kunci kesuksesan yang Anda butuhkan dalam menjalankan bisnis kreasi jilbab. Kejelian dalam melihat peluang pasar, dan kreativitas Anda dalam menciptakan sebuah inovasi baru, memberikan daya tarik tersendiri bagi para konsumen, sehingga tidak menutup kemungkinan bila mereka semakin loyal dengan produk Anda dan mendatangkan untung besar setiap bulannya bagi perkembangan bisnis Anda.

Analisa Ekonomi

Asumsi
Proses produksi bisa dilakukan dari tempat kost ataupun rumah pribadi.
Kreasi jilbab menggunakan renda, pita, korsase bunga, dan manik-manik.

Modal Awal
Mesin jahit Singer                          Rp 1.800.000,00
Perlengkapan jahit (benang, jarum)          Rp   100.000,00
Aksesoris (renda, manik-manik, pita)        Rp   200.000,00
Jilbab polos @ Rp 10.000,00 x 50 pcs        Rp   500.000,00
Goody bag/ kemasan (Rp 1.000  x 50 pcs)     Rp    50.000,00+
Total                                       Rp 2.650.000,00

Mesin jahit mengalami penyusutan setelah digunakan 5 tahun :
1/60 bulan x Rp 1.800.000,00          =     Rp 30.000,00/bln

Biaya operasional per bulan
Bahan-bahan produksi :
Jilbab polos @ Rp 10.000,00 x 100 pcs       Rp 1.000.000,00
Benang dan jarum       `                    Rp   100.000,00
Bahan aksesoris jilbab                      Rp   200.000,00
Goody bag/kemasan (Rp 1.000 x 100 pcs)      Rp   100.000,00
Biaya listrik                               Rp   250.000,00
Biaya transportasi                          Rp   300.000,00
Biaya penyusutan                            Rp    30.000,00+
Total biaya operasional                     Rp 1.980.000,00

Omset per bulan
Harga rata-rata jilbab kreasi adalah Rp 25.000,00
Penjualan/ hari :
5 jilbab x @ Rp 25.000,00              =    Rp 125.000,00
Omset/ bulan :
Rp 125.000,00 x 30 hari                =    Rp 3.750.000,00
Laba bersih per bulan  
Rp 3.750.000,00 - Rp 1.980.000,00      =    Rp 1.770.000,00

ROI (Return of Investment)
(Modal awal : laba bersih per bulan)   =    1,5 bulan

Semoga informasi peluang usaha yang kami angkat pada pekan ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menginspirasi seluruh masyarakat di Indonesia untuk berani merintis usaha. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.

Sumber gambar :
1. http://kerudungmodern.com/wp-content/uploads/2012/02/kerudung-modern-11.jpg
2. http://tabloidwanitaindonesia.net/upload/agustus%202011/edisi%201128/foto/bisnisanda.jpg