Memulai Bisnis Minuman Penghilang Dahaga

Memulai bisnis minumanIklim tropis di Indonesia, sangat mendukung para pelaku usaha untuk membuka peluang bisnis minuman. Jika musim sedang panas, masyarakat lebih menyukai minuman dingin sedangkan jika cuaca  mulai hujan maka sebaliknya orang membutuhkan minuman panas untuk menghangatkan badan mereka.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk membuka bisnis minuman, berikut ini adalah beberapa tips sukses sebelum memulai bisnis minuman.

Buat minuman yang enak dan menarik

Minuman yang segar dan enak dilengkapi dengan cara penyajian atau kemasan yang menarik biasanya akan memberikan kesan tersendiri bagi para pembeli. Oleh sebab itu, Anda perlu menanyakan kepada orang-orang disekitar Anda tentang bagaimana rasa dan penampilan dari minuman yang telah Anda buat.

Konsisten dalam menjaga mutu produk

Jagalah mutu produk yang Anda jual dengan selalu membuat minuman dengan bahan yang berkualitas dan takaran bahan yang sama. Jangan pernah coba-coba untuk mengurangi takaran bahan baku, bahkan menggantinya dengan bahan lain yang yang kualitasnya lebih rendah atau lebih murah. Jika harga bahan baku sedang naik, Anda bisa mensiasatinya dengn memperkecil gelas kemasan sebagai cara untuk menaikkan harga jualnya.

Memiliki produk yang diunggulkan

Sebaiknya pada saat awal memulai bisnis minuman, Anda hanya menjual satu jenis minuman saja sebagai permulaan dan pengenalan produk kepada konsumen. Tips sukses yang satu ini akan membuat konsumen Anda selalu ingat dengan produk yang Anda jual. Jika bisnis yang Anda jalankan sudah berjalan dengan lancar, barulah Anda mencoba menjual aneka macam minuman dengan resep dan rasa yang baru.

Harga bersaing dan tetap berkualitas

Tentukan harga jual yang tepat dengan perhitungan yang rinci, kemudian cari tahu harga yang ditetapkan oleh pesaing bisnis Anda dengan produk yang sama. Usahakan untuk mematok harga yang bersaing tanpa harus mengurangi kualitas atau mutu produk.

Jagalah kebersihan tempat usaha

Jagalah selalu kebersihan, dapur, kedai serta tempat-tempat lain yang Anda gunakan untuk berjualan dengan baik sehingga terbebas dari lalat, debu dan juga sampah sehingga konsumen tidak akan sungkan untuk membeli produk di tempat Anda.

Pelajari trend minuman di kalangan masyarakat

Usahakan untuk terus kreatif menciptakan resep minuman yang baru dengan melihat dari buku resep, majalah, aneka media maupun browsing di internet. Ciptakan minuman yang unik dan enak sehingga banyak konsumen tertarik untuk membelinya.

Lakukan promosi secara berkala

Untuk mempromosikan bisnis minuman Anda agar mendatangkan untung besar, Anda dapat memberikan diskon pada produk minuman tertentu. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan sosial media sebagai media untuk berpromosi yang sangat efektif.

Itulah beberapa tips sukses memulai bisnis minuman yang dapat Anda ikuti, semoga bisa bermanfaat. Maju terus UKM Indonesia. Salam sukses!

Sumber gambar : https://bisnisukm.com/training-menyusun-rencana-bisnis-bersama-bisnisukm-com.html

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba