Kue leker, Crepesnya Kota Solo

kue lekerPernah jalan-jalan ke Solo? Apa yang diingat dari kota solo? Pasar klewer, Manahan, Masjid agung, Keraton, Kebo bule dan yang pasti kuliner khas solo yang cenderung bercita rasa manis. Banyak kuliner yang cukup terkenal yang berasal dari Solo seperti Roti Kecik Ganep, intip, roti mandarin, tengkleng, gulai, gudeg adem ayem, serabi Notosuman, dan ada satu jenis makanan atau camilan tradisional yang cukup digemari yaitu Kue Leker.

Coba sekali – kali datang ke daerah Manahan, Anda akan dapat menjumpai banyak pedagang yang menjajakan kue leker. Kata leker berasal dari bahasa belanda yang berarti enak. Kue leker merupakan kue sejenis panekuk yang adonanya terbuat dari bahan baku tepung terigu, telur ayam, gula pasir, gula Jawa dan perasa vanili. Diatas permukaan leker biasanya ditaburi gula, coklat, pisang  atau susu.

Proses pembuatannya cukup simple dan alat yang digunakan pun sederhana, hanya membutuhkan kompor, wajan kecil, dan sotil. Kue leker nikmat dimakan selagi hangat. Proses pembuatannya mirip seperti martabak, yang membedakan adalah bentuk akhir dari kue leker ini yang lebih tipis. Harganyapun sudah pasti berbeda. Kue leker tergolong cemilan yang enak dan murah meriah. Harga Kue leker isi coklat, kacang dan pisang raja hanya Rp 500.

Sebenarnya leker bisa diolah dengan banyak variasi rasa seperti kue crepes yang sudah banyak dijumpai di mal-mal. Ada rasa caramel, keju, hingga mayonaise dan sosis mozzarella yang biasa ditambahkan pada pizza. Boleh dibilang crepes adalah leker versi modern. Kue leker memang mirip crepes namun kue leker lebih lembut di bagian dalamnya. Dengan membuat leker yang beraneka rasa maka akan lebih menarik banyak konsumen, sehingga tidak mustahil jika kue leker bisa ngetop juga seperti crepes. Prancis boleh punya crepes sebagai ikon kulinernya, tapi Solo juga punya kue leker yang tidak kalah rasanya.

Tertarik ingin membuat kue leker? Simak langkah-langkah membuat kue leker berikut:

Resep kue leker

Bahan :

  • 100 gr tepung terigu
  • 1 btr telur
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir
  • vanili bubuk secukupnya
  • air secukupnya


Bahan Isi:

  • pisang raja secukupnya, iris bulat tipis
  • susu kental manis cokelat secukupnya
  • gula pasir secukupnya
  • meises cokelat secukupnya

Cara pembuatan:

  1. Siapkan mangkuk agak besar, ayak-lah tepung terigu.
  2. Lalu masukkan telur yang sudah dikocok, vanili, garam, dan air.
  3. Aduk hingga tercampur rata dan biarkan selama kurang lebih 15 menit.
  4. Setelah itu, panaskan sedikit mentega di atas wajan pipih.
  5. Tuang satu sendok sayur adonan, buat dadar tipis dari adonan. Masak di atas api kecil saja.
  6. Tambahkan bahan isi. Lalu lipat adonan.
  7. Kue leker siap dihidangkan

( Sumber gambar: http://users.tpg.com.au/stanolin/fotorecipes2/kueleker.jpg )

34 thoughts on “Kue leker, Crepesnya Kota Solo”

  1. Kalau masalah modal insyaallah udah terkumpul ,saya pengin beli perlengkapany aja tanpa gerobak kira2 sm onkir ny nyampai brapa y?

    Reply
    • Terimakasih atas respon yang disampaikan. Mohon maaf Ibu Ninu, untuk saat ini kami belum menyediakan perlengkapan untuk usaha kue leker. Akan tetapi, ibu bisa membeli peralatan tersebut di toko perabot rumah tangga. Sebab peralatan yang dibutuhkan untuk merintis bisnis kue leker sebenarnya cukup sederhana, bahkan bisa dimulai dengan memanfaatkan perabot masak yang sudah ada di dapur. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Sebagai langkah awal, Ibu Ninu Susilowati bisa memanfaatkan perabot rumah tangga yang ada di dapur. Misalnya saja seperti menggunakan wajan teflon untuk membuat crepes. Ketika modal usaha yang dimiliki telah terkumpul, selanjutnya Ibu bisa membuat peralatan yang lebih memadai. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
  2. saya mau buka bisnis leker tapi gak tau resepnya dan membeli alatnya dimana?minta pengarahanya donk dan sebelumnya terima kasih

    Reply
  3. Bisnis Franchise ini sebenarnya tak hanya menguntungkan pemilik merek saja. Tapi bagi yang menggunakan merek tersebut juga memetik untung cukup besar. Walaupun untuk membeli merek tersebut mesti merogoh kocek yang tidak sedikit, kendati tidak semahal Franchise asing.

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba