Sosial Media

Linkedin, Media Tepat Mengembangkan Jaringan Bisnis

jejaring sosialMembicarakan mengenai situs jejaring sosial, Linkedin merupakan salah satu professional network yang belakangan ini mulai digandrungi masyarakat di berbagai belahan dunia. Jika situs jejaring sosial lainnya seperti facebook maupun twitter lebih mengedepankan jaringan pertemanan bagi para penggunanya, Linkedin lebih berorientasi pada perluasan jaringan bisnis. Tidak heran bila sebagian besar pengguna Linkedin adalah para pelaku bisnis kecil yang ingin memperluas pemasaran usahanya.

Memasuki tahun ke delapan setelah diluncurkan pada bulan Mei 2003, sekarang ini Linkedin telah memiliki lebih dari 100 juta pengguna yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Kemampuannya dalam menghubungkan para pengguna dengan bidang atau keahlian yang mereka tekuni, menjadikan Linkedin sebagai salah satu situs social networking yang cukup efektif untuk dimanfaatkan sebagai media pemasaran. Bahkan tidak hanya untuk mempromosikan produk unggulan yang dimiliki para pengusaha, namun juga untuk memperluas jaringan pasar yang dibutuhkan para pelaku bisnis di berbagai belahan dunia.

Untuk itu, tidak ada salahnya bila Anda memanfaatkan situs Linkedin dalam mempromosikan bisnis yang Anda kembangkan. Berikut ini kami informasikan beberapa tips pemasaran yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan pemanfaatan situs Linkedin, media tepat mengembangkan jaringan bisnis Anda.

  • Lengkapi profil Anda. Profil Anda menjadi salah satu poin penting yang membantu pemasaran bisnis Anda. Melalui profil yang dituliskan, konsumen dan calon mitra kerja bisa mendapatkan banyak informasi mengenai jati diri pengusaha dan perkembangan bisnis yang sedang dijalankannya. Karenanya, sebisa mungkin cantumkan informasi penting mengenai profil pribadi Anda dan perusahaan yang Anda miliki. Bila perlu, cantumkan pula beberapa gambar yang mendukung serta berikan beberapa bukti nyata mengenai kemampuan dan prestasi-prestasi yang pernah Anda raih. Hal ini penting untuk menanamkan kepercayaan dari para konsumen maupun calon mitra kerja Anda.linkedin
  • Cantumkan pula link perusahaan Anda. Untuk memperluas jaringan pemasaran bisnis Anda, bisa dilakukan dengan mencantumkan informasi yang cukup lengkap mengenai usaha yang dijalankan. Anda bisa mencantumkan contact person yang bisa dihubungi, alamat kantor, nama perusahaan, serta alamat link website yang dimiliki agar para konsumen maupun calon mitra kerja bisa menghubungi Anda dengan mudah.
  • Perluas jaringan dengan bergabung dalam sebuah Group. Seperti halnya situs jejaring lainnya, Anda juga bisa bergabung dengan salah satu group (kelompok) yang sesuai dengan bidang bisnis Anda. Melalui group tersebut Anda bisa menemukan rekan kerja yang menjalankan bisnis serupa, serta mendapatkan rekomendasi calon konsumen yang memiliki minat dan ketertarikan yang sama dengan bisnis yang Anda jalankan. Kondisi inilah yang menjadikan Linkedin sebagai media tepat untuk menghubungkan pelaku usaha dengan calon konsumen maupun mitra kerja yang sesuai dengan bidangnya.
  • Manfaatkan fitur “Answers” untuk meyakinkan calon pelanggan. Di Linkedin tersedia fitur Answers yang memberikan peluang bagi penggunanya untuk saling berbagi informasi dan berdiskusi mengenai tema-tema yang mereka minati. Anda bisa memanfaatkan forum tersebut untuk menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan calon pelanggan dan membangun kepercayaan mereka terhadap kemampuan yang Anda miliki. Semakin sering Anda berdiskusi dengan calon pelanggan maupun mitra kerja Anda, maka semakin besar pula peluang pasar yang bisa Anda ciptakan.
  • Optimalkan penggunaan fitur InMaps. Fitur InMaps membantu Anda memetakan jejaring pertemanan yang dimiliki para penggunanya. Melalui fitur tersebut, Anda bisa mengetahui siapa-siapa saja orang penting yang bisa Anda hubungi untuk memperluas jaringan bisnis yang Anda miliki. Hal ini tentunya sangat menguntungkan Anda sebagai seorang pelaku usaha, sehingga peluang Anda untuk mengembangkan bisnis semakin terbuka lebar setiap harinya.

Dengan memanfaatkan situs Linkedin dalam mengembangkan usaha, semoga para pemula bisa memperluas jaringan bisnisnya dan mempromosikan produk unggulan mereka kepada calon konsumennya di berbagai penjuru dunia. Mulailah dari yang kecil, mulailah dari yang mudah, mulailah dari sekarang. Salam sukses.

Sumber gambar :
1. http://ictfiles.com/resources/images/uploaded/image/FYI/linkedin.jpg
2. http://static5.businessinsider.com/image/4b69d3ac00000000002433c2/linkedin-app.jpg