Tips Mengenalkan Identitas Penjual Bisnis Online

Pengusaha bisnis toko onlineBisnis online sekarang ini sudah banyak diminati oleh semua masyarakat terutama para pebisnis, hal itu karena pelaku bisnis online akan mendapatkan kemudahan dalam bertransaksi dan bisnis online juga dapat berjalan meskipun hanya dengan modal kecil. Apalagi saat ini berjualan secara online melalui sosial media atau marketplace sudah tersedia secara gratis. Bisnis online melalui sosial media ini tentu saja lebih murah jika dibandingkan pebisnis harus membeli website dan  nama domain untuk bisnis online mereka.

Meskipun untuk menjalankan bisnis toko online hanya membutuhkan modal kecil, namun pelaku bisnis harus tetap bekerja keras untuk membangun sebuah brand atau identitas bisnis online Anda. Mengenalkan identitas pebisnis atau bisnis online sebagai seorang penjual sangat dibutuhkan dalam bisnis online ini untuk meningkatkan rasa percaya diri konsumen terhadap bisnis online milik Anda.

Berikut ini adalah tips mengenalkan identitas penjual kepada konsumen dalam bisnis online.

Nama bisnis online

Ketika Anda memutuskan untuk menjalankan bisnis toko online melalui sosial media atau marketplace, hal penting yang harus Anda lakukan adalah mencantumkan nama Anda atau bisnis online yang Anda miliki sebagai identitas bagi calon konsumen Anda. Buatlah identitas dengan benar dan jelas untuk menciptakan kepercayaan konsumen saat mereka ingin membeli produk yang Anda jual.

Lain halnya jika Anda telam memiliki website toko online sendiri, maka nama domain dan tagline di website serta logo untuk website toko online Anda sudah mewakili identitas Anda. Hal ini tentu saja akan terlihat lebih profesional karena Anda bisa mematenkan nama domain Anda. Namun, jika Anda berjualan produk melalui sosial media , kemungkinan nama domain Anda bisa dicontek atau ditiru oleh orang lain.

Foto produk

Foto produk bisa menciptakan sebuah penilaian dan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap identitas penjual. Selain nama produk atau nama bisnis online Anda, foto produk disini juga bisa berperan sebagai identitas bisnis toko online Anda. Pada saat konsumen atau pelanggan bisnis online melihat foto produk yang Anda upload maka secara langsung mereka akan tahu produk tersebut milik siapa. Hal ini juga berlaku pada pelaku bisnis online yang mencantumkan watermark di dalam foto yang di tampilkan. Jadi, berikanlah nama, logo atau watermark ke dalam foto produk Anda.

Derskripsi produk

Keunikan serta manfaat dari produk yang Anda jual juga dapat ditunjukkan melalui deskrikpi produk yang dicantumkan oleh penjual. Pemberian deskripsi produk yang berbeda dengan penjual lain dengan produk sejenis juga bisa menjadi sebuah identitas yang baik dan terpercaya bagi seorang penjual. Dalam deskripsi produk ini, Anda juga bisa mencantumkan kata kunci yang menarik yang bisa menjadi identitas bagi produk yang Anda jual.

Interaksi yang baik dengan pembeli

Membangun sebuah interaksi yang baik dengan para pembeli adalah salah satu senjata yang paling ampuh bagi para penjual untuk membentuk identitas dirinya. Dalam hal promosi, bisnis online dengan bisnis offline tentu saja sangat berbeda. Meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan akan lebih diutamakan bagi para pelaku bisnis online atau penjual. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap bisnis online Anda.

Kualitas produk

Kualitas produk merupakan salah satu cara pebisnis dalam mengenalkan identitas dirinya sebagai penjual kepada para pembeli yang tidak boleh ditinggalkan. Anda bisa mengenalkan identitas produk Anda melalui nama domain, foto produk, deskripsi produk dan lain sebagainya. Namun jika kualitas produk yang Anda berikan membuat pelanggan kecawa maka hal itu dapat merusak identitas penjual. Lain halnya jika Anda menjual produk dengan kualitas yang bagus pastinya seorang pembeli akan lebih mudah mengingat identitas bisnis online yang Anda jalankan.

Semoga tips bisnis online di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat bagi pelaku bisnis online di Indonesia. Selamat mencoba dan salam sukses!

5 thoughts on “Tips Mengenalkan Identitas Penjual Bisnis Online”

  1. sy udah mengajukan jadi mitra ukm.. tapi sampai saat ini belum ada balasan email tentang teknisnya seperti apa.. bisa email ke sy : nettyherawt@gmail.com.. terima kasih

    Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Mohon maaf atas keterlambatan respon yang kami berikan, untuk saat ini program kemitraan BisnisUKM.com sedang dalam perbaikan sistem. Kami usahakan program kemitraan bisnisUKM.com bisa kami buka kembali selambat-lambatnya pada bulan Januari 2015. Mohon informasi contact person Ibu Netty yang dapat kami hubungi agar kami bisa memberikan follow up ketika program mitra bisnisUKM.com telah kami aktifkan kembali. Informasi selengkapnya bisa menghubungi customer servis kami melalui (0274) 3000-422 atau SMS 0852-9000-7054. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
    • Terimakasih telah mendaftar di BisnisUKM.com. Biasanya pasword akan kami kirimkan melalui alamat email maksimal 1×24 jam. Kami persilahkan Bapak Yakub untuk memeriksa kembali inbox atau Spam yang ada di email. Sebab untuk beberapa kasus terkadang pasword yang kami kirimkan masuk ke Spam. Semoga bisa membantu dan salam sukses! Apabila masih ada kesulitan bisa menghubungi customer servis kami melalui (0274) 3000-422 atau SMS 081-329-612-111.

      Reply

Leave a Comment