Memanfaatkan Pinterest Sebagai Media Sosial Untuk Berbisnis

Memanfaatkan pinteres sebagai media untuk promosi merupakan salah satu cara cerdas yang dilakukan oleh para pelaku bisnis. Pinterest merupakan sebuah aplikasi untuk mengunggah foto atau gambar yang bisa dimasukkan dalam kategori album atau folder yang bisa dicustom. Aplikasi ini merupakan salah satu media sosial yang dimanfaatkan untuk berbisnis.

Melalui pinterest ini orang – orang akan menemukan, bermimpi dan melakukan sesuatu secara kreatif. Banyak para pelaku bisnis yang memanfaatkan pinteres ini sebagai wadah untuk mengekspresikan ide baru. Kini saatnya kamu juga punya andil disini dan turut memanfaatkan penggunan pinterest sebagai media untuk mempromosikan bisnismu.

Keberadaan media sosial kini memang memiliki andil dan dampak yang luar biasa terutama untuk berbisnis. Jika biasanya media sosial banyak digunakan untuk kepentingan pribadi. Namun kini semakin berkembang fitur – fitur di berbagai media sosial turut membantu meningkatkan penjualan.

Memanfaatkan Pinteres Untuk Promosi

Banyak yang kini mempercayai bahwa kehadiran media sosial sangat membantu dan menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan dan masa depan sebuah bisnis. Para pembeli pun menjadikan media sosial sebagai medaia utama yang dijadikan patokan dalam menemukan sebuah produk yang dibutuhkan.

Selain instagram yang paling populer dikalangan para pelaku bisnis saat ini, salah satu media sosial ini tak kalah menarik dan wajib kamu coba. Dengan menggunakan pinterest ini promosi secara online bisa dimaksimalkan. Berbeda dengan media sosial pada biasanya, pibterest memberikan informasi sekaligus link langsung pada sebuah produk yang kamu promosikan. Buat kamu para pelaku bisnis yang belum mengenal dan menjajal pinteres sebagai media promosi yuk sekarang coba pakai aplikasi ini dan kenalan dulu sama pinterest. Nah bagi para pemula berikut ini adalah beberapa tips memanfaatkan pinterest untuk media promosi bisnis.

Tips Memanfaatkan Pinterest Untuk Media Promosi

Memaksimalkan presentase

Tips pertama memanfaatkan pinterest untuk promosi produk adalah dnegan memaksimalkan presentase. Bagi para pengguna pinterest mungkin sudah tidak asing dengan yang namanya fitur create board. Namun bagi para pemula mungkin hal ini masih sangat asing ya? Tidak apa – apa kita belajar sedikit demi sedikit mengenai pinterest ini dan mulai berkenalan dengan pinteres dan bagaimana sistem kerja pinterest. Nah kembali pada pembahasan kita tadi mengenai create board. Create board adalah fitur yang berguna seperti papan yang juga bisa memuat apa saja yang kamu ingin tampilkan pada akunmu.

Nah ketika membuat board ini maka pastikan jika komposisi presentasenya baik. Presentase konten yang baik adlaah 40% pin yang begambar inspirasi maupun berisikan motivasi. 40% lainnya adalah gambar edukasi dan kemudian sisanya berupa promosi produk yang kamu jual. Maka benar – benar pahamilah konsep ini dan buat konten semenarik mungkin untuk menarik para pengguna lainnya.

Penempatan Pin

Tips memanfaatkan media pinterest selanjutnya adalah dengan menempatkan pin haruslah sesuai. Lakukan penempatan pin setiap harinya setiap membuat konten dengan memperhatikan penempatan foto. Pastikan jika penempatan desain foto yang kamu buat saling berdekatan dengan baris pertama atau kedua dari board milikmu. Menurut para ahli pin yang kamu pasang pada baris tersebut akan lebih banyak menarik perhatian para pengguna pinterest lainnya. Dan yang lebih menariknya lagi pengguna lain akan lebih betah untuk berlama – lama di halaman kamu.

Gunakan Promosi Silang

Tips memanfaatkan pinteres selanjutnya adalah dengan memanfaatkan promosi silang. Ada yang paham dengan trik dan sistem promosi silang ini? Hmm mari kita bahas apabila kita melakukan promsi dalam satu wadah maka akan sulit bagi bisnismu untuk berkembang. Maka untuk memperluas jaringan dalam memperkenalkan produkmu perlu adanya sebuah trik yang mana menghubungkan pinteresr dengan website atau sosial media bisnis lainnya yang kamu miliki.

Misalnya saja kamu bisa membuat tap pinterest pada akaun instagram, twitter, facebook atau kamu juga bisa mengembed twitter atau WA kamu. Dengan sistem persilangan ini diharapkan akan membuat pengguna dalam beberapa akun media sosial diatas lebih mudah menemukan dan mengenal produkmu. Dan satu hal yang perlu kamu ketahui adalah kamu harus membuat konten yang menarik lagi unik setiap harinya pada media sosial tersebut.

Memberi Promo Give Away

Sebagai pelanggan ataupun para pengguna media sosial apapun pastinya akan sangat tertarik dnegan adanya promosi potongan harga maupun give away. Nah salah satu cara untuk memancing agar orang – orang tertarik dengan produk dari bisnis kamu maka perlu sesekali kamu memberikan give away produkmu pada moment – moment tertentu.

Kamu bisa menerapkan give away sistem undian kamu tentunya tidak akan rugi karena tidak semua bisa mendapatkan. Kamu bisa memilih melalui undian atau memberikan tantangan bersyarat. Nah biasanya jika kamu memberikan promo give away ini para pengguna tidak akan segan untuk membagikan pada teman mereka. Maka sudah jelas akan semakin banyak orang yang mengetahui dan mengenal produkmu.

Nah beberapa cara diatas merupakan bagaimana cara memanfaatkan dan memaksimalkan media sosial pinterest untuk bisnismu. Semoga tips ini bermanfaat dan bisa kamu coba dirumah. Selamat mencoba ^^

Dapatkan pula artikel pemasaran promosi online kali ini, ada berbagai macam media sosial yang bisa kamu gunakan untuk berjualan dan promosi bisnis. Untuk bisa memaksimalkan promosi online maka kamu bisa mencoba semua media sosial agar kemungkinan untuk dikenal secara luas lebih besar. Pantengin dan pelajarin lagi bagaimana cara memaksimalkan dengan menggunakan media sosial pinterest ini hanya di website bisnis UKM.

Dan nantikan artikel bisnis lainnya setiap harinya dari Bisnis UKM yang update dengan ide bisnis menarik, peluang bisnis segar, pemasaran, bisnis fashion dan masih banyak lagi yang bisa kamu pelajarin disini. Semoga dapat membantu dan bermanfaat yaa^^

Sumber gambar : http://bisnis116.rssing.com/chan-6803596/all_p1.html

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba