Mahasiswa Bikin Bisnis Modal 500ribu Untungnya Berkali Lipat

Bikin bisnis modal 500ribu rasanya kayak nggak mungkin ya? Tapi nggak ada yang nggak mungkin selama ada kemauan dan usaha! Buat kamu mahasiswa yang pengen punya bisnis sejak dini bisa banget manfaatin ini. Selain jadi nambah pengalaman kamu juga bisa dapetin tambahan uang saku selama kuliah. Bisnis mahasiswa bukanlah hal yang asing kok.

Mahasiswa Bikin Bisnis Modal 500ribu Untungnya Berkali Lipat
Sumber : houseofcoco.net

Bisnis Mahasiswa

Secara umum tugas mahasiswa ya belajar, punya prestasi, aktif organisasi, dan lulus tepat waktu. Tapi lebih dari itu masih banyak yang bisa dilakukan sebagai mahasiswa. Kamu bisa memanfaatkan status dan waktu kamu selama menjadi mahasiswa untuk berkreasi dan menuangkan ide kreatif dalam beragam kegiatan. Salah satunya adalah memulai bisnis mahasiswa.

Ketika memulai bisnis mahasiswa akan bisa belajar banyak hal. Selain itu kamu juga akan lebih mandiri dengan tidak hanya bergantung dari uang kiriman orang tua tiap bulan. Kalau kamu mahasiswa yang punya tabungan, cobai deh untuk bikin bisnis modal 500ribu. Jangan ragu sama keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

Dengan bikin bisnis modal 500ribu kamu bisa balik modal dengan cepat dan keuntungan bersihnya bisa berkali-kali lipat. Kamu harus jeli dalam melihat peluang bisnis. Saat kamu tekun dalam menjalani binis modal 500ribu ini kamu akan lebih siap dalam menghadapi kehidupan setelah lulus wisuda nanti. Kamu juga nggak akan terlalu pusing untuk segera mencai pekerjaan karena setidaknya kamu sudah punya penghasilan sendiri. Berikut ini beberapa ide bikin bisnis modal 500ribu yang cocok untuk mahasiswa.

Bikin Bisnis Modal 500ribu Untuk Mahasiswa

1. Les Privat

Sumber : teachingstrategies.com

Kalau kamu punya kemampuan mengajar kenapa nggak nyoba jadi guru les privat aja? Kamu bisa memberikan pelajaran les privat ke beberapa anak, mulai SD, SMP, atau SMA, tergantung keterampilan. Misalnya kamu jago di bidang eksak atau sains, kamu bisa menjadi guru les privat untuk pelajaran biologi, kimia, matematika, atau fisika.

Kalau kamu mahir dalam berbahasa, buka bisnis les privat khusus bahasa Inggris atau bahasa asing lain yang kamu kuasai. Dengan bisnis ini, kamu akan mendapatkan dua keuntungan sekaligus, yaitu memperdalam pengetahuan dan menambah uang saku. Biasanya, bisnis les privat mulai dicari-cari orang ketika mendekati masa ujian. Siapkan modal peralatan alat tulis untuk mengajar serta mental menghadapi murid les dan penguasaan materi.

2. Bisnis Paket Data Internet dan Pulsa Elektrik

Sumber : thebubble.com

Zaman sekarang semua serba teknologi. Jadi wajar jika segala sesuatu wajib terhubung dengan internet. Terutama nih, buat mahasiswa pasti butuh koneksi internet saat mencari referensi penting untuk tugas kuliah. Nah ini bisa banget kamu manfaatkan sebagai peluang bisnis.

Jualan paket data internet merupakan salah satu bisnis menjanjikan dengan modal kecil untuk mahasiswa. Selain itu, menjual pulsa elektrik juga ide bagus untuk bisnis sampingan kuliah. Walaupun memang tidak sepopuler paket data internet. Coba deh, kamu mulai tawarkan paket data internet murah dan promosi jualan pulsa ke teman kampus.

3. Penulis Lepas

Sumber : maubelajarapa.com

Kamu suka nulis? Nggak ada salahnya untuk memulai bisnis menjadi penulis lepas. Hanya dengan modal laptop atau komputer dan koneksi internet, kamu bisa menawarkan jasa sebagai penulis di internet, media sosial, atau situs-situs web lainnya. Biasanya harga setiap artikel variatif, tergantung tema, panjang tulisan, dan keinginan client atau media tempat kamu menulis. Tapi, kalau kualitas tulisan kamu bagus, tiap artikel bisa diberi harga sekitar Rp25 ribu hingga Rp100 ribu, loh. Bayangin deh, kalau sehari kamu bisa menulis 2-3 artikel, berapa banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan?

4. Bisnis Jasa Penerjemah

Sumber : languagesolutions.com

Jasa penerjemah juga menarik untuk digeluti. Hitung-hitung buat nambah uang saku dengan memanfaatkan skill sendiri. Apalagi, mengingat tugas mahasiswa dari dosen yang seringkali harus berangkat dari referensi jurnal atau artikel internasional.

Pastilah, jasa penerjemah akan laris manis dicari. Selain bermodal pengetahuan bahasa asing yang mumpuni, kamu juga harus ulet dan terampil membagi waktu ya. Soal tarif atau bayaran untuk jasa penerjemah ini, bisa dimulai dari harga Rp15 ribu sampai Rp20 ribu per lembar.  Dari bisnis modal kecil ini, bukan tidak mungkin kamu bisa kumpulkan pundi-pundi uang untuk memenuhi keperluan kuliahmu kan?

5. Bisnis Jasa Pengetikan dan Print 

Sumber : systweak.com

Mahasiswa pasti punya banyak tugas yang berkaitan dengan komputer. Kamu bisa memanfaatkannya dengan membuka jasa ketik dan print. Jika sudah ada yang berminat untuk menggunakan jasa kamu, bisa kamu mulai dengan print di tempat fotokopi atau sebagainya dan kemudian teman kamu akan membayarnya. Modal yang dikeluarkan untuk print memang sedikit dan paling banyak mencapai 500 ribu jika banyak pesanan. 

6. Desain Grafis

Sumber : pixel77.com

Untuk peluang usaha desain grafis, tentunya peluang usaha ini disarankan untuk para mahasiswa yang berfokus atau menekuni bidang desain, seperti anak Desain Komunikasi Visual (DKV). Mereka layaknya mengerti dan paham akan bidang desain sebelum melanjutkan mengambil peluang usaha ini.

Mahasiswa jurusan lain juga bisa mengambil peluang usaha ini. Mereka yang memiliki ketertarikan dalam bidang desain grafis dan mumpuni dalam bidang tersebut. Yang mereka perlukan adalah pengetahuan dari dasar desain grafis, bisa dengan mempelajari Adobe Illustration atau Corel Draw.

Beberapa rekomendasi untuk menjual desain grafis kamu Fiver, 99desain, Creative Market, dan Gigster. Selain itu kamu bisa memafaatkan konsumen dari sesama mahasiswa untuk kebutuhan desain poster, desain proposal, desain cover tugas, desain CV, bahkan desain kemasan untuk teman kamu yang punya produk untuk bisnis.

7. Bisnis Make-up Artist

Sumber : jobtoday.com

Make up artist, bidang satu ini layak dicoba bagi para mahasiswa yang jago dalam tata rias ataupun menyukai bidang tata rias. Keuntungan dalam peluang usaha ini cukup besar dibandingkan dengan peluang usaha lain.

Karena satu orang yang dirias bisa menghasilkan minimal 50ribu setiap hasil riasan. Itu pun untuk hasil rias dalam standar biasa, kalau standar yang diminta tinggi tarifnya juga akan menyesuaikan.

Untuk bisnis make up artist, kebutuhan yang terpenting adalah alat rias dan tempat rias. Para mahasiswa yang memang menyukai bidang ini, pastilah mereka memiliki alat rias yang cukup lengkap.

8. Bisnis Jasa Jual Barang Bekas

Sumber : shutterstock.com

Peluang bisnis jual barang bekas biasanya diremehkan banyak orang. Barang bekas dapat menjadi barang yang sangat berarti apabila dijual kepada orang yang benar-benar membutuhkannya. Tawarkan jasa menjual barang kepada teman yang mempunyai barang bernilai, tetapi sudah tidak digunakan lagi dan tidak mempunyai waktu untuk menjualnya. Bisa juga dengan mengumpulkan kertas-kertas tidak terpakai untuk kamu jual ke tempat loak.

Itulah beberapa ide untuk bikin bisnis modal 500ribu buat mahasiswa yang bisa kamu coba. Sudah tentu bisnis modal kecil ini bisa mendatangkan keuntungan ketika kamu ulet dan bisa memanfaatkan peluang. Semoga tulisan ini bermanfaat ya! Kamu juga bisa membaca tips lain untuk memulai bisnis dengan modal kecil lainnya dengan klik di sini

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba