Mahasiswa Kedokteran Jadi Pengusaha Muda Berkat Jualan Minuman

Bisnis UKM kali ini mendapat kesempatan untuk mewawancarai sekaligus meliput seorang pengusaha muda wanita yang sangat menginspirasi. Terutama para kaum muda milenial diluar sana. Meskipun masih muda tak membatasi geraknya untuk berkarya dengan merinis usaha minuman. Ia memulai jualan minuman sejak dibangku kuliah dengan harapan ketika nanti sudah lulus bisnisnya ini sudah bisa berkembang.

Adella, CEO dari Kalikong yang outletnya berada di mall JCM (Jogja City Mall) yang lokasinya berada tepat di Jalan Magelang. Seorang mahasiswi Fakultas Kedokteran Gigi UGM Yogyakarta. Memilih menjalani kuliah sambil usaha minuman kekinian yang Ia beri nama Kalikong. Ditemui di outlet usahanya yang berada di dalam salah satu mall di Jogja ini, Della bercerita banyak tentang keputusannya menjalani kuliah sembari menjalankan bisnis Kalikong Tasty.

Pada awalnya Ia memilih untuk merintis usaha minuman Kalikong ini niatnya sangat simpel saja. Della ingin berbeda dari mahasiswa lainnya yang mana mereka lebih aktif di organisasi. Berbeda dengan dirinya, Ia lebih memilih untuk membuka usaha dan menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang – orang disekitarnya.

Jadi Pengusaha Muda Berkat Jualan Minuman

Menu Kalikong

Jadi Kalikong ini produk minuman yang menunya ada berbagai macam varian seperti, brown sugar boba kong, brown sugar chese boba kong, untuk varian tea-nya thai tea kong, green tea kong, dan untuk milk-nya ada banyak varian juga salah satunya red velvet, matcha, taro, regal, ovaltime dan masih banyak lagi. Disini ovaltime merupakan varian menu yang cukup favorit dan digemari.

Jadi untuk menu varian ia menyesuaikan dengan yang sedang trend sekarang. Menurut pengakuan Della pada awalnya dulu Ia baru menemukan namanya terlebih dahulu, yang kini Ia beri nama Kalikong.
Nah menurut Della ini ia ingin usahanya ini ikonnya hewan yang ada sangkut pautnya dengan “Kong, Kong, Kong”, begitu katanya.

Dari awal ketika ingin membangun usaha ini Ia ingin ikonnya hewan yang imut – imut. Tapi kalau king kong itu kurang imut menurutnya. Alhasil akhirnya tercipta monyet cewek tapi imut, yang kini Ia beri nama Kalikong. Monyet cewek cantik, imut yang khas dengan pitanya.

Bekal Merintis Usaha

Untuk modal dasarnya ia mengaku berbekal ilmu dari sekolahnya mengenai minuman – minuman tersebut. Hingga akhirnya Ia memberanikan diri untuk membuka usaha minuman kekinian ini. Awalnya dulu memang sudah kepikiran kepengen usaha minuman kekinian.

Dan dari ilmu yang Ia peroleh dari sekolah Ia gunakan untuk mewujudkann impiannya menjadi pengusaha muda minuman kekinian. Sudah cita – cita sejak dahulu Ia ingin membangun usahaya ini dengan berbekal ilmu yang ia dapatkan selama berada di bangku sekolah.

Yang menjadi pembeda usaha ini ia mengaku sempat survey dahulu minuman kekinian yang ramai banget yang berbahan premium harganya mahal. Ada juga harganya yang murah tapi tidak premium. Nah mereka ambil ditengah – tengahnya.

Pemasaran Yang Digunakan

Untuk pemasaranya sendiri ia mengandalkan sosial media. Dengan media sosial akan lebih dekat dengan Kalikong ini. Jadi target pasar Kalikong ini bisa masuk semua kalangan. Tapi untuk yang paling umum anak sekolahan dan kuliahan. Tapi setelah dibuktikan sendiri semua kalangan bisa masuk. Dari waktu awal buka ada anak kecil ada, orang tua ada dan ternyata banyak yang suka.

Strategi branding pertama yang Ia lakukan dengan mengenalkan Kalikong ini di mall dan nanti setelah itu, kalo ada cabang atau outlet diluar mall akan lebih dikenal masyarakat pastinya. Jadi dari awal Kalikong berprinsip kalau akan menerima masukan, kritikan seperti apapun. Della akan menerima segala masukan tersebut. “Jadi pada dasarnya Kalikong ini dari kita untuk kalian, jadi apa yang kalian mau akan kita berikan”, begitu katanya.

Pesan Untuk Anak Muda Diluar Sana

Nah buat para anak muda diluar sana yang lagi merasakan hal yang sama seperti Adelia, menekuni kuliah dan sedang sibuk – sibuknya kuliah atau sekolah. Ia hanya berpesan “Fokus pada tujuan kalian, apa yang kalian tekuni saat ini. Kalau mau aktf di dunia perkuliahan tekuni dan buat orang tua bangga dan Indonesia bangga sama kalian”

“Dan buat temen – temen yang mau terjuan ke usaha jangan takut karena itu adalah salah satu hal untuk belajar menjalani kehidupan kedepanya, dan jangan takut untuk membuka usaha. Dan jangan takut untuk menciptakan pekerjaan untuk Indonesia. Karena kita masih butuh itu”.

Inspirasi Jualan Minuman Kaum Muda

Nah buat kalian para anak muda milenial yang terinspirasi dan pengen kayag kak Della yang menjalani kuliah sambil membuka usaha minuman kekinian bisa banget lho.

Ayo tunggu apalagi mumpung masih muda, mumpung masih punya semangat yang luar biasa, waktu masih banyak manfaatkan semaksimal mungkin. Manfaatkan kesempatan yang ada, pandai dalam mengambil celah bisnis dan wujudkan mimpi menjadi pengusaha muda.

Untuk mendapatkan informasi bisnis lainnya lagi kamu bisa pantau terus di websitenya bisnisukm.com. Kalian bisa dapetin berbagai ide usaha, inspirasi usaha dari hasil liputan tim kami, pemasaran, peluang usaha, bisnis fashion, bisnis online, video bisnis dan masih banyak lagi.

Dan buat kamu yang pengen usaha minuman kekinian juga tapi ngak mau ribet memikirkan nama brand, logo, sistem manajemen, strategi pemasaran, dan menyiapkan alat bahan dan lain sebagainya. Tenang, di zaman modern kini semua sudah dimudahkan dengan segala fasilitas yang ada.

Kamu bisa bergabung dengan mitra kami agen direktori franchise atau waralaba. Tinggal menyiapkan modal usaha sesuai dengan kesepakatan yang dibuat bersama kamu langsung bisa memulai usahamu tanpa ribet.

Kamu juga bisa cek inspirasi lainnya juga di liputan bisniskuliner.id dan ayo gabung sekarang biar jadi member dan ngak ketinggaan video liputan setiap harinya. Sedikitnya ada 50 jenis pengusaha ternama dari usaha cafe, restaurant dan warung makan.

Kini ada 100 lebih video liputan dari pengusaha sukses yang berhasil kami liput. Dimana mereka memberikan kisah inspiratif dan pengalamannya dari merintis usaha dari nol. Tonton juga video menarik lainnya dari para pengusaha muda berikut ini.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba