Laris Manis Jualan Minuman Kekinian, Pakai Susu Murni Dan Buah Asli

Panutan banget, cita-cita mulia, jualan minuman kekinian pakai susu murni dan buah asli. Sekarang kan banyak tuh pedagang curang yang suka ngoplos bahkan pakai pemanis buatan udah bukan rahasia lagi. Nah, bisnis minuman kekinian bernama Mixsu yang dimiliki Pak Toni ini bisa jadi alternatif kamu yang pengen minuman enak yang tetap sehat.

Toni Hariyanto merupakan owner dari Mixsu, minuman kekinian susu murni dengan buah asli. Mixsu ini adalah minuman susu kekinian murni yang dicampur dengan buah – buahan segar. Awal mula tertarik dengan bisnis minuman ini berawal dari perjumpaan dengan anak anak yang selalu membeli minuman cup dengan berbagai macam rasa, varian, merk. Dengan harga yang cukup fantastis ternyata peluang bisnis minuman banyak digeluti para pelaku bisnis cukup menggiurkan.

Bisnis utama yang ditekuni dibidang sepatu, Ia mengaku dirinya sebagai distributor sepatu di DIY dan Jateng. Ia memiliki gerai sepatu di daerah Jogja tepatnya di Maguwoharjo, Sleman.

Jualan Minuman Kekinian, Pakai Susu Murni Dan Buah Asli

Inspirasi Jualan Minuman Kekinian

Awal tertarik jualan minuman kekinian ini berawal dari beberapa kali main mengunjungi mall di Jogja, begitu menjamurnya bisnis minuman dan dijual dengan harga yang fantastis. Dari harga 15 rb – 20 rb, meski dengan harga yang cukup tinggi anak – anak selalu tergoda dengan minuman ini.

Kemudian ketertarikan berlanjut ke eksperimennya untuk mencoba minuman terbuat dari apa, ada beberapa tawaran franchise yang cukup menggiurkan. Namun sebagai seorang pebisnis Ia mengaku tertantang untuk melahirkan sebuah brand sendiri dari pada memilih bergabung dengan franchise. Dengan penelitian, uji coba beberapa kali gagal dirumah sehingga bisa mendapatkan formula dan racikan formula yang pas untuk minuman mixsu ini.

Perolehan Bahan Baku

Sebagai bahan utama mixsu ini adalah susu murni, yang diambilnya dari sebuah koperasi yang sudah dikatakan steril, halal, dan juga koperasi yang sudah sterilisasi sehingga kandungan susu sudah memenuhi nilai gizi yang sudah ditentukan BPOM dan yang sudah standart.

Kemudian kegelisahannya muncul ketika anak – anak mengkonsumsi minuman yang kalo diteliti nilai gizinya kurang. Dimana banyak terjadi dari minuman dengan campuran susu kental manis dan bubuk – bubuk rasa lainnya. Disini Bapak Toni ingin menyajikan minuman yang 100% memiliki nilai gizi yang cukup baik dan sehat. Sehingga Ia membuat takeline 100% susu murni 100% buah asli.

Berhasil Membuka 3 Gerai

Untuk para konsumen anak – anak dan perempuan yang mengedepankan nilai gizi untuk tubuh, minuman susu alami Mixsu dari Pak Toni ini sangat direkomendasikan. Hebatnya hanya dengan waktu 2 bulan, Ia mampu memiliki 1 gerai BEP saat ini Ia sudah memiliki 3 gerai mixsu.

Pada awalnya Ia bekerja sama dengan alfamart, membuka gerai di depan alfamart yang dalam tanda kutip penyertaan modalnya tidak terlalu banyak. Tapi dalam beberapa minggu lagi mixsu akan mempunyai yang menyajikan berbagai aneka varian yang tentunya masih menjaga komitmen dan menjaga minuman yang sangat sehat susu murni dan buah asli.

Jualan Minuman Kekinian Susu Murni

Mixsu yang menjadi andalan dalam produk ini campuran buah asli, ada buah mangga, anggur, pisang, strawbeerry, melon, semua didapatkan di toko buah yang bias dijamin kesegarannya, kualitas barang tersebut. Sehingga apa yang diberikan dalam campuran susu dan buah menjadi campuran yang benar -benar sehat.

Tetapi perkembangan zaman juga harus diikuti, varian – varian yang tidak ada dalam kandungan susu harus disediakan, contohnya varian dengan kombinasi cappucino, caramel, kopi coklat. Untuk sekarang ini menyediakan bubuk namun juga menyediakan bubuk dengan kualitas terbaik.

Jualan Minuman Kekinian, Pakai Susu Murni Dan Buah Asli

Susu Murni Buah Asli

Kamu harus coba minuman mixsu dan terus menjadi pelanggan mixsu karena keunggulan minuman ini adalah 100% susu sapi segar murni dan 100% dikombinasikan buah asli segar. Untuk target pasar Pak Toni membidik para anak muda milenial. Sehingga mau tidak mau sosmed adalah jalan yang harus dipilih untuk memasarkan dan memperkenalkan produk mixsu ini.

Untuk pemasaran produk ini dilakukan melalui instagram, facebook dan wa grup. Ia juga mengaku menjalin hubungan kerja sama dengan gofood dalam hal ini gojek Indonesia, juga dengan grab food. Mengenai pembayaran juga bekerja sama dengan ovo, gopay. Sehingga dengan kemudahan – kemudahan yang diberikan, kaum milenial yang saat ini lebih mengutamakan medsos untuk berkomunikasi. Maka Ia juga harus mengikuti perkembangan zaman yang ada tersebut.

Strategi Pemasaran

Ujung tombak untuk memasarkan menggandalkan sosial media, untuk setiap gerai strategi pemasaran jelas berbeda. Jika gerai yang didekat dengan kampus dan target pasarnya mahasiswa maka pemasaran menggunakan media sosial. Kemudian untuk gerai yang tidak dekat dengan kampus maka strategi pemasaran yang digunakan dengan menggunakan promo elalui gofood dan grabfood.

Kesulitan Memperkenalkan Brand

Kesulitan dalam membangun sebuah brand memang selalu ada, terutama melahirkan brand sendiri dan kemudian mengangkatnya agar dikenal dan diterima oleh masyarakat. Untuk yang pertama dilakukan uji formula, membutuhkan waktu berminggu – minggu untuk takaran susu, gula dan buah.

Nah itu semua harus ditemukan, bukankah apabila susu terlalu banyak tidak akan enak, jika gulanya terlalu banyak maka juga akan kemanisan dan kurang nikmat. Kemudian kesulitan memasarkan brand menjadi tantangan tersendiri. Karena akan ada kepuasan tersendiri ketika brand tersebut bisa diterima oleh masyarakat.

Below The Line

Pak Toni lebih memilih below the line artinya lokasi yang ditempati harus menyebar beberapa poster, leaflet yang disebar sekitar 1 meter disekitar gerai mixsu ini. Sehingga jikalau berjalan didekat gerai dan disitu ada tempat kosong, entah tiang listrik, atau papan – papan tentu dimanfaatkan dengan menempelnya menggunakan ijin yang ada.

Promo Menarik Pelanggan

Untuk awal memperlakukan promo tentunya seperti beli 1 gratis 1, api untuk 3 pembeli pertama. Promo itu begitu mengena, sehingga banyak yang berminat dan datang pagi – pagi untuk antri mixsu ini karena promo hanya berlaku untuk 3 pembeli pertama.

Setelah itu selesai Ia memperlakukan promo lainnya, jika awalnya Ia menerapkan promo beli 1 gratis 1, atau pilih cp sesukamu dengan harga 20 ribu. Itu juga dilakukan, beberapa cara tersebut digunakan untuk membuat brandnya semakin kuat. Kemudian juga untuk menjaga persaingan diluar ada banyak brand yang juga menjalankan berbagai strategi – strategi promosi.

Motivator Membuka Bisnis

Harapan utama dari mixsu ini menjadi brand yang sangat kuat, bisa membuka franchise. Ada juga beberapa mahasiswa yang datang untuk belajar membuat minuman susu kekinian mixsu sangat terbuka sehingga ada 2 mahasiswa yang kini telah berhasil membuka gerai serupa namun berbeda brand dengan mixsu ini.

Nah mereka belajar langsung dengan Bapak ini mulai dari bagaimana pengelolaan produknya, marketingnya, dan pengelolaan akuntansinya. Nah Bapak Toni snagat terbuka karena baginya ilmu harus dibagikan jadi tidak harus ditutupi. Rezeki adalah rahasia Allah dan sudah ada jalannya masing – masing, itu yang menjadi komitmennya.

Harapan Owner

Sehingga harapannya mixsu bisa menjadi brand yang terus berkembang, memenuhi kebutuhan dari masyarakat. Tentu nilai gizi dan kesehatan juga akan terus dipertahankan serta dijaga. Bagi temen – temen yang belum pernah cobain es mixsu ini gerainya berada di depan Alfamart Paingan, kemudian Alfamart Jalan Damai, dan juga di Tajem. Kemudian promo yang masih ada yakni pilih 3 cup rasa sesukamu cukup 20 ribu saja.

Kemasan Mixsu

Untuk kemasan es mixsu ini dulu diproduksi dengan menggunakan stiker, ketika setelah mengetahui sebuah kantor bikin kemasan yang namanya dikemas, Bapak ini langsung datang ke kantor dan disambut dengan para CS yang membantu memberikan pilihan cup, memberikan gambaran yang sangat membantu memilih dan yang pasti dikemas memberikan solusi desain gratis.

Beberapa kali perubahan desain namun tetap sabar melayani. Ia pun merasakan sebuah kenyamanan dan nilai manfaat yang luar biasa ketika menjalin kerja sama dengan dikemas.com. Untuk teman – teman yang masih kesulitan membuat kemasan botol, cup, dan lain sebagainya silahkan bisa datang langsung di Jalan Kapten Haryadi no. 3 Sleman.

Nah itu tadi adalah liputan hasil wawancara team BisnisUKM dengan pengusaha minuman kekinian. Tonton juga video liputannya di channel youtube TVBisnis. Nantikan video terbaru lainnya yang lebih menarik, jangan sampai ketinggalan. Like, comment dan subscribe ya !

Tonton juga video liputan terbaru kami berikut ini, dan semoga menginspirasi. Selamat menonton.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba