Bisnis Jasa Laundry Pakaian Untuk Ibu Rumah Tangga

Bisnis jasa laundry pakaian masih punya peluang yang menjanjikan untuk jangka waktu yang panjang. Begitu juga dengan perkembangan bisnis jasa laundry pakaian yang sekarang ini semakin hari meningkat pesat. Bahkan belakangan bisnis jasa laundry pakaian banyak dipilih sebagai investasi masa depan mengingat keuntungannya cukup besar. Sehingga tidak heran lagi jika bisnis jasa laundry pakaian rumahan sekarang ini banyak dijumpai hampir di setiap wilayah. Banyaknya layanan jasa sejenis menjadikan persaingan pasar bisnis jasa laundry pakaian semakin ketat. Untuk memenangkan persaingan tentu dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan sasaran pasar.

Peluang Bisnis Jasa Laundry

Banyak orang di kota besar yang tidak bisa membagi waktunya untuk mencuci pakaiannya sendiri. Sebab secara umum sejak pagi mereka sudah bergelut dengan pekerjaanya ataupun kuliah, pulang sudah larut malam, dan hanya ada satu di benak pikiran yaitu istirahat. Maka pekerjaan domestik seperti mencuci pakaian lebih memilih menggunakan jasa laundry. Tinggal taruh barang, dua atau tiga hari kemudian bisa diambil dalam keadaan sudah disetrika rapi. Lebih praktis, tidak repot, murah, pakaian pun siap pakai. Apa lagi di masa liburan panjang seperti momen mudik lebaran di mana banyak asisten rumah tangga yang pulang kampung. Sehingga banyak yang beralih untuk mengurus pakaian ke bisnis jasa laundry.

Bisnis Jasa Laundry Pakaian Peluang Untuk Ibu Rumah Tangga
shutterstockcom

Selain itu bisnis jasa laundry pakaian juga akan sangat potensial ketika lokasinya berdekatan dengan wilayah kampus. Banyak anak kos atau pun mahasiswa yang akan sangat membutuhkan jasa laundry. Para mahasiswa atau anak kos akan lebih memilih jasa laundry untuk memastikan pakaian mereka bersih dan rapi. Dibandingkan dengan mengurus pakaian sendiri mulai dari mencuci sampai menyeterika pakaian. Maka dari itu banyak bisnis jasa laundry  pakaian yang menerima cucian bagi anak kos khususnya para mahasiswa dengan sistem kiloan. Sebab dirasa harga dari laundry kiloan murah dan sangat terjangkau untuk kantong mahasiswa.

Bisnis jasa laundry pakaian akan sangat cocok untuk Bunda yang ingin mendapatkan penghasilan dengan usaha skala rumahan. Jadi tidak perlu menyewa ruko atau kios untuk bisnis jasa laundry pakaian. Cukup jadikan sebagian tempat tinggal Bunda jadi tempat bisnis jasa laundry pakaian. Bisnis ini akan punya peluang yang menjanjikan apa lagi kalau tempat tinggal Bunda berada di lokasi yang strategis. Lokasi yang strategis untuk bisnsi jasa laundry adalah di wilayah kampus atau perkantoran di mana akan ada banyak anak kosan yang tinggal. Itulah konsumen potensial yang akan menjadi pelanggan bisnis laundry pakaian yang Bunda jalankan.

Strategi Pemasaran Bisnis Jasa Laundry

Untuk menjalankan bisnis ini tentu Bunda memerlukan strategi pemasaran yang tepat agar bisa berjalan dengan baik. Sebab bisnis dalam bidang apa pun itu akan memerlukan strategi pemasaran supaya bisnisnya bisa bertahan dan berkembang. Apa lagi dengan melihat persaingan bisnis seperti sekarang ini di mana setiap pebisnis dituntut untuk selalu kreatif untuk mengembangkan ide dan strategi pemasaran jitu. Kali ini Bisnis UKM akan mengulas strategi pemasaran bisnis jasa laundry yang bisa Bunda terapkan untuk memulai bisnis ini. Berikut ulasan selengkapnya!

1. Bisnis Jasa Laundry dengan Layanan Delivery

Strategi pemasaran yang pertama adalah menggunakan sistem delivery atau antar jemput laundry. Sistem jemput bola ini memudahkan pelaku bisnis jasa laundry untuk bisa mengambil cucian para pelanggan langsung ke rumahnya sehingga para pelanggan tidak perlu repot mengantarkan cucian ke tempat usaha laundry milik Bunda. Tentu saja dengan strategi ini Bunda perlu menerapkan biaya jasa tambahan. Harga yang ditawarkan berbeda dibandingkan dengan pelanggan yang datang sendiri ke tempat usaha laundry milik Bunda. Tawarkan tambahan biaya jasa antar jemput yang masih terjangkau.

2. Sistem Kupon

Strategi pemasaran ini bisa dilakukan sebagai promo untuk bisnis jasa laundry milik Bunda, tentunya dengan persyaratan tertentu. Misalnya saja Bunda memberikan laundry gratis 5 kg jika sudah pernah mencuci di laundry tempat Bunda sebanyak 10 kali. Jadi setiap kali ada pelanggan datang, Bunda akan memberikan 1 kupon untuk dikumpulkan, setelah kupon sudah mencapai 10 kupon maka pelanggan bisa menukarkannya dengan mencuci gratis sebanyak 5 kg.

3. Mengadakan Undian Berhadiah

Strategi pemasaran yang ketiga adalah dengan mengadakan undian berhadiah setiap satu tahun atau enam bulan sekali. Hal itu bertujuan agar para pelanggan lebih loyal lagi dan tidak bosan dengan bisnis jasa laundry yang Bunda jalankan. Siapkan hadiah sederhana yang berkaitan erat dengan peralatan rumah tangga seperti peralatan dapur, aksesoris kamar dan lain sebagainya. Bisa juga membuat merchandise yang berkaitan dengan bisnis usaha laundry yang Bunda jalankan untuk hadiahnya. Misalnya jam dinding dengan logo atau nama usaha laundry, handuk, mug atau cangkir, gantungan kunci, dan benda lain yang bisa diaplikasikan desain logo atau nama usaha laundry milik Bunda.

4. Diskon Member

Untuk memenangkan pasar bisnis jasa laundry, pelaku bisnis juga bisa menggunakan sistem diskon untuk setiap pelanggan yang mempunyai kartu member. Dengan begitu pelaku bisnis harus membuat dua harga yaitu untuk pelanggan yang memiliki kartu member dan yang tidak. Bunda bisa menawarkan pembuatan kartu anggota ke pada pelanggan yang datang dengan biaya administrasi dalam jumlah tertentu di awal pendaftaran. Setelah itu Bunda bisa memberikan harga khusus untuk para member yang bergabung. Serta diskon bulanan untuk pelanggan yang terdaftar menjadi member.

5. Sistem Pemasaran Waralaba

Jika manajemen dari bisnis jasa laundry yang Bunda miliki sudah bagus dan brand bisnis laundry sudah dikenal banyak orang, maka Bunda bisa mengembangkan bisnis tersebut dengan sistem waralaba. Caranya dengan merekrut orang yang ada di daerah lain untuk menjadi mitra franchise laundry milik Bunda. Untuk hal ini tentu Bunda memerlukan tim, rekrutlah orang-orang dari lingkungan terdekat. Bisa dari teman Bunda, saudara, atau orang-orang sekitar yang sudah Bunda kenal dan bisa bekerja dalam tim.

Selain beberapa strategi pemasaran di atas, penambahan layanan seperti memilih sendiri pewangi pakaian yang digunakan juga bisa digunakan sebagai salah satu media untuk memenangkan persaingan pasar bisnis laundry. Hal lain yang bisa Bunda terapkan agar usaha laundry bisa semakin berkembang adalah penyediaan tas laundry seperti plastik fashion yang didesain khusus untuk pembungkus atau kemasan pakaian pelanggan yang sudah dicuci bersih. Hal ini mungkin terlihat sederhana tapi akan berdampak besar untuk usaha laundry milik Bunda. Sebab kebanyakan usaha laudry yang sudah ada hanya menggunakan plastik bening polos untuk membungkus pakaian pelanggan. Maka dari itu Bunda bisa berinovasi membuat kemasan plastik sablon untuk usaha laundry yang Bunda jalankan.

Itulah ulasan mengenai bisnis jasa laundry pakaian yang bisa Bunda jadikan inspirasi untuk memulai usaha. Semoga informasi tersebut bisa membantu Bunda untuk merintis bisnis laundry  pakaian rumahan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Teruslah berkembang untuk menjadikan bisnis Bunda makin #NaikKelas ! Ikuti terus informasi menarik tentang bisnis lainnya hanya di bisnisukm.com Bagikan juga tulisan ini ke rekan Bunda yang lain supaya makin banyak orang yang terinspirasi untuk menjalankan bisnis. Salam sukses!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba