Kunci Sukses Menjadi Seorang Mompreneur

mompreneurMenjadi seorang ibu rumah tangga yang sekaligus merangkap menjadi pelaku usaha, memang bukan urusan mudah bagi sebagian besar wanita. Meskipun sejatinya seorang wanita memiliki kemampuan multitasking, namun dibutuhkan pula skill tambahan agar mereka bisa menjalankan dua peran tersebut dengan seimbang.

Karenanya, untuk membantu kaum hawa khususnya para ibu rumah tangga yang tertarik menekuni bisnis rumahan. Berikut kami informasikan kepada para pembaca mengenai 5 kunci sukses menjadi seorang mompreneur yang perlu diperhatikan para ibu rumah tangga ketika hendak merintis bisnis rumahan.

Kunci sukses pertama, fokus pada kemampuan dan berdayakan anggota keluarga. Mengingat waktu Anda cukup tersita dengan segala urusan rumah tangga, maka sebaiknya fokuslah pada kemampuan Anda dan sisanya berdayakan anggota keluarga lainnya. Setidaknya, kerjakan hal-hal yang Anda sukai dan tentunya mampu Anda kerjakan dengan baik. Sedangkan pekerjaan lain yang tidak bisa Anda lakukan sendiri, bisa Anda delegasikan ke anggota keluarga lain. Misalnya saja Anda menjadi salah seorang agen baju muslim, Anda bisa meminta bantuan suami Anda untuk membuat website toko online dan memasarkannya melalui internet.

Kunci sukses kedua, memiliki ruang khusus untuk operasional usaha. Meskipun Anda menjalankan bisnis tersebut dari rumah, namun sebagai seorang mompreneur Anda harus memperhatikan keselamatan dan kenyamanan keluarga Anda. Pastikan bila bisnis rumahan yang Anda jalankan telah memiliki ruang usaha yang terpisah, sehingga tidak mengganggu aktivitas keluarga Anda.  Misalnya saja seperti memanfaatkan ruang kamar yang kosong, halaman rumah belakang, ruang garasi, dan lain sebagainya. Hal ini perlu Anda perhatikan dengan baik, agar operasional bisnis Anda tidak terganggu dan begitu juga sebaliknya.pembukuan sederhana

Kunci sukses ketiga, buat pembukuan sederhana.Walaupun bisnis Anda masih terbilang kecil, namun jangan pernah mengesampingkan pembukuan atau laporan arus kas usaha. Buatlah pembukuan sederhana ala UKM, yang mencatat semua transaksi dengan rapi, berurutan sesuai dengan tanggal transaksi, serta benar sesuai dengan kenyataan. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui laju pertumbuhan bisnis Anda secara rutin dan mengetahui masalah apa saja yang sering muncul di tengah-tengah perjalanan usaha Anda.

Kunci sukses keempat, percaya diri dalam membangun jaringan bisnis. Terkadang, sebagian besar mompreneur merasa minder bila harus berhadapan dengan para pengusaha yang didominasi oleh para pria. Padahal, baik pria maupun wanita memiliki hak yang sama untuk bisa sukses merintis usaha. Karena itu, bangun kepercayaan diri Anda sekarang juga dan perluas jaringan bisnis yang Anda miliki.

Kunci sukses kelima, bersikap profesional serta bisa membedakan urusan rumah tangga dan usaha. Seperti kita ketahui bersama, kebanyakan wanita lebih mengandalkan perasaan dibandingkan logika mereka. Kondisi inilah yang menjadikan para mompreneur kurang profesional dalam bekerja, sehingga tidak jarang permasalahan yang muncul dalam rumah tangga ikut berimbas ke produktivitas perusahaan.

Semoga kelima tips bisnis rumahan yang kami angkat pada pekan ini bisa memberikan inspirasi bagi para pembaca dan membantu para mompreneur di Indonesia yang sedang bingung menjalankan bisnis rumahan. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://tech.co/wp-content/uploads/2012/05/Mompreneur-tips.jpg
2. http://www.kabarukm.com/wp-content/uploads/2012/06/Pembukuan-Sederhana-Untuk-UKM.jpg

1 Komentar

Comments are closed.