Kunci Sukses Memulai Bisnis Sampingan Kos-Kosan

Bisnis Kos-KosanBisnis kos-kosan merupakan salah satu pilihan tepat untuk dijadikan sebagai bisnis sampingan karena bisnis ini cenderung stabil di Indonesia, terutama untuk kota-kota besar yang terdapat banyak kampus atau perguruan tinggi seperti Jakarta, Bandung. Yogyakarta serta kota besar lainnya yang tersebar luas. Karena begitu banyaknya arus masuk ke kota-kota besar tersebut, itu berarti bahwa permintaan sektor tempat tinggal juga semakin tinggi.

Sementara itu, penawaran untuk tempat tinggal atau kos-kosan justru semakin menurun karena faktor tingginya atau mahalnya harga tanah di kota-kota besar. Oleh sebab itu, bisnis kos-kosan merupakan peluang bisnis sampingan yang cukup menjanjikan keuntungan besar jika digeluti atau dijalankan dengan baik. Jika Anda tertarik untuk menjalankan bisnis kos-kosan ini. Maka ada beberapa kunci sukses memulai bisnis sampingan kos-kosan yang perlu Anda perhatikan.

Lokasi

Lokasi untuk menjalankan bisnis kos-kosan tergantung pada pasar yang akan Anda incar. Jika yang menjadi incaran dalam bisnis sampingan ini adalah kaum mahasiswa, maka pilihlah lokasi disekitar kampus. Namun jika yang Anda incar adalah para karyawan maka pilihlah lokasi di sekitar perkantoran.

Kenyamanan, kebersihan serta keamanan

Hal ini adalah salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan untuk menjadikan bisnis kos-kosan Anda unggul dalam persaingan. Bisa jadi, di sekitar lokasi kos yang Anda miliki telah banyak pelaku bisnis kos yang lebih dulu menjalankan bisnis ini dengan menawarkan fasilitas yang sama dengan yang Anda miliki. Itu berarti bahwa kebersihan, keamanan serta kenyamanan bisa dijadikan sebagai faktor penentu serta nilai tambah.

Harga

Menetapkan sebuah harga adalah hal yang gampang-gampang susah untuk dilakukan, semua itu tergantung pada lokasi, fasilitas yang diberikan serta kota tempat bisnis berjalan. Semakin dekat lokasi kos-kosan dengan kampus atau perkantoran biasanya harga akan semakin mahal. Fasilitas yang lengkap juga akan semakin membuat harga kos-kosan makin mahal. Namun, jika biaya hidup di kota Anda masih tidak terlalu besar maka biasanya harga untuk kos-kosan juga tidak terlalu tinggi.

Layanan tambahan

Jika konsumen Anda adalah seorang pegawai, maka Anda perlu menyediakan tenaga untuk mencuci baju atau hanya sekedar membersihkan kamar. Karena biasanya mereka telah kelelahan sepulang dari kantor. Dan untuk kaum mahasiswa, adanya layanan internet sangatlah menarik karena layanan internet gratis atau WiFi sangat mendukung untuk mencari tugas-tugas perkuliahan.

Akses

Apakah lokasi kos-kosan mudah dijangkau atau adakah kendaraan umum yang lewat di depan kos-kosan. Apakah mobil atau motor bisa masuk ke lokasi kos-kosan. Hal ini adalah faktor yang cukup menunjang dalam menjalankan bisnis sampingan kos-kosan.

Fasilitas

Yang standar untuk fasilitas kos-kosan biasanya adalah tempat tidur plus kasur dan juga almari. Jika target pasar Anda adalah para mahasiswa, akan lebih baik jika Anda juga menyediakan meja belajar. Namun, jika incaran Anda adalah para karyawan dan kota Anda berhawa panas, maka AC akan sangat diminati oleh konsumen, plus kamar mandi dalam. Karena faktor kenyamananlah yang akan mereka cari. Karyawan membutuhkan tempat istirahat yang nyaman, setelah mereka lelas seharian bekerja.

Itulah beberapa tips bisnis sampingan kos-kosan yang bisa Anda jalankan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan membantu Anda dalam menjalankan bisnis kos-kosan. Manfaatkan peluang bisnis yang ada dengan sebaik-baiknya. Selamat mencoba dan salam sukses!

Sumber gambar : http://img705.imageshack.us/img705/8445/68326311.jpg

1 thought on “Kunci Sukses Memulai Bisnis Sampingan Kos-Kosan”

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba