Kunci Kesuksesan Monetisasi Blog

blogBesarnya keuntungan yang dihasilkan dari berbagai jenis peluang bisnis online, ternyata mendorong para blogger yang dulunya hanya memanfaatkan media blog sebagai ruang personal semata, kini mulai mengeksplorasi blog mereka guna mendapatkan untung besar setiap bulannya melalui kegiatan monetisasi blog.

Meskipun kegiatan monetisasi blog sendiri bukan sesuatu yang baru lagi bagi sebagian besar para blogger, namun sampai hari ini ternyata masih banyak blogger pemula yang mengalami beberapa kendala dan kegagalan besar dalam menjalankan monetisasi blog. Padahal, sebenarnya cara monetisasi blog sangatlah luas. Berbagai macam strategi bisa dijalankan para pelaku bisnis online untuk mendapatkan penghasilan yang menggiurkan melalui blog mereka, misalnya saja dengan menjual produk atau jasa secara online, memasang iklan, menjalankan program affiliate, atau bisa juga menjual blog tersebut kepada para broker yang cukup potensial.

Untuk membantu para pemula maupun para blogger yang tertarik melakukan monetisasi blog guna mendatangkan untung besar setiap bulannya. Berikut ini kami informasikan empat kunci kesuksesan monetisasi blog yang perlu Anda perhatikan sebelum terjun ke bisnis online tersebut.

Pertama, membuat konten blog berkualitas. Keberadaan konten di sebuah blog tentunyakonten blog menjadi salah satu poin penting guna memancing kunjungan dari para konsumen. Bahkan bisa dikatakan sebagian besar pengguna internet memiliki alasan yang hampir sama yaitu awalnya ingin mencari informasi-informasi penting yang saat itu mereka butuhkan. Ketika informasi tersebut telah mereka dapatkan di blog Anda, maka selanjutnya mereka tidak akan segan-segan untuk kembali mengunjungi blog Anda hingga pada akhirnya mereka tertarik untuk bergabung menjadi member Anda dan melakukan sejumlah transaksi pembelian yang ditawarkan. Oleh karena itu, sebisa mungkin sajikan konten-konten yang menarik dan pastinya selalu update (baru), agar para konsumen Anda semakin enggan berpaling ke situs blog yang lain.

Kedua, meningkatkan traffic blog Anda. Faktor kedua yang perlu Anda perhatikan adalah meningkatkan traffic kunjungan, sehingga para konsumen bisa menemukan blog Anda dengan mudah. Untuk mengoptimalkan traffic kunjungan blog Anda, bisa diperoleh melalui dua cara. Yang pertama bisa didapatkan dari strategi traffic gratisan misalnya saja seperti para pengunjung yang datang ke blog Anda melalui hasil pencarian search engine, atau bisa juga mempromosikan blognya melalui social media, forum online, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk strategi traffic berbayar, bisa didapatkan melalui iklan Pay Per Click (PPC), dan lain-lain.

Ketiga, layanan pre-selling. Untuk mendukung monetisasi blog, yang Anda butuhkan tidak hanya produk berkualitas dan traffic kunjungan yang cukup tinggi, namun juga pelayanan prima pra-penjualan untuk meningkatkan daya tarik konsumen terhadap produk Anda. Ketika Anda melayani dengan ramah dan penuh dengan pengertian, maka konsumen pun tidak segan-segan untuk memborong produk Anda dan kembali lagi berbelanja di halaman blog Anda. Untuk itu, sebisa mungkin perlakukan konsumen seperti seorang raja, layani dengan sepenuh hati dan berikan apa yang mereka butuhkan, bila perlu berikan hadiah khusus agar mereka semakin senang untuk bertransaksi di situs online Anda. Bila loyalitas konsumen semakin meningkat, tidak menutup kemungkinan bila omset yang Anda dapatkan juga bisa mulai melesat.

Keempat, mulai aktif mendatangkan penjualan. Ketika blog Anda telah memiliki konten yang selalu update, traffic kunjungan yang mulai meningkat, dan memperhatikan kegiatan pre-selling untuk membangun loyalitas para konsumen, maka selanjutnya giliran Anda untuk mengubah loyalitas konsumen yang ada menjadi sumber penghasilan baru yang cukup menggiurkan. Beberapa kegiatan monetisasi blog yang bisa Anda jalankan antara lain memanfaatkan halaman blog untuk membuka toko online, menjadi publisher iklan, menawarkan jasa desain website dan desain grafis, jasa penulisan atau copywirting, serta masih banyak lagi peluang bisnis online lainnya yang bisa Anda jalankan melalui halaman blog yang dimiliki.

Dengan memperhatikan empat poin penting diatas, diharapkan para pemula maupun pelaku bisnis online yang memanfaatkan halaman blog sebagai media pemasaran bisnisnya, bisa mendapatkan untung besar setiap bulannya dan mendatangkan calon konsumen sebanyak-banyaknya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.

Sumber gambar :
1. http://1.bp.blogspot.com/-MmURweudCPE/Ts47kr9mi3I/AAAAAAAAAD0/Jlo5a23Kg9U/s1600/blog-money.jpg
2. http://w21.indonetwork.co.id/pdimage/90/2942390_content-wrwiting.jpg

3 thoughts on “Kunci Kesuksesan Monetisasi Blog”

  1. Trims uda berbagi banyak tips seputar monetisasi blog. Banyak artikel bermanfaat yg saya dapat dari blog ini.

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba