Marketing Trends di Tahun 2011

marketing trendsPertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2011 yang diperkirakan akan mencapai angka 6% mendorong munculnya berbagai peluang usaha baru pada tahun ini. Jika di tahun 2010 jumlah UKM mengalami peningkatan yang cukup signifikan, di tahun 2011 dipastikan jumlahnya akan semakin meningkat tajam. Sehingga persaingan pasar di tahun ini pun dari hari ke hari juga menunjukan peningkatan yang cukup pesat.

Hal tersebut tentunya menjadi tantangan besar bagi semua pengusaha, baik pengusaha yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis maupun para pengusaha baru yang sedang merintis usahanya di tahun 2011. Meskipun trend marketing seperti keunggulan produk, penetapan harga yang tepat, serta cara promosi yang unik masih akan digunakan di tahun ini. Namun para pelaku usaha diharapkan bisa menyusun strategi baru yang dapat menunjang pemasaran bisnis mereka di tengah persaingan pasar yang kian tinggi.

Untuk membantu para pembaca menentukan strategi yang tepat bagi pemasaran bisnisnya, berikut kami informasikan marketing trends di tahun 2011 yang dapat dipraktekan para pengusaha.

  1. Ciptakan loyalitas konsumen. Di tahun 2011 kemampuan konsumen untuk membedakan mana produk yang benar-benar berkualitas dan manakah produk yang kurang berkualitas akan semakin meningkat. Oleh karena itu berikan pelayanan yang terbaik dan bagi para konsumen, agar  mereka semakin loyal dengan produk yang Anda tawarkan. Semakin loyal konsumen yang Anda miliki, maka semakin besar pula peluang Anda untuk memenangkan persaingan pasar.
  2. Tentukan target pasar Anda. Untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat di tahun ini, sebaiknya tentukan satu target pasar yang ingin Anda bidik. Posisikan diri Anda dengan menjadi seorang expert di segmen tersebut, dan lakukan inovasi secara berkala agar produk maupun jasa yang Anda tawarkan sulit diduplikasi pesaing lainnya.
  3. Tawarkan produk yang inovatif. Untuk mengobati kebosanan konsumen akan produk-produk yang monoton, cobalah untuk menawarkan produk unggulan yang unik dan menarik. Berikan nilai lebih pada produk yang Anda tawarkan, karena produk tersebut merupakan alat promosi yang akan membantu pemasaran bisnis Anda.
  4. Manfaatkan marketing online. Kemajuan teknologi dan peningkatan jumlah pengguna internet di tahun 2011 menunjukan peningkatan yang cukup drastis. Karena itu manfaatkan momen tersebut dengan memperluas pemasaran yang dulunya hanya offline, kini mulai merambah pemasaran secara online.
  5. Perhatikan image produk Anda di pasaran. Perkembangan teknologi akan memudahkan para konsumen untuk menyuarakan penilaian mereka terhadap sebuah produk. Jadi, perhatikan kualitas produk yang Anda tawarkan dan pastikan para konsumen Anda merasa puas dengan pelayanan yang Anda berikan. Hal ini untuk mengantisipasi munculnya image buruk di kalangan masyarakat.
  6. Lakukan pendekatan konsumen melalui berbagai media social. Untuk menjalin hubungan baik dengan para konsumen, Anda dapat memanfaatkan berbagai media social seperti facebook, twitter, blog, atau website untuk menyapa mereka. Usahakan untuk selalu berkomunikasi aktif dengan konsumen, agar kedekatan antara konsumen dan pemasar semakin meningka.
  7. Mulai mencoba mobile marketing. Selain internet marketing, salah satu sarana promosi yang dapat dimanfaatkan pelaku usaha di tahun 2011 yaitu mobile marketing. Melihat saat ini handphone bisa dimiliki semua orang, maka tidak ada salahnya jika Anda memasarkan produk melalui telepon selular. Strategi ini sudah mulai dilakukan para pengusaha di Indonesia, mereka mengiklankan bisnisnya melalui kerjasama dengan provider-provider selular yang cukup dikenal masyarakat.
  8. Mulailah dari pasar lokal. Sebelum menjamah pasar yang lebih luas, mulailah dengan memasarkan produk di lingkungan sekitar Anda. Meskipun pasar Anda masih terbatas, namun jika digarap dengan optimal akan memberikan hasil yang tidak kalah besar dari pasar regional maupun nasional.
  9. Hemat biaya promosi dengan menjalin kemitraan. Menjalin kemitraan dengan perusahaan lain menjadi salah satu trend marketing di tahun 2011 yang sekaligus dapat membantu para pengusaha untuk menghemat biaya promosi. Disamping itu dengan kemitraan para pengusaha dapat memperluas pangsa pasar yang mereka miliki. Contohnya saja Aqua dan Danone yang kini berhasil menjadi market leader di bidang bisnisnya.

Kini saatnya para pelaku usaha mulai bereksperimen merencanakan berbagai strategi pemasaran yang sesuai dengan minat pasar di tahun ini. Dan pastikan untuk memanfaatkan trend marketing di tahun 2011 untuk menghadapi persaingan pasar yang semakin ketat. Selamat mencoba dan salam sukses.
Sumber gambar : http://advancedmarkettraining.com/wp-content/uploads/2011/01/marketing_trends.jpg
dan http://bryandulaney.com/wp-content/uploads/2011/03/graph_explaination_pc_400_clr.png

2 thoughts on “Marketing Trends di Tahun 2011”

Leave a Comment