Bincang Bisnis, Inspirasi Bisnis

Lokasi Usaha Sangat Penting Untuk Bisnismu, Betulkah?

lokasi-usaha-sangat-penting-untuk-bisnismu-betulkah

Ketika hendak menjalankan usaha, selain modal mungkin lokasi usaha menjadi alasan kamu ragu untuk segera memulai, betul nggak? Kamu bingung sebenarnya betul gak sih biar sukses, lokasi itu harus yang strategis? Kalau itu sih udah jelas ya, biasanya kalau lokasinya strategis dan mudah dijamah pengunjung, bisa menjadi alasan kenapa sebuah usaha bisa ramai.

Mengingat rahasia umum bahwa setiap usaha harus lokasinya startegis dulu baru bisa sukses, berikut ini kami akan mengulas fakta-fakta menarik dari sejumlah pebisnis kuliner hasil wawancara tim BisnisKuliner.ID.

Lokasi Usaha dan Fakta Menarik Di Baliknya

Dalam strategi pemasaran, pemilihan lokasi yang strategis menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan pemasaran dari sebuah usaha. Semakin strategis lokasi usaha yang dipilih, semakin tinggi pula tingkat penjualan dan berpengaruh terhadap kesuksesan sebuah usaha. Begitu juga sebaliknya, jika lokasi usaha yang dipilih tidak strategis maka penjualan pun juga tidak akan terlalu bagus. Tapi, tidak terlalu bagus di sini tidak bisa digeneralisasi.

Pernahkah kamu pergi ke suatu tempat yang susah dijangkau demi mencoba kuliner tertentu? Dan apa kamu juga pernah terkejut bahwa lokasi yang ternyata susah dijangkau atau mungkin tidak strategis, ternyata tetap punya pelanggan setia? Atau katakanlah, ada pebisnis yang lokasinya sudah startegis tapi usahanya lesu? Nah, ini kembali lagi sebenarnya dengan berbagai faktor, tidak cuman soal lokasi saja.

Berikut ini fakta-fakta menarik dari beberapa pebisnis kuliner yang bisa memberikan kamu pencerahan. Simak ulasannya secara menyeluruh, yuk!

1. Perlunya memahami produk sebelum menentukan lokasi usaha

Pentingnya memahami produk yang hendak kamu pasarkan ini juga berkaitan dengan pemilihan lokasi. Itulah mengapa, ketika hendak menjalankan usaha tidak bisa asal apa yang kita mau. Kita perlu mencari tahu terlebih dahulu, ada atau tidak yang membutuhkan? Sejatinya, ketika menjalankan usaha disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, mau lokasinya di mana pun asal di sekitaran situ ada yang butuh, pasti akan laku-laku saja kok. Jadi tidak perlu khawatir.

2. Memulai usaha dari tempat sempit pun bisa sukses besar

Mengutip pengalaman Mukhlis selaku Owner Telaga Rasa, bisnis jamunya yang bisa sebesar sekarang, tadinya dimulai dari usaha di garasi lho! Yang penting telaten, tidak usah ngoyo ingin langsung lokasi yang startegis. Asal ada proses, produk dibutuhkan, dan konsisten dalam menghadirkan produk berkualitas, pasti lama-lama bisa dapat lokasi yang diinginkan dengan pendapatan yang diraih.

3. Masalah tempat usaha sebenarnya tidak perlu terlalu dipusingkan

Mau usaha di mana saja asal serius, pasti bisa. Tidak perlu khawatir “ah, tempatku ga strategis nih, gimana mau ada pengunjung”. Hei, sekarang itu asalkan kamu bisa menghadirkan produk yang berkualitas, pasti ada saja orang-orang yang mau mengeluarkan usaha lebih untuk menjangkau lokasi usahamu. Tidak perlu khawatir masalah rejeki karena sudah ada yang mengatur. Mau di tempat terpencil sekalipun asal marketing-mu bagus dan memang apa yang kamu hadirkan itu dibutuhkan dan berkualitas, tidak perlu khawatir.

4. Tempat parkir yang nyaman juga berpengaruh lho!

Nah, kamu pasti akan sangat bad mood, ketika datang ke sebuah tempat yang parkirannya tidak memadai alias sempit? Susah parkir juga bisa menjadi alasan kenapa konsumen tidak mau kembali lagi atau bahkan tidak jadi berkunjung. Dengan demikian, selain lokasi usahanya yang perlu diperhatikan, masalah parkir juga harus dipertimbangkan masak-masak. Apalagi parkiran menjadi lokasi pertama yang diinjak oleh pengunjungmu, jangan sampai bikin pengunjung kecewa dengan parkiran yang tidak memadai, ya!

5. Jangan sepelekan ridho masyarakat sekitar lokasi bisnismu

Salah satu fakta ini mungkin jarang dipertimbangkan, ya, ridho dari masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi usaha tempatmu berbisnis. Kalau kamu tetap bisa menjaga kenyamanan dan ketertiban, pasti masyarakat sekitar juga akan senang dan respect sama usahamu. Berbeda kalau usahamu ternyata membawa keburukan atau membuat lingkungan jadi tidak kondusif, bisa-bisa didoain yang jelek-jelek tuh sama masyarakat sekitar. Hiii, jangan sampai deh!

6. Sekarang yang penting peran media sosial kok

Lokasi usaha sudah oke, produk yang dihadirkan juga sudah mantap, eh masih ada yang kurang nih, pemanfaatkan media sosial. Media sosial bisa menjadi sarana promosi. Apalagi sekarang informasi sangat mudah diakses melalui media sosial, contohnya Instagram. Kalau kamu bisa menghadirkan sesuatu yang menarik atau viral, itu akan lebih mudah untuk diketahui masyarakat luas. Itulah mengapa, seorang pebisnis harus kreatif dan inovatif. Ide boleh sama, tapi harus ada yang menjadi pembeda sebagai ciri khas bisnismu.

7. Kalau kuliner, pastikan tempatnya higienis

Ga cuman kuliner, semua tempat usaha harusnya sih bersih. Poin yang satu ini wajib banget dicatat dan diterapkan. Siapa sih yang suka dengan tempat yang kotor? Bau sampah misalnya. Atau ada sungai yang kotor. Kebersihan tempat usahamu juga menjadi penilaian tersendiri lho bagi pengunjung. Dengan lokasi usaha yang bersih, pengunjung pasti akan memberikan penilaian positif bahwa apa yang mereka konsumsi juga pasti higienis. Jangan sepelekan hal ini ya kalau kamu mau bisnismu awet! Tidak boleh jorok, kalau memang butuh petugas kebersihan ya rekrut petugas kebersihan. Atau kalau mau hemat budget, pelanggan bisa diedukasi dari awal untuk menjaga kebersihan demi kenyamanan bersama.

8. Yang penting ada ‘demand’, lokasi usaha dipikir setelahnya

Demand di sini artinya adalah permintaan. Itulah mengapa pentingnya melakukan riset sebelum memulai usaha. Kalau kamu tahu di sebuah lokasi memang minat belinya tinggi atas suatu produk, hadirkan produk tersebut, maka pasti laku. Di manapun lokasi usahamu, asalkan di daerah itu memang ada peminatnya, tidak perlu khawatir tidak laku.

9. Lokasi usaha harus nyaman dan brand tetap terlihat

Apalagi kalau bisnis kuliner, lokasi yang nyaman pasti bikin pengunjung betah. Oleh sebab itu, pentingnya setting ruangan. Dan pastikan juga brand-mu tetap terlihat. Alasan kenapa brand harus tetap menonjol adalah agar kamu bisa sukses memperkenalkan brand-mu pada setiap pengunjung yang datang. Adanya kesan yang didapatkan saat berkunjung ke tempatmu, apalagi jika kesannya positif, itu menjadi keuntungan tersendiri untukmu lho.

Jika kamu punya media sosial seperti Instagram, dengan lokasi yang nyaman dan brand yang oke, tidak memenutup kemungkinan akan ada pengunjung yang berfoto lalu tag location atau bahkan tag akun bisnismu. Seru banget kan sebagai sarana marketing?

Sebagai penunjang, mungkin kamu juga bisa menggunakan packaging yang oke biar pelangganmu makin senang berkunjung ke tempatmu. Hadirkan kemasan yang bagus, yang Instagramable demi memenuhi kebutuhan masyarakat sekarang yang gemar update di media sosial.

Nah, berdasarkan ulasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa lokasi strategis saja belum cukup. Masih ada hal lain lagi yang perlu diperhatikan, mungkin ada beberapa yang baru kamu ketahui sekarang, kan? Baiklah, selamat mencoba menerapkan hal-hal ini dalam bisnis kamu dan good luck!

Lihat video tips memilih lokasi usaha berikut ini.