Membuka Peluang Usaha Sirup Jambu Mete

jambu meteJambu mete merupakan tanaman buah berupa pohon yang berasal dari Brasil Tenggara. Di Indonesia sendiri, tanaman jambu mete banyak tumbuh di Jawa Tengah (Wonogiri, Jepara), Jawa Timur (Bangkalan, Sampang, Sumenep, Pasuruan, dan Ponorogo) dan di Yogyakarta (Gunung kidul, Bantul dan Sleman). Di Luar Pulau Jawa, jambu mete banyak ditanam di Bali (karang asem), Sulawesi Selatan (Kepulauan Pangkajene, Sidenreng, Soppeng, Wajo, Maros, Bone dan Barru), Sulawesi Tenggara (Muna), dan NTB (Sumbawa Besar, Dompu, dan Bima).

Setiap daerah di Indonesia memiliki nama yang berbeda-beda untuk menyebut tanaman ini, di Sumatera barat: Jambu erang/jambu monya, di Lampung dijuluki gayu, di Jawa Barat dijuluki jambu mede, di Jawa Tengah dan Jawa Timur dijuluki jambu monyet, di Bali jambu jipang atau jambu dwipa, dan di Sulawesi Utara disebut buah yaki.

Tanaman jambu mete merupakan komoditi ekspor. Pengolahan mete, di samping menghasilkan biji, juga limbah berupa buah semu. Biasanya, dari total produksi gelondong mete hanya 10% saja yang baru dimanfaatkan untuk produk pangan, sisanya terbuang dengan percuma sebagai limbah, seperti  buah semu mete yang hingga kini belum banyak yang memanfaatkannya. Waktu panen jambu mete hanya berlangsung sekitar 3 bulan dalam setahu. Jadi dapat dibayangkan bahwa pada saat panen akan terjadi penumpukan limbah buah semu jambu mete yang melimpah.

Sebenarnya buah semu jambu mete dapat diolah menjadi beberapa bentuk olahan seperti anggur mete, manisan kering, selai mete, buah kalengan,  jem jambu mete, nata de casew dan sirup. Sirup jambu mete diperoleh dari pengepresan buah Buah jambu mete tanpa mengalami fermentasi.  Sirup buah semu jambu bermanfaat sebagai sajian minuman segar yang cukup mangandung vitamin C, tepat disajikan saat cuaca panas dan cocok sebagai minuman segar saat berbuka puasa.

Jika selama ini masyarakat lebih banyak menggunakan sirup coco pandan, jeruk, apel, mangga, atau markisa sebagai minuman segar berbuka puasa, tidak ada salahnya jika mencoba sirup jambu mete ini. Permintaan sirup pada bulan puasa sampai lebaran cenderung meningkat. Hadirnya sirup jambu mete bisa menjadi peluang usaha  baru yang cukup menjanjikan bagi daerah sentra  jambu mete karena masih jarang orang yang memproduksi.

Bahan:

  1. Buah semu jambu mete 1 kg = 25 – 30 buah. Untuk bahan sirup sebaiknya digunakan buah semu yang baru dipanen yang sebelumnya sudah dikukus atau direndam dalam larutan garam 2,5% selama 4 jam untuk menghilangkan rasa sepat dan gatal.
  2. NaCl 20 gram
  3. Serbuk gelatin 2 gram
  4. Gula pasir 650-700 gram
  5. Asam sitrat 3 gram

Cara pengolahan sirup buah jambu mete adalah :

  1. Buah semu jambu mete yang masak  dicuci dan dipilih yang baik, yang tidak cacat dan masih segar.
  2. Buah dibelah 4 bagian kemudian direndam dalam larutan garam dapur ( NaCl) 2 % selama 24 jam. Larutan garam 2 % dibuat dengan melarutkan 20 gram dapur ( ± 6 sendok teh garam ) dalam 1 liter air.
  3. Setelah itu buah diangkat, dicuci dengan air kemudian ditiriskan.
  4. Kukus selama 20 menit, dan dibiarkan sampai dingin.
  5. Buah dipres dengan alat pengepres atau diperas dengan cara buah dibungkus dengan kain saring dan diperas dengan tangan.
  6. Cairan sari buah yang dihasilkan kemudian ditampung dalam wadah dan disaring
  7. Tambahkan serbuk gelatin 2 gram ke dalam cairan sari buah, lalu dipanaskan selama 10 menit sambil diaduk. Fungsi galatin untuk mengikat kotoran halus yang kemudian menggumpal dan diendapkan.
  8. Cairan kemudian disaring kembali untuk memisahkan endapan kotoran.
  9. Tambahkan gula pasir 650 – 700 gram,dan  serbuk asam sitrat 3 gram (atau sari buah jeruk nipis 4 butir). Asam sitrat ditambahkan untuk menghasilkan cita rasa yang enak dan harum.
  10. Panaskan sambil diaduk 15 – 20 menit untuk melarutkan gula dan bahan lainnya.
  11. Masukkan sirup yang telah jadi ke dalam botol lalu botol ditutup rapat kemudian dilakukan pasturisasi.
  12. Pasteurisasi dilakukan dengan cara dipanaskan pada suhu 60 – 70 ºC selama 30 menit. Tujuan dari pasturisasi ini adalah untuk mematikan mikrobia-mikrobia bersifat patogen.

nb: Sisa ampas dari pengepresan masih dapat diolah lebih lanjut menjadi abon.

(Sumber gambar: http://4.bp.blogspot.com/_OluBZAOzkw0/STwKLIGxfeI/AAAAAAAAAC0/SLbsjlb-8KU/s200/jambu_mete.jpg)

 

21 Komentar

  1. saya mahasiswi bisnis manajement …ide saya untuk skripsi saya nanti dg jambu mente ini dan ingin belajar tahapan pengolahan biji dan jg sirup dr mente ini…thnx n Gbu

  2. tapi menurut saya jambu di bagian dompu ini bagus dgan perawatan yang bagus tapi apa daya para petani putus asa dengan permain2 an pembeli yg memutuskan semangat penjual masa tiap hari harganya semakin turun seharusnya dipertahankan atau di naikan juga,,,,,

    wassalam,,,,

  3. Terima kasih resep pembuatan sirup jambu metenya, ini bisa menjadi kegiatan yang sangat lInovatif, tapi kalo belum praktik bersama belum yakin hasil pembuatannya dan keterbatasan alat yang kita punya jadi kalo akan mengembangkan usaha ini tentunya adanya modal yg besar. Adakah pengganti proses pasteurisasi dengan menggunakan alat yg sederhana? atau kalau tanpa proses pasteurisasi sirup tersebut bertahan berapa hari?

  4. Menurut beberapa rekan bisnis saya di NTB khususnya di Kabupaten Lombok Utara, Mete di tempat kami memiliki kwalitas yang sangat bagus, maka tidak jarang mereka mengungkapkan harga mete ditempat kami cukup tinggi dibanding harga didaerah lain, dengan kwalitasnya yang cukup bagus, saya berharap para UKM bisa membagi ilmunya atau membuka tempat usahanya didaerah kami agar pemanfaatan buah mete tersebut tidak hanya sebatas bijinya tetapi juga buahnya, karena buah mete ditempat kami kebanyakan dimanfaatkan untuk pakan ternak. Semoga informasi ini bisa ditindak lanjuti sebagai bahan referensi untuk peningkatan sumber daya alam yang ada di daerah kami khususnya dibidang pertanian.
    Terima kasih

    Wasalam

  5. saya juga tertarik pada olah an jambu mete ini…
    saya juga ingin menjadikan ini salah satu prospek usaha namun apakah tidak terkendala pada bahan baku,,
    yang saya tahu buah jambu mete pada musim tertentu iya dapat berbuah..
    tlong saranx??

    • di tempat saya sangat banyak,,,tgl kamu pesan jha. dan kamu benar kalau jambu mete itu ada musimx,,dan musimx itu pada bln juni sampe bln september. jadi klw pesan nti saya bawa bwt kamu pada musimnya.

  6. jambu ini bisa untuk obat sakit maag, atau bagi yg mau tetap makan cabe atau sambel atau asinan pedas campurkan irisan jambu mente ini pasti perutnya kuat dan tidak akan sakit perut, coba deh asinan jadi tambah enak. aku sudah buktikan sendiri ko.

    dimana sih yg jual eceran jambu mente ini di jakarta aku mau beli karena susah mencarinya. mohon infonya yah.

    wasalam

    terima kasih

    • Kalau masalah biji jambu mete di propinsi NTB khususna daerah bima dan dompu banyak skali,,,,

  7. Daerah kami (kab. muna) adalah penghasil jambu mete terbesar di Sulawesi tenggara. petani menjualnya dlm bentuk gelondongan dan olahan (kacipan). Saat ini kami berusaha untuk mengolahnya “SIAP SAJI” kami kesulitan pasar. Kulit jambu mete menjadi sampah yg sangat menggangu, dan buah semunya dgn ukuran yg hampir sama dgn gelas aqua, tidak termanfaatkan. Kami sangat mendambakan pemodal yg dpt membantu kami dalam memasarkan dan mengolah baik kulit maupun buah semu jambu mente yg ada diwilayah kami. Kami siap bekerja sama.
    by…La Kusa 0811404997

  8. saya seorang mahasiswa jurusan kimia,dalam suatu kesempatan pada mata kuliah tertentu saya mencoba berkreasi dengan buah semu jambu mete menjadi sayur atau masakan yang saya sebut dg “opor monyet” .ternyata menurut dosen dan temen2 saya rasanya seperti opor beneran karena tekstur buah semu tersebut mirip dengan tekstur daging ayam.

  9. adakah resep untuk pengolahan buah semu jambu mete yang lain, seperti anggur mete, manisan kering, selai mete, buah kalengan, jem jambu mete, nata de cashew? bagaimana cara saya mendapatkannya? terima kasih

  10. Bagaimanakah cara mendapat e book yang berisi pengolahan aneka abon agar pengolahan buah semu jambu mete tersebut dapat mendekati zero waste?

  11. Sya sangat tertarik dg usaha minuman dri jambu mente krna d lingkungan sya sangat bnyak buah trsbut yg terbuang sia-sia, terus masalah sya sekrag adlah pemasarannya? Terima kasih

  12. Setelah saya baca artikelnya, di akhir tulisan ada kalimat Sisa ampas dari pengepresan masih dapat diolah lebih lanjut menjadi abon.
    yang mjd p’tanyaan, bgmn cara pembuatan abon dg ampas jambu mete.
    Trimaksh

    Jawab:

    Terimakasih telah mengunjungi virtual office kami http://www.bisnisukm.com
    Ampas sisa pengolahan sirup jambu mete memang bisa dibuat abon. Peluang pasarnyapun cukup besar karena masih jarang orang yang memproduksinya. Dapatkan e-book kami mengenai bisnis aneka olahan abon sebagai referensi bagi usaha anda.
    Informasi lebih lanjut telah kami kirimkan melalui email..

    Salam sukses
    Terimakasih

  13. aku sudah lama ingin berusaha membuat sirup buah semu mete tapi aku tak tahu cara memulai dan membuatnya

Comments are closed.