5 Peluang Bisnis Di Desa Modal Kecil Menguntungkan

Bisnis di desa kadang dinilai peluangnya kecil dan prospeknya kurang menjanjikan. Padahal binsi di desa justru punya potensi yang sangat baik untuk dikembangkan. Peluang bisnisnya juga beragam mulai dari modal yang cukup besar hingga modal kecil. Tapi masih sedikit yang tidak jeli untuk melihat peluang bisnis di desa ini. Kesuksesan dalam menjalankan bisnis pada dasarnya bisa dilakukan di mana saya selama bisa membaca peluang dan memiliki perencanaan bisnis yang tepat.

5 Peluang Bisnis Di Desa Modal Kecil Menguntungkan
robertharding.com

Bisnis di Desa

Tapi tidak dipungkiri bahwa peluang bisnis di desa tidak seluas di perkotaan. Meski demikian bukan berarti memulai bisnis di desa adalah sebuah hal yang mustahil. Apabila kamu tinggal di pedesaan dan tidak memiliki rencana untuk merantau ke kota maka memulai usaha di desa tempat kamu tinggal adalah hal yang tepat. Jangan berkecil hati karena tidak merantau ke kota. Justru dari hal itulah kamu harus pandai memanfaatkan peluang dan berjuang lebih keras lagi.

Peluang bisnis di desa bisa dimanfaatkan untuk membawa kehidupan ekonomi kamu menjadi lebih baik di kampung halaman sendiri. Sebab saat ini wilayah pedesaan bukanlah tempat terpencil yang identik dengan keterbatasan peluang kerja, kemiskinan, dan ketertinggalan pada teknologi. Saat ini desa sudah lebih terbuka dengan kemajuan. Perkembangan teknologi komunikasi termasuk juga jaringan internet adalah faktor kuat yang bisa menciptakan peluang bisnis di desa. Kemajuan teknologi internet mebuat desa sudah tidak lagi tertinggal jauh dari kota. Bahkan desa memiliki komoditas yang justru tidak dimiliki oleh wilayah kota. Beragam bisnis di desa dapat dikembangkan dengan bisnis modal kecil dengan keuntungan yang menjanjikan. Hal tersebut tentu bisa kamu manfaatkan untuk memulai usaha di desa.

Peluang Bisnis di Desa

Kali ini Bisnis UKM akan mengulas beberapa peluang bisnis yang bisa kamu kembangkan di wilayah pedesaan. Pastikan ketika kamu ingin menjalankan sebuah bisnis buatlah perencanaan yang matang. Berikut beberapa peluang bisnis di desa dengan modal kecil yang potensial untuk dikembangkan.

1. Konter Pulsa

Konter Pulsa
googleusercontent.com

Seperti halnya pom bensin biasanya akses dari wilayah desa menuju konter pulsa cukup memakan waktu. Padahal kebutuhan masyarakat sekitar akan pulsa sangat penting. Terutama untuk komunikasi baik sms, telpon, hingga kebutuhan paket data supaya bisa mengakses internet. Sediakan juga paket internet dari provider yang paling banyak digunakan oleh masyarakat setempat dan jaringannya kuat.

Selain itu konter pulsa ini juga bisa kamu tambahkan layanannya menerima jasa pembayaran rekening listrik, tagihan BPJS, transfer ke rekening bank, dan pembayaran digital lain. Cukup manfaatkan teras rumah kamu dengan menyediakan etalase kaca dan kursi plastik untuk membuka konter pulsa.

2. Bisnis Makanan dan Minuman Kekinian

Bisnis Makanan dan Minuman Kekinian
blogunik.com

Kemungkinan besar produk-produk makanan dan minuman kekinian belum ada di wilayah pedesaan. Tapi tentunya kemungkinan besar mereka sudah terpapar oleh produk-produk tersebut melalui internet. Untuk mendapatkannya juga harus mengeluarkan biaya yang lebih yaitu dengan pergi ke kota. Kondisi tersebut bisa kamu manfaatkan untuk memulai bisnis makanan dan minuman kekinian. Bisa dengan menjadi mitra waralaba atau bisa juga dengan berinovasi membuat produk baru. Hal penting yang harus kamu perhatikan adalah dengan branding produk makanan atau minuman yang kamu jual. Mulai dari desain kemasan, jenis kemasan, dan varian rasa yang kamu sediakan.

Untuk menjual makanan kekinian pastinya kamu juga harus meyesuaikan tampilannya yang menarik. Misalnya seperti minuman kekinian cheese tea atau boba pastinya perlu tampilan yang kekinian. Seperti penggunaan toping dan sediakan variasi rasa yang beragam. Gunakan juga cup plastik dengan ukuran yang beragam seperti ukuran 10 oz untuk small dan 16 oz untuk ukuran large. Begitu juga dengan makanan kekinian misalnya rice bowl, sediakan variasi sajian rice bowl dengan bahan yang berbeda. Seperti telur, ayam, daging sapi, dan daging kambing. Gunakan juga kemasan yang menarik dan sesuai dengan jenis makanannya yaitu paper bowl dengan kualitas food grade, sudah dilaminasi supaya tidak bocor dan menjaga kualitas makanan.

3. Buka Bimbel

alramsa.ae

Tidak perlu modal yang besar untuk memulai bisnis jasa pendidikan ini. Dengan modal kemampuan mengajar dan memanfaatkan sebagian ruang di rumah, kamu bisa menjalankan bisnis ini. Bimbingan Belajar atau biasa disingkat bimbel ini adalah jasa pendidikan yang masih jarang ditemukan di wilayah pedesaan. Tidak sedikit loh orang tua yang memberikan bimbingan belajar untuk anaknya sampai rela menempuh jarak yang jauh. Sebab pendidikan adalah kebutuhan yang sangat penting. Dari sini kamu bisa memanfaatkan peluang untuk mendirikan jasa bimbel.

Kalau latar belakang kamu adalah di bidang pendidikan, kamu bisa membuka jasa bimbel dengan segmentasi mulai dari anak sekolah dasar, menengah pertama, sampai menengah atas. Misal pun bukan kamu bisa bekerja sama dengan rekan atau pemuda setempat yang punya latar belakang di bidang pendidikan. Pastikan bisnis kamu ini bukan hanya berorientasi pada keuntungan ya, tapi juga manfaat dan dampak positifnya terhadap kualitas pendidikan.

4. Manfaatkan Potensi Desa

bakpiamutiarajogja.com

Coba amati dan analisislah potensi apa yang dimiliki oleh desa tempat kamu tinggal. Semisal desa kamu berada di wilayah pegunungan, kamu bisa memanfaatkan wilayah desa untuk membuat spot foto kekinian dengan latar pemandangan pedesaan yang indah. Mengingat di era sosial media saat ini orang-orang rela mengeluarkan biaya banyak untuk pergi ke suatu tempat dan bisa mengunggah foto sebagai konten di akun media sosialnya.

Sudah banyak desa wisata yang tercipta karena memanfaatkan potensi yang ada. Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan komoditas yang ada di desa. Seperti hasil perkebunan yang bisa kamu olah menjadi makanan dan minuman siap konsumsi. Bisa keripik, manisan, dan sirup tradisional. Manfaatkan media sosial sebagai media promosi untuk menarik banyak orang dari luar desa supaya datang dan membeli produk khas dari desa kamu.

5. Bisnis Jastip

sproose.ie

Pernahkah kamu mendengar istilah jastip? Ya jastip kepanjangannya adalah jasa titip. Bisnis tanpa modal ini bisa dijalankan oleh siapa saja asalkan bisa mempersuasi target pasar dan punya banyak jaringan. Bisnis jastip bisa diperuntunkan untuk beragam jenis produk mulai dari produk yang dikonsumsi, dipakai seperti baju, atau bisa juga produk yang dipajang. Awalnya bisnis jastip dulu berlaku untuk memfasilitasi banyak orang yang ingin memiliki produk atau barang dari luar negeri tapi belum ada kesempatan ke sana. Nah untuk orang-orang yang bisa ke luar negeri ini seperti untuk liburan atau pun urusan kerja memanfaatkan bisnis jastip untuk mendapatkan keuntungan.

Kamu juga bisa menjalankannya dengan konsep yang sama. Misalnya ketika kamu bepergian ke luar kota atau ke suatu tempat tawarkanlah jasa titip ke orang-orang yang tinggal di dekat kamu. Tawarkan juga produk-produk yang memang sulit didapatkan atau belum ada di sekitar wilayah kamu tinggal.

Itulah peluang bisnis di desa modal kecil yang bisa kamu coba. Berawal dari modal kecil usaha rumahan di desa ini bisa mendatangkan keuntungan dan manfaat yang besar selama kamu bekerja keras untuk memperjuangkannya. Salam sukses, terus semangat untuk berkembang dan menjadikan bisnis kamu #NaikKelas ya! Ikuti terus artikel menarik tentang bisnis lainnya hanya di bisnisukm.com Bagikan juga ke teman kamu yang lain supaya semakin banyak orang yang terinspirasi untuk menjalankan bisnis.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba